Hai Budi, 
   
  1. Pengalaman saya beli tiket on line aman, asal jangan transaksi di warnet 
atau komputer yang bukan komputer pribadi, dan pastikan alamat situsnya bener. 
   
  2. Perjalanan Hang Nadim-Batam Centre-Harbour Front-Changi ditentukan oleh 
faktor (a) dapet ferry jam berapa, (b) reme-tidaknya antrean imigrasi di 
Harbour Front. Biasanya penerbangan antar negara di Changi mematok waktu check 
in maksimal 60 menit dan cukup ketat diberlakukan. All in all, alokasikan waktu 
minimal 5 jam lah, dengan asumsi Hang Nadim-Harbour Front 2,5-3 jam, MRT ke 
Changi 1 jam, dan check in. Kalo harus nginep di Singapura, karena negaranya 
kecil dan bandara mudah diakses dengan MRT, saya sarankan nginap di daerah East 
Coast, sekitaran Geylang rd & Changi rd. Ada betel box (www.betelbox.com), grup 
hotel 81. 
   
  3. Langsung check in aja, counter biasanya dibuka 2-3 jam sebelum 
keberangkatan. Pas check in, bisa serangkan print- itinerary atau kalau 
print-nya ilang, sebutkan kode booking kita (+passport). Tapi menurut saya, 
konfirmasi dan rekonfirmasi merupakan kebiasaan yang baik, sehingga kita bisa 
tau apakah ada perubahan atas penerbangan kita nanti. 
   
  4. Pengalaman bawa laptop keluar masuk indonesia ga masalah. Tapi, untuk 
menghindari hal2 yang tidak diinginkan, kalau bisa dijinjing aja dan kardusnya 
ditinggal di Taiwan aje x yee. Iya, sayang lah udah sampe Taiwan kagak beli 
laptop & asesorisnya. 
   
  Semoga bermanfaat
  Tyas
   

 
---------------------------------
It's here! Your new message!
Get new email alerts with the free Yahoo! Toolbar.

[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke