Seperti yg kemaren, kemaren .. & kemaren lagi, setiap kali browsing di internet
selalu refleks saya tak melewatkan u/ menuliskan kalimat mountain madness
atau Christine Boskoff di search engine. Dari bulan Desember kemaren
sejak
Christine dikabarkan hilang di Genie Mountain, Propinsi Sichuan China .. saya
mengharapkan satu keajaiban, tubuh nya bisa di temukan ... walaupun sangat
kecil kemungkinan ditemukan dlm keadaan hidup.
(http://www.usatoday.com/news/world/2006-12-25-china-climbers_x.htm,
http://www.climbing.com/news/passages/christineboskoff/)
Christine & teman jalan nya Charlie Fowler yg juga bukan seorg amatiran
(climber, guide and photographer professional - www.charliefowler.com), sesuai
jadwal harus nya sudah kembali ke Amerika pada tgl 4 Des 2006 yg lalu.
Pada tgl 27 Des 2006, Charlie ditemukan oleh Tim SAR Gabungan di wilayah
Genie Mountain pada ketinggian 5300m dan kuat dugaan, penyebab kematian nya
kena avalance (longsoran salju) dan tidak ada tanda-tanda, petunjuk lebih
lanjut tentang Christine
apakah kena avalance juga, ketimbun atau lolos ??
(http://www.everestnews.com/stories2006/missing12272006.htm)
Sejenak ingatan kembali pada tahun 2005 lalu. Hari itu tgl 28 Nov dan sudah 3
hari saya berada lagi di kota kelahiran, Manado Sulawesi Utara. Bersama,
Wanto B Hunter dan 4 rekan lain nya dari Adventure Indonesia Team kami otw
dari Ritzy Hotel menuju Sam Ratulangi International Airport di Manado memakai
Mobil Kijang dan 1 Bus Pariwisata besar.
Dua hari saya bolak balik terus dari Kota Manado Bandara, bila kemaren nya
ikut melepas temen2 mountain guide yg jumlah nya 5 org dibawah pimpinan Denny
Engka (skarang 27x summiter Carstensz) berangkat ke Timika yg akan bergabung
dgn temen2/support team dari Jkt yg sudah duluan sampai dgn berbagai pernak
pernik peralatan pendakian disana
kali ini saya sedang menunggu kedatangan
tamu2 peserta International Expedition Carstensz 2005 yg jumlah nya 23 org dari
Mountain Trip di bawah pimpinan Todd Rutledge yg rencana nya sampe sore itu dgn
Sempati Air via Singapore.
Saat mondar mandir di peron, saya di kagetkan oleh tepukan ringan di pundak
yg ternyata John Kolopita (20x Koord. BsCamp Lembah Danau-Danau), secara reflek
kami saling menatap penuh pertanyaan & melempar senyum penuh arti saat melihat
uniform masing2
se akan2 sudah mengetahui maksud kedatangan masing2 di
Bandara tsb.
Sambil ngobrol ringan, saya diajak mengikuti langkah nya menuju salah satu
Café di Bandara
ke salah satu meja yg posisinya menghadap strategis terbuka
ke halaman peron yg luas. Di meja itu sedang duduk dua org, yg satu nya sedikit
terkejut melihat saya dan kami ber salam2an
& seperti John, dia juga langsung
tersenyum penuh arti melihat uniform yg saya kenakan.
Masih sambil salaman, mata saya berpindah ke teman ngobrol nya yg sedang
duduk & ikut menatap saya tajam sambil tersenyum ... se org wanita bule cantik,
berambut panjang, lurus dan pirang .. memakai topi, mengenakan uniform seperti
seragam kepanduan / boyscouts .. dgn beberapa lambang2
Wajah nya seperti tak asing, nanti saat di kenalkan oleh Franky Kowaas dan
dia menyebut nama nya, rupanya saya sedang berhadapan dengan salah satu legenda
hidup petualang wanita berkebangsaan Amerika
Christine Joyce Feld Boskoff,
Owner & Director dari Mountain Madness (www.mountainmadness.com) yg foto2 nya
sangat sering saya liat via internet. Dia & Franky sedang menunggu ke 4 klien
yg semua nya pria .. dan mempunyai tujuan yg sama dgn rombongan kita ..
Carstensz Pyramid.
Masing2 dari kita cukup terkejut saat saling tau, siapa menunggu siapa ..
seperti nya Lembah Danau-Danau akan sangat ramai dgn kedatangan tamu2 dari dua
operator kelas dunia Mountain Madness & Mountain Trip pada saat yg bersamaan.
MM yg di dirikan o/ Scott Fisher pada tahun 1984 dan sejak meninggal nya pada
saat Expedisi Everest Mei 1996, kendali MM dipegang o/ Christine dari tahun
1997 sampai dia sendiri dinyatakan hilang sampai skarang di Genie Mountain,
Propinsi Sichuan China bulan Des 2006 kemaren.
Christine Boskoff, walau belum melengkapi seven summiters, (Denali atau
McKinley aja yg belum) bukan saja menjadi legenda Amerika tapi legenda
petualang2 wanita kelas dunia dgn sederetan petualangan2 nya di berbagai
negara, sudah bisa sejajar dgn pendahulu2 nya seperti Junko Tabei, Christine
Janin, Rebecca Stephens (www.rebeccastephens.com), Mary dolly Lefever, dll
nya
Dan saat itu, Nov 2005 .. Christine juga menjadi leader dari rombongan
Mountain Madness yg berjumlah 5 org didampingi o/ guide-guide dari Manado
Adventure yg dipimpin o/ ownernya sendiri Franky Kowaas. (skarang 33x summiter
Carstensz)
Christine satu2nya wanita Amerika yg juga mencapai 6 puncak dari 14 puncak
diatas 8.000m di pegunungan Himalaya (Shishapangma, Everest, Gasherbrum II,
Lhotse, Cho Oyu, dan Broad Peak). Selengkapnya di :
http://www.everestnews.com/stories2006/missing12142006.htm
Chistine bila dalam keadaan sehat walafiat, 7 Sept yg akan datang baru mau
memasuki umur 40, tetap masih teramat belia u/ usia seorg petualang.
Rest in peace
Christine & Charlie
http://www.mountainmadness.com/news/cbcf.cfm
Tergantung antara ujung-ujung jari dan pinggir yang tajam dan kaki yang
tegak pada bibir dinding batu, adalah hidup seorang manusia (Geoffrey Winthrop
Young)
by : Leo
---------------------------------
Ahhh...imagining that irresistible "new car" smell?
Check outnew cars at Yahoo! Autos.
[Non-text portions of this message have been removed]