Kemarin baru balik dari Iraq, tepatnnya Iraq utara (Kurdistan). Bukan negara 
konflik pertama yang saya kunjungi… Setelah Palestina, Israel, dan Nepal (waktu 
masih perang sipil)…Cuma pas di Nepal aja di stop ama tentara 8 kali…1 kali ama 
tentara komunis dan 7 kali ama tentara pemerintah waktu perjalan dari 
perbatasan china ke Kathmandu dengna jeep….Iraq negara konflik yang ke-empat 
tapi kali ini urusannya bukan travelling tetapi kerjaan.  Sekedar share aja 
kayak apa Iraq di bagian utara ini. Kalo urusan kerjaan biasanya saya gak 
travelling di negara tersebut…tapi karena ini Iraq ya mungkin sedikita 
berbeda…Masuk ke Iraq yang paling aman sekarang melalui Erbil di bagian utara 
dengan pesawat terbang dari Istanbul Turki (Lavent Air) atau Viena (Austrian 
Airways). Tapi Vienna Airways penerbangannya lagi di tutup karena insiden 
penembakan roket di Sulaymaniah tapi mungkin akan buka kembali dalam waktu 
dekat. Ada juga yang lewat Franfurt tapi lupa
 nama penerbangannya…Saya berangkat dari Istanbul ke Erbil di iraq utara (2 jam 
flight, iraq 1 jam lebih awal dari Turki).. Perbatasan Iraq yang buka (hanya 
untuk business) yang berbatasan dengan Iran dan Turki. Perbatasan dengan Syria 
biasanya dipakai para insurgents untuk memasuki Iraq. Masuk ke Iraq harus ada 
tujuan  either business atau jurnalistik. Itupun belum tentu bisa masuk, 
beberapa bulan lalu teman dari Malaysia berusaha masuk Iraq melalui Mosul untuk 
urusan peliputan untuk acara televisi di Malaysia, walau udah dapat visa Iraq 
di Kuala Lumpur teteup gak di kasih masuk. 
Sampe di bandara langsung dijemput security (tentara bayaran, contractor) yang 
dihired ama company..baru pertama kali gua berurusan ama mercenaries..Dijemput 
mirip orang penting.. …pake jaket anti peluru…Yang pertama kali gua liat adalah 
jenis senjata… ada type AK-47, AK-45, Glock...dan FN-45…Glock , AK-47, M-16 
pernah aku pakai jadi gak asing dengan senjata……Beberapa kota yang aku lewati 
dan tinggal yaitu Erbil, Koya, dan Sulaymaniah sangat tenang dan 
lengang…..Orang melakukan kegiatan seperti biasa aja….Tidak seperti ada perang 
di tempat ini…Cuma ada beberapa insiden kecil ..keributan antar faksi kurdi 
yang ingin berkuasa di wilayah Kurdistan….yang kadang2 diikuti dengan beberapa 
insiden pemboman skala kecil..tidak seperti di Baghdad atau Fallujah yang dibom 
dengan skala besar oleh insurgents.  Kalo di daerah remote-nya jelas2 tenang 
sekali…sekarang musim panas temperature sekitar 40 derajat..Kota2 ini kalo dari 
kejauhan seperti
 gersang…kalo di perkampungan rata2 rumah dilapisi tanah untuk meredam 
panas….Masuk ke pusat kota Erbil baru kelihatan ada sedikit warna di beberap 
bagian elite kota tersebut….. Gak sempet kemana2..hanya disekitar kompleks 
hotel aja….itupun dikawal….Bus umum yang melewati kota2 ini aku gak pernah 
lihat..yang terlihat hanya taxi….jadi kemungkinan besar taxi menjadi 
transportasi utama....btw jalan2 di remote area iraq utara ini mulus….beda jauh 
dengan jalan2 di indo…tapi anehnya beberapa jalan di kota erbil rusak 
berat.....kalo di luar kota gak terasa kecepatan 140 km/h….hanya beberapa 
kendaraan aja yang lewat di jalan…masih bisa terlihat BMW dan Mercedez dan 
beberapa mobil mewah lain melintas...Kota Koya dan Sulaymaniah sama kayak Erbil 
tapi gak terlalu lama disini jadi gak begitu tau kondisi sebenarnya…. Erbil 
kota yang terbesar dengan populasi 3 juta orang….Di beberapa tempat bussines, 
perkantoran, hotel dan apartement selalu ada
 pengawalan dari security bersenjata yang rata2 orang local…Selebihnya, 
landscape di wilayah utara iraq ini berbukit2……dan kebanyakan ya padang 
tandus……dessert….


regards
je

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com 

Kirim email ke