Lanjut……..

Sebelumnya saya mau revisi. Di paparan saya di hari pertama, saya 
tulis bahwa perjalanan dari Terminal Puduraya, KL ke Melaka memakan 
waktu : 3,5 jam. Yang bener sekitar 2 jam an. Istri saya yang 
ngingetin setelah baca tulisan saya….  :p

Oh ya, saya lupa cerita, nih :

Pada hari ke empat, setelah breakfast saya nyari bus dulu untuk rute 
hari berikutnya : Penang.
Di depan lobby First Worl Hotel, ada papan penunjuk arah yang 
menunjukkan "Bus Terminal". Untuk menuju ke "Bus Terminal", kita 
keluar dulu ke teras Lobby, setelah itu tinggal mengikuti papan 
penunjuk arahnya. 
Letak Bus terminal 2 lantai di bawah teras lobby hotel. Di sana 
ternyata ada beberapa stand "Travel Agent" yang menyediakan bus ke 
berbagai macam tujuan. Ada yang ke Penang, Melaka, Kuala Lumpur, 
dsb. Masing-masing stand menyediakan rute dengan tujuan tertentu 
saja. Jadi tidak semua rute ditawarkan masing-masing stand.

Pertama saya menuju ke stand `Sin-Pen Bus' ( atas rekomendasi dari 
Hotel Mingood, Penang by email ). Ternyata untuk rute Genting – 
Penang di hari berikutnya sudah habis. Walah… terus terang agak 
panik, nih… Kalo gak dapet….. mesti ke KL dulu. Terus saya lihat 
papan nama masing-masing Travel agent. Tidak semua menawarkan rute 
Genting – Penang. Akhirnya ada "Travel Agent 707". 

Untuk keberangkatan pukul 13.00 ( ada beberapa jadwal keberangkatan 
dalam 1 hari , kalo gak salah ada 4 kali keberangkatan ) ternyata 
masih ada 4 seat, tapi duduknya di bagian belakang. Langsung saya 
ambil, takut kehabisan tiket   Harga tiket RM 35/seat. Total RM 
140. 

Abis dari Terminal bus, kami sempatkan dulu untuk masuk ke Snow 
World di dalam Indoor Theme Park. Saya lupa berapa harga masing2 
tiket masuk untuk dewasa & anak-anak. Saya punya voucher untuk masuk 
ke Snow world ( diberikan waktu pembelian karcis terusan Indoor 
Theme Park ), jadi untuk 1 keluarga ( 2 dewasa, 2 anak ) saya 
tinggal bayar RM 40. Kalau nggak salah, harga normal untuk 2 dewasa 
& 2 anak = RM 50.

Untuk masuk ke sana, tidak diperbolehkan membawa kamera atau 
handycam. Untuk yang terlanjur membawa, di dalam disediakan locker 
untuk menyimpannya. Biaya locker RM 1.

Jam 11.20 kami masuk ke Snow World ( jadwalnya setiap ½ jam untuk 
masing-masing group ). Kita diberi pinjam mantel, sarung tangan, & 
sepatu boot. Karena kami sudah memakai sepatu kets, kami hanya 
diberi pinjam mantel & sarung tangan. Ada ukuran S,M,L,XL, & XXL 
untuk mantelnya. Mantel yang ukuran S masih terlalu besar untuk anak 
saya yang 3 tahun :(

Duingiiiiin di dalam. Suhu menunjukkan -5'C. Lantainya berupa 
hamparan salju. Ada 1 rumah-rumahan panggung, dimana ada tempat 
seluncuran untuk anak-anak. Mestinya ada tempat seluncuran untuk 
dewasa ( pakai ban ), tapi gak tau kenapa ditutup, katanya 
pegawainya belum datang.. aneh…..

Di dalam ada 2 fotografer yang siap memotret jika kita minta. 
Hasilnya akan dicetak di stand di depan counter masuk Snow World. 
Jika kita berminat dengan hasil fotonya, bisa dibeli dengan harga RM 
15 untuk ukuran 5R, dan RM 20 untuk ukuran 8R. Untuk pembelian 
Combo, 2 foto dengan ukuran 5R & 8R harganya RM 30. 

Setelah +/- 30 menit di dalam, kita diminta untuk keluar, group 
berikutnya akan masuk.

Di luar, di stand foto di depan counter masuk, sudah ada 4 foto kami 
waktu di dalam. Cepet juga waktu cetaknya… Dari 4 foto, ada 2 yang 
kami suka. Tapi ukurannya 8R semua. Saya coba Tanya, bisa nggak 
kalau salah satunya dibikin 5R.. Eh, ternyata bisa lho.. Jadi saya 
bayar RM 30 untuk kedua foto tersebut.

