Seperti yg kemaren, kemaren .. & kemaren lagi, setiap kali browsing di internet 
selalu refleks saya tak melewatkan u/ menuliskan kalimat “mountain madness” 
atau “Christine Boskoff” di search engine. Dari bulan Desember kemaren … sejak 
Christine dikabarkan hilang di Genie Mountain, Propinsi Sichuan – China .. saya 
mengharapkan satu keajaiban, tubuh nya bisa di temukan ... walaupun sangat 
kecil kemungkinan ditemukan dlm keadaan hidup. 
(http://www.usatoday.com/news/world/2006-12-25-china-climbers_x.htm, 
http://www.climbing.com/news/passages/christineboskoff/)
   
  Christine & teman jalan nya Charlie Fowler yg juga bukan seorg amatiran 
(climber, guide and photographer professional - www.charliefowler.com), sesuai 
jadwal harus nya sudah kembali ke Amerika pada tgl 4 Des 2006 yg lalu. 
   
  Pada tgl 27 Des 2006, Charlie ditemukan oleh Tim SAR Gabungan di wilayah 
Genie Mountain pada ketinggian 5300m dan kuat dugaan, penyebab kematian nya 
kena avalance (longsoran salju) dan tidak ada tanda-tanda, petunjuk lebih 
lanjut tentang Christine … apakah kena avalance juga, ketimbun atau lolos ?? 
  (http://www.everestnews.com/stories2006/missing12272006.htm)
   
  Sejenak ingatan kembali pada tahun 2005 lalu. Hari itu tgl 28 Nov dan sudah 3 
hari saya berada lagi di kota kelahiran, Manado – Sulawesi Utara. Bersama, 
Wanto B‘ Hunter dan 4 rekan lain nya dari Adventure Indonesia Team kami otw 
dari Ritzy Hotel menuju Sam Ratulangi International Airport di Manado memakai 
Mobil Kijang dan 1 Bus Pariwisata besar.
   
  Dua hari saya bolak balik terus dari Kota Manado – Bandara, bila kemaren nya 
ikut melepas temen2 mountain guide yg jumlah nya 5 org dibawah pimpinan Denny 
Engka (skarang 27x summiter Carstensz) berangkat ke Timika yg akan bergabung 
dgn temen2/support team dari Jkt yg sudah duluan sampai dgn berbagai pernak 
pernik peralatan pendakian disana … kali ini saya sedang menunggu kedatangan 
tamu2 peserta International Expedition Carstensz 2005 yg jumlah nya 23 org dari 
Mountain Trip di bawah pimpinan Todd Rutledge yg rencana nya sampe sore itu dgn 
Sempati Air via Singapore.     
   
  Saat mondar mandir di peron, saya di kagetkan oleh tepukan ringan di pundak … 
yg ternyata John Kolopita (20x Koord. BsCamp Lembah Danau-Danau), secara reflek 
kami saling menatap penuh pertanyaan & melempar senyum penuh arti saat melihat 
uniform masing2 … se akan2 sudah mengetahui maksud kedatangan masing2 di 
Bandara tsb.   
   
  Sambil ngobrol ringan, saya diajak mengikuti langkah nya menuju salah satu 
Café di Bandara … ke salah satu meja yg posisinya menghadap strategis terbuka 
ke halaman peron yg luas. Di meja itu sedang duduk dua org, yg satu nya sedikit 
terkejut melihat saya dan kami ber salam2an … & seperti John, dia juga langsung 
tersenyum penuh arti melihat uniform yg saya kenakan.  
   
  Masih sambil salaman, mata saya berpindah ke teman ngobrol nya yg sedang 
duduk & ikut menatap saya tajam sambil tersenyum ... se org wanita bule cantik, 
berambut panjang, lurus dan pirang .. memakai topi, mengenakan uniform seperti 
seragam kepanduan / boyscouts .. dgn beberapa lambang2 
   
  Wajah nya seperti tak asing, nanti saat di kenalkan oleh Franky Kowaas dan 
dia menyebut nama nya, rupanya saya sedang berhadapan dengan salah satu legenda 
hidup petualang wanita berkebangsaan Amerika… Christine Joyce Feld Boskoff, 
Owner & Director dari Mountain Madness – (www.mountainmadness.com) yg foto2 nya 
sangat sering saya liat via internet. Dia & Franky sedang menunggu ke 4 klien 
yg semua nya pria .. dan mempunyai tujuan yg sama dgn rombongan kita  .. 
Carstensz Pyramid.   
   
  Masing2 dari kita cukup terkejut saat saling tau, siapa menunggu siapa .. 
seperti nya Lembah Danau-Danau akan sangat ramai dgn kedatangan tamu2 dari dua 
operator kelas dunia Mountain Madness & Mountain Trip pada saat yg bersamaan.  
   
  MM yg di dirikan o/ Scott Fisher pada tahun 1984 dan sejak meninggal nya pada 
saat Expedisi Everest Mei 1996, kendali MM dipegang o/ Christine dari tahun 
1997 sampai dia sendiri dinyatakan hilang sampai skarang di Genie Mountain, 
Propinsi Sichuan – China  bulan Des 2006 kemaren. 
   
  Christine Boskoff, walau belum melengkapi seven summiters, (Denali atau 
McKinley aja yg belum) bukan saja menjadi legenda Amerika tapi legenda 
petualang2 wanita kelas dunia dgn sederetan petualangan2 nya di berbagai 
negara, sudah bisa sejajar dgn pendahulu2 nya seperti Junko Tabei, Christine 
Janin, Rebecca Stephens (www.rebeccastephens.com), Mary ‘dolly’ Lefever, dll 
nya … Dan saat itu, Nov 2005 .. Christine juga menjadi leader dari rombongan 
Mountain Madness yg  berjumlah 5 org didampingi o/ guide-guide dari ‘Manado 
Adventure’ yg dipimpin o/ ownernya sendiri Franky Kowaas. (skarang 33x summiter 
Carstensz)
   
  Christine satu2nya wanita Amerika yg juga mencapai 6 puncak dari 14 puncak 
diatas 8.000m di pegunungan Himalaya (Shishapangma, Everest, Gasherbrum II, 
Lhotse, Cho Oyu, dan Broad Peak). Selengkapnya di : 
  http://www.everestnews.com/stories2006/missing12142006.htm 
  Chistine bila dalam keadaan sehat walafiat, 7 Sept yg akan datang baru mau 
memasuki umur 40, tetap masih teramat belia u/ usia seorg petualang.
   
  Rest in peace …Christine & Charlie 
http://www.mountainmadness.com/news/cbcf.cfm 
   
  “Tergantung antara ujung-ujung jari dan pinggir yang tajam dan kaki yang 
tegak pada bibir dinding batu, adalah hidup seorang manusia” (Geoffrey Winthrop 
Young)
   
   
  by : Leo

       
---------------------------------
Ahhh...imagining that irresistible "new car" smell?
 Check outnew cars at Yahoo! Autos.

[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke