Saya selalu make ransel Om Puguh dan Mas Bayu. Kemanapun. Ndak ke Solo atau San Francisco. Alhamdulillah aman-aman saja. Waktu ke Nepal, dua kawan saya menggunakan tas tambahan untuk membungkus keril (eh bisa dipesan di Mas Iwan Reptil loh). Trus dikunci pake gembok kecil.
Saya sendiri enggak pake metode ini, alias kosongan aja. Cuma untuk saku2 memang saya isi barang emprengan. Tas juga kumel, ndak pernah dicuci setahun :) Biasanya pas check in mbak/mas di meja selalu bertanya : "did you pack the bag yourself?" "could anyone have tampered with your bag since you last checked it?", "are you carry any dangerous substances liquid aerosol or battery on your bag?" Kalau jawabannya no no no yah udah deh, berarti pernyataan lisan itu yang dipegang. Pertanyaan yang kedua itu agak tricky karena berarti melemparkan tanggung jawab sepenuhnya ke penumpang sebelum dipasrahkan bagian bagasi untuk memproses. Biasanya pas antri check in saya benahin strap2 keril sehingga compact dan rapi. Sekalian cek saku2nya. Barusan saya nonton seri Locked in Abroad-nya National Geographic. Ceritanya tentang para traveler dan backpacker yang dipenjara atau diculik ketika sedang dalam perjalanan. Satu cerita adalah seorang turis Inggris yang menyelundupkan heroin ke Thailand. Atau membawa kokain di Peru dan Ibiza. Konsekuensinya berat. Terutama karena berkaitan dengan antar negara. Tapi kebanyakan kasus2 diatas adalah memang si backpacker yang memasukkan barang itu, bukan orang lain. Karena iming imbalan dan juga 'exercising the law'. Lah kalau si Australia itu sih pembuktian fisik dia juga sangat susah. Sepertinya tau aja lemahnya pengawasan di bandara Indonesia. Mana berani nyoba di Singapura. Hukumnya cambuk dan gantung. Salam, Ambar Locked in Abroad NG at http://tinyurl.com/4cdynv --- In [email protected], "puguh_imanto" <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > > Teman Bayu... > > Rasanya jawabannya: TIDAK Aman... > > Ingat kasusnya perempuan australi di bali? ngeyel kalo psikotropika > di bagasinya bukan miliknya, sulit pembuktiannya... > > Ada pendapat lain? > > tabik, > Puguh > > --- In [email protected], "Bayu Aji Sukma" <bayu471@> > wrote: > > > > Haloo teman2, > > > > Cuma kepikiran nih.... mengenai tas carir atau backpack. > > Kalo kita ke luar negri pakai backpack aman ga ya ? > > > > Katanya ada tas yg di susupi bahan narkoba dibackpack, gw jadi > ngeri > > nih kalo ke malaysia trus ada yg masukin narkoba, kan bisa kita yg > > dituduh tuh. > > > > Gw ga tahu orang masukinnya waktu dimananya. Kebanyakan carierkan > ga > > seperti travel bag yg kesemuannya di kunci. > > > > Thanks ya, > > >