Dari Snow World, kami menuju ke Outdoor Theme Park.. ( Pengalaman di 
Outdoor Theme Park dst di hari ke empat bisa dibaca  di tulisan saya 
yang pertama )


OK, saya lanjutkan cerita saya………….


HARI KE-LIMA ( 13 OKTOBER '07 ) :
Sekitar jam 10, abis breakfast,  kami masuk ke wahana "Ripley's 
Believe It or Not". Tiket masuk RM 18. Anak-anak di bawah 6 tahun 
free. Saya beli 2 tiket. 

Bagus juga di dalam. Tapi ada beberapa bagian lorong yang agak 
suram, beberapa anak kecil mungkin agak ketakutan. 
Aneh-aneh barang-barang maupun foto yang dipamerkan. Tapi buat saya 
yang paling berkesan adalah box "Vampire Killing Kit" yang dibuat 
pada th 1840. Saya sempat foto. Ada yang minat ?
Saya tulis keterangan yang ada di bawahnya : 
"Dicipta pada 1840, peralatan ini diguna semasa pengembaraan di 
Transylvania seandainya mereka bertemu pontianak ( vamires ) ! 
Peralatan ini mengandungi semua yang diperlukan oleh seseorang untuk 
menakluk pontianak termasuk gading salib, senapan peluru perak, 
bawang putih, dan pancang kayu !"

Sekitar jam 11.40, sekeluarnya dari Ripley's, kita sempatkan dulu 
untuk jalan-jalan di shoping mall nya First World. Istri saya beli 
pernak-pernik. Saya sih cuman liat-liat saja.

Sekitar jam 12 kami kembali ke kamar hotel untuk ambil barang2 kami. 
Cek out time di First World jam 12 siang. Oh ya, saya mau kasih 
tau.. Di Malaysia, SEMUA hotel yang saya tempati menerapkan jam yang 
sama untuk check in & check out time. Check in : Jam 15.00. Check 
Out : Jam 12.00.

Untuk check out di First World gampang sekali. Kita tidak perlu 
antri lagi di meja counter. Ada 1 box plastic yang cukup besar ( 
sekitar 60 x 60 x 40 cm ) berwarna putih, dengan tulisan "EXPRESS 
CHECK OUT". Letaknya di dekat lift. Di sana diberi keterangan : 
Untuk Check Out, masukkan saja kunci kamar ( berupa card ) ke dalam 
box. Beres. Di dalam kamar hotel memang tidak ada kulkas yang 
biasanya berisi minuman, so tidak ada yang perlu dibayar lagi ke 
meja counter.

Sekedar tips : Untuk beli air mineral botol di First World Hotel, 
beli saja di toko "Watson". Letaknya sekitar lift area Tower 1. Jual 
macem2.. mulai dari obat, sabun, odol, tissue, dsb. Harga untuk air 
menieral yang 1500 ml = RM 2. Untuk yang 500 ml = RM 1. Sebelumnya 
kami tidak tahu kalau toko ini jual air mineral, habis dari luar 
tampak seperti toko "Guardian" di mall2 di Indonesia. Kami pikir 
hanya jual obat2an. Kami tau nya baru di hari ke-2. Di hari pertama, 
kami beli air mineral di area Indoor Theme Park. RM 5 untuk yang 
1500 ml. RM 2.5 untuk yang 500 ml. Mahal……… :(

Ada juga Filtered Tap Water yang disediakan gratis dari pihak hotel 
( letaknya juga sekitar area lift ), tapi mengingat kami bawa anak 
anak, tidak berani deh……. takut diare….

Sekitar jam 12.30, abis cek out, kami menunggu di teras hotel untuk 
menunggu bus yang ke Penang. Wah… ternyata hari itu di lobby 
buaaaanyaaaaaak sekali tamu yang akan chek in. Sudah gak seperti 
lobby hotel lagi….   kayak pasar, he3x… sungguhan, deh… Untung kita 
check in 2 hari sebelumnya.
Sementara istri & anak-anak saya menunggu, saya mampir ke stand 
travel agent 707 untuk menanyakan bus yang mana yang akan membawa 
kami. Ada banyak bus yang antri di depan lobby hotel. Setelah diberi 
tau nomor polisinya, kami masukkan koper ke bagasi & masuk ke dalam 
bus. Ternyata sudah banyak yang naik. Kami duduk di tempat kami di 
belakang. Bus berisi 27 seater.

