Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>saya mohon masukan (baik lewat jalur umum ataupun lewat jalur pribadi)
>apakah ada yang keberatan jika ada perubahan sebagai berikut:
>- ac.id -> Bobby Nazief (lama) -> JP Sumarno (baru)
>- web.id -> Budi Rahardjo (lama) -> Dhiar LA (baru)
>
>khususnya, apabila ada yang merasa keberatan dengan calon admin baru
>tersebut.
>
>-- budi

Sebenarnya bukan soal keberatan atau tidak. Hanya saja apakah penunjukan seperti itu
fair? Mengapa tidak dibuatkan persyaratan-persyaratan yang fix dan diterima oleh
komunitas lalu ditempatkan dalam situs IDNIC? Lalu pihak-pihak yang merasa dirinya
mempunyai kemampuan untuk itu mendaftarkan diri sebagai kandidat. Berikan kesempatan
kepada komunitas untuk turut menilai kandidat-kandidat yang bersangkutan. Barangkali
pemilihan on line dapat dilakukan untuk selanjutnya disahkan oleh yang berkompeten
(APJII atau IDNIC?)
Model penunjukan semacam itu saya pikir sudah tidak jamannya lagi. Ada nuansa KKN
disana.  Jangan hanya bisa ngata-ngatain pemerintah tetapi dirinya melakukan hal yang
jauh lebih buruk dari yang dilakukan pemerintah.
Jadi mari kita buat aturan main yang jelas dan fair setelah itu dipilihlah admin yang
memang layak dan diterima oleh komunitas. Persilahkan orang-orang yang merasa dirinya
mampu dan memang mempunyai kapasitas bersaing secara fair. Toh ccTLDs .id
diperuntukkan bagi Indonesia dan bukan miliknya Pak Budi seorang.

Paustinus Siburian, SH.
http://www.ipaust.com