Kemarin baru balik dari Iraq, tepatnnya Iraq utara (Kurdistan). Bukan negara konflik pertama yang saya kunjungi Setelah Palestina, Israel, dan Nepal (waktu masih perang sipil) Cuma pas di Nepal aja di stop ama tentara 8 kali 1 kali ama tentara komunis dan 7 kali ama tentara pemerintah waktu perjalan dari perbatasan china ke Kathmandu dengna jeep .Iraq negara konflik yang ke-empat tapi kali ini urusannya bukan travelling tetapi kerjaan. Sekedar share aja kayak apa Iraq di bagian utara ini. Kalo urusan kerjaan biasanya saya gak travelling di negara tersebut tapi karena ini Iraq ya mungkin sedikita berbeda Masuk ke Iraq yang paling aman sekarang melalui Erbil di bagian utara dengan pesawat terbang dari Istanbul Turki (Lavent Air) atau Viena (Austrian Airways). Tapi Vienna Airways penerbangannya lagi di tutup karena insiden penembakan roket di Sulaymaniah tapi mungkin akan buka kembali dalam waktu dekat. Ada juga yang lewat Franfurt tapi lupa nama penerbangannya Saya berangkat dari Istanbul ke Erbil di iraq utara (2 jam flight, iraq 1 jam lebih awal dari Turki).. Perbatasan Iraq yang buka (hanya untuk business) yang berbatasan dengan Iran dan Turki. Perbatasan dengan Syria biasanya dipakai para insurgents untuk memasuki Iraq. Masuk ke Iraq harus ada tujuan either business atau jurnalistik. Itupun belum tentu bisa masuk, beberapa bulan lalu teman dari Malaysia berusaha masuk Iraq melalui Mosul untuk urusan peliputan untuk acara televisi di Malaysia, walau udah dapat visa Iraq di Kuala Lumpur teteup gak di kasih masuk. Sampe di bandara langsung dijemput security (tentara bayaran, contractor) yang dihired ama company..baru pertama kali gua berurusan ama mercenaries..Dijemput mirip orang penting.. pake jaket anti peluru Yang pertama kali gua liat adalah jenis senjata ada type AK-47, AK-45, Glock...dan FN-45 Glock , AK-47, M-16 pernah aku pakai jadi gak asing dengan senjata Beberapa kota yang aku lewati dan tinggal yaitu Erbil, Koya, dan Sulaymaniah sangat tenang dan lengang ..Orang melakukan kegiatan seperti biasa aja .Tidak seperti ada perang di tempat ini Cuma ada beberapa insiden kecil ..keributan antar faksi kurdi yang ingin berkuasa di wilayah Kurdistan .yang kadang2 diikuti dengan beberapa insiden pemboman skala kecil..tidak seperti di Baghdad atau Fallujah yang dibom dengan skala besar oleh insurgents. Kalo di daerah remote-nya jelas2 tenang sekali sekarang musim panas temperature sekitar 40 derajat..Kota2 ini kalo dari kejauhan seperti gersang kalo di perkampungan rata2 rumah dilapisi tanah untuk meredam panas .Masuk ke pusat kota Erbil baru kelihatan ada sedikit warna di beberap bagian elite kota tersebut .. Gak sempet kemana2..hanya disekitar kompleks hotel aja .itupun dikawal .Bus umum yang melewati kota2 ini aku gak pernah lihat..yang terlihat hanya taxi .jadi kemungkinan besar taxi menjadi transportasi utama....btw jalan2 di remote area iraq utara ini mulus .beda jauh dengan jalan2 di indo tapi anehnya beberapa jalan di kota erbil rusak berat.....kalo di luar kota gak terasa kecepatan 140 km/h .hanya beberapa kendaraan aja yang lewat di jalan masih bisa terlihat BMW dan Mercedez dan beberapa mobil mewah lain melintas...Kota Koya dan Sulaymaniah sama kayak Erbil tapi gak terlalu lama disini jadi gak begitu tau kondisi sebenarnya . Erbil kota yang terbesar dengan populasi 3 juta orang .Di beberapa tempat bussines, perkantoran, hotel dan apartement selalu ada pengawalan dari security bersenjata yang rata2 orang local Selebihnya, landscape di wilayah utara iraq ini berbukit2 dan kebanyakan ya padang tandus dessert .
regards je Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com