Sekitar pukul 13.00 bus berangkat. Alamak, cara nyetir si sopir bus 
agak nggak aturan. Jalanan di Genting kan berbelak-belok. Maklum, 
daerah pegunungan… eh, si sopir ini rasanya kok tancap gas terus.. 
Walhasil… mual, deh kami bertiga. Saya, istri, & anak pertama pusing-
pusing.. Minum antimo. Telat. Istri & anak pertama saya `tumpah' di 
dalam bus. Ditampung di dalam tas kresek. Di masing2 kursi 
disediakan tas kresek kecil. Untung anak kedua saya tidur.

Sekitar jam 14.00 bus berhenti di depot di kota Tanjung Malim. 
Beberapa penumpang turun untuk makan, beberapa lagi tetap menunggu 
di bus. Kami juga turun untuk makan. 30 menit kemudian bus jalan 
lagi. Selama perjalanan Genting – Penang, bus berhenti 3x. Yang 
pertama di Tanjung Malim, yang kedua & ketiga berhenti di stasiun 
pompa bensin, memberi kesempatan turun untuk penumpang yang mau ke 
toilet atau beli makanan kecil.

Sekitar pukul 18.30 kami memasuki jembatan menuju ke Pulau Penang. 
Bagus jembatannya. Panjangnya 13,5 km. Sekitar pukul 19.00 kami tiba 
di George Town. Bus tidak berhenti di terminal bus ( Sungai 
Nibong ), tapi berhenti di Komtar, di tepi jalan raya. Komtar ini 
nama tempat di sebelah Praingi Mall, George Town. Di sepanjang tepi 
jalan di Komtar ada beberapa kios "Travel Agent". 

Begitu menurunkan koper, kami menuju ke stand Travel Agent 707 untuk 
pesan tiket bus Penang-Kuala Lumpur tgl 15 Oktober. Penuh.. Mereka 
bilang tgl 15 banyak yang pada balik ke KL, karena tgl 16 sudah pada 
masuk kerja ( libur Idul Fitri ). 

Kami ke stand sebelahnya. Ada, tapi bus yang 40 seater & jam 11 
siang. Kami pesan 4 tiket. RM 32 / tiket. Untuk bus yang 27 seater 
harganya lebih mahal, lagian sudah penuh semua. RM 40 / tiket. 

Setelah pesan tiket, kami naik taxi ( RM 12 ) ke Hotel Mingood ( RM 
80 / night ). Begitu tau dari luar negri, si sopir taxi menawarkan 
city tour. Biayanya RM 25 / jam. Dia juga menunjukkan peta tempat2 
wisata di Pulau Penang. Saya berkata akan pikir2 dulu. Saya diberi 
kartu namanya.

 Hotel Mingood gak seberapa besar. Saya dapat kamar di lt 3. Untung 
ada lift. Kondisi di dalam agak suram. Tapi lumayan bersih. Tapi 
yang payah kamar mandinya. Di bawah wastafel disediakan gayung 
plastik. Tak pikir buat apa… Begitu pakai wastafel, ternyata pipa di 
bawahnya bocor, jadi gayung tersebut berfungsi untuk menampung 
bocoran air wastafel. Ada bath tub juga.
Abis mandi-mandi, sekitar jam 20.00 kami cari makan di sekitar 
hotel. Kebetulan ada depot Chinese food di dekat hotel Sekitar 50 m 
jalan kaki. Enak. Juga murah. Sekitar RM 6 / porsi lauk pauk. Untuk 
Chinese food, menunya kurang lebih sama dengan yang di Indonesia.  
Puas, deh makannya… he3x..

Sekembalinya di hotel, kami bertanya tentang City Tour ke petugas di 
Front Desk. Orang India. Ramah orangnya. Dia minta supaya kami 
menunggu pemilik hotel untuk dijelaskan tentang tournya. Sekitar 
pukul 21.30, pemilik hotel, Mr. Arthur datang. Ramah juga orangnya. 
Dia menjelaskan tempat2 yang menurut dia bagus di Penang. Dia juga 
menyarankan pakai taxi saja. Dia juga ada kenalan supir taxi yang 
biasa antar turis keliling Penang. Biayanya juga RM 25 / jam. 
Akhirnya kami booking taxi kenalan Mr. Arthur. 

Setelah itu kami kembali ke kamar tidur…. Bobo lagi… cape lagi…..  
he3x…


OK, gitu dulu untuk hari ini. Sudah malem ( jam 00.00, nih….  Besok 
kerja… ) , ngantuk…. Lanjutannya saya email lagi besok atau lusa…….


Peace,

Hartono


Kirim email ke