Mencermati Manuver Politik Prabowo, Wiranto, Sutiyoso dan
Mantan Perwira Tinggi Lainnya

Kawan-kawan,

TAPOL dengan ‘Election Project’ nya mulai bulan September setiap akhir bulan
akan mempublikasikan update informasi tentang pemilu dan pengaruhnya terhadap
transisi demokrasi di Indonesia. Tiap update akan terdiri dari satu artikel
(dalam bahasa Inggris dan Indonesia)
terkait isu-isu kunci di seputar pemilu. Beberapa isu akan terkait Aceh, Papua
Barat, peran perempuan dalam pemilihan umum, kandidat dan parlemen termasuk
pula laporan tentang pemilu dan implikasi terhadap transisi demokrasi di
Indonesia.

Menurut saya baiklah pula kita menyimak update Tapol ini untuk memperkaya
wacana, analisis kita tentang pemilu, ham dan demokratisasi di Indonesia dari
kalangan simpatisan yang relatif berjarak dengan proses pemilu itu sendiri.

Update pertamanya menyoal kiprah atau manuver mantan perwira dalam kancah
perpolitikan dan pemilu 2009. Edisi pertama saya pandang cukup penting karena
sepanjang yang saya ketahui belum ada analisis komprehensif dan penyikapan
gerakan pro-dem terhadap isu penting ini. Malahan yang saya tahu ada beberapa
aktivis gerakan sosial dan mantan aktivis mahasiswa 98 bergabung dengan
partainya Wiranto dan Gerindra baik sebagai pengurus maupun caleg. Seorang
teman aktivis yang cukup saya kenal dari Medan
bergabung dengan Hanura dan seorang teman lain yang cukup dekat menjadi Caleg
Gerindra dari satu daerah pemilihan di Sumatera.

Salam Pembebasan,

Andreas.

Jatuh Bangunnya Calon-Calon Militer dalam Pemilu Indonesia

Issue 1, September 2008

Pemilu adalah indikasi beberapa hal: popularitas atau terpuruknya pemerintah
dan

kecenderungan politik lainnya. Dalam negara yang kompleks seperti Indonesia,
pemilu juga melibatkan usaha kelompok dalam elit yang berkuasa untuk
mempertahankan kemenangannya atau upaya mereka yang telah tenggelam untuk
tampil kembali. Sejak jatuhnya Suharto tahun 1998, elit militer telah banyak
kehilangan kekuatan politiknya dan sekarang mereka secara resmi disingkirkan
dari arena politik. Karena itu bukan suatu kebetulan kalau banyak pensiunan
perwira, terutama mantan jenderal angkatan darat, yang ingin kembali ke
panggung politik. Banyak yang sudah menjadi calon legislatif dalam pemilu 2009
sementara beberapa kaliber berat telah melangkah menuju pemilihan presiden yang
akan diadakan kemudian pada tahun depan.

Selanjutnya

http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2008/11/kandidat-militer-di-kancah-pemilu-2009_16.html

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional