Hai Budi, 1. Pengalaman saya beli tiket on line aman, asal jangan transaksi di warnet atau komputer yang bukan komputer pribadi, dan pastikan alamat situsnya bener. 2. Perjalanan Hang Nadim-Batam Centre-Harbour Front-Changi ditentukan oleh faktor (a) dapet ferry jam berapa, (b) reme-tidaknya antrean imigrasi di Harbour Front. Biasanya penerbangan antar negara di Changi mematok waktu check in maksimal 60 menit dan cukup ketat diberlakukan. All in all, alokasikan waktu minimal 5 jam lah, dengan asumsi Hang Nadim-Harbour Front 2,5-3 jam, MRT ke Changi 1 jam, dan check in. Kalo harus nginep di Singapura, karena negaranya kecil dan bandara mudah diakses dengan MRT, saya sarankan nginap di daerah East Coast, sekitaran Geylang rd & Changi rd. Ada betel box (www.betelbox.com), grup hotel 81. 3. Langsung check in aja, counter biasanya dibuka 2-3 jam sebelum keberangkatan. Pas check in, bisa serangkan print- itinerary atau kalau print-nya ilang, sebutkan kode booking kita (+passport). Tapi menurut saya, konfirmasi dan rekonfirmasi merupakan kebiasaan yang baik, sehingga kita bisa tau apakah ada perubahan atas penerbangan kita nanti. 4. Pengalaman bawa laptop keluar masuk indonesia ga masalah. Tapi, untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan, kalau bisa dijinjing aja dan kardusnya ditinggal di Taiwan aje x yee. Iya, sayang lah udah sampe Taiwan kagak beli laptop & asesorisnya. Semoga bermanfaat Tyas
--------------------------------- It's here! Your new message! Get new email alerts with the free Yahoo! Toolbar. [Non-text portions of this message have been removed]
