Dear Amie, Boleh nambahin dikit ya mengenai Wonogiri
Untuk kulinernya, ada Ayam Panggang mbah Tiyem, lokasinya (kalau dari Solo) sebelah kiri jalan, sebelum RSUD. Untuk hotel, ada hotel kecil, tapi kelihatannya cukup bersih, maaf saya lupa namanya. Tapi lokasinya dekat dengan kantor Air Mantjur (yang dibelakang kabupaten). Kalau yang lainnya saya perhatikan tamunya kebanyakan pria yang bawa mobil canvaseer........... Karena Wonogiri adalah kota persinggahan, bukan kota tujuan. Jangan lupa kalau dari Wonogiri, oleh-olehnya kacang mete dan kalau seneng manis, ada krasikan. Untuk obyek wisata, saya lebih seneng kalau keluar sedikit dari Wonogiri ke arah Pacitan +/- 10 km. Disana ada gua Tabuhan (atau gua Gong), sebuah gua stalagtit-stalagmit, yang bisa di tabuh (berbunyi kalau di pukul-pukul pelan.....) Biasanya ada artis (masyarakat sekitar) yang mau unjuk kebolehan menabuh & menyanyikan / menyinden lagu-lagu jawa........... Suka batu semi mulia (semi precious stone) untuk perhiasan........? Di sini tempatnya berbagai macam batu...... mulai batu akik sampai kristal. Dulu yang terkenal dari daerah ini adalah jenis mata kucing (coklat & merah)....rasanya sekarang sudah mulai sedikit......... Selamat jalan-jalan ke Wonogiri ya Amie.. Salam Ery --- On Mon, 6/30/08, cahyo widanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote: From: cahyo widanto <[EMAIL PROTECTED]> Subject: Re: [indobackpacker] Wonogiri To: [EMAIL PROTECTED], "Ami" <[EMAIL PROTECTED]> Cc: [email protected] Date: Monday, June 30, 2008, 9:28 PM Kmaren tgl 30 juni, saya juga barusan dari Wonogiri, sebenernya wisata di sana ga terlalu banyak, cuma waduk Gajah mungkur aja yang menjadi andalan wisata nya, tapi waduknya terlihat surut, musim kering kali ya. dan terkesan kotor oleh sampah2 dari para penjaja makanan disana. untuk kulinernya kemaren saya mencicipi ikan Nila goreng & bakar yang diambil dari karamba waduk GM, renyah & gurih jg. untuk penginapan saya liat cuma hotel2 kecil, bisa dibilang losmen mungkin dengan tarif sekitar 50~100 ribu. Untuk perjalanan kalo dari Jogja, saya lewat jogja-wonosari- semanu-pracimant oro-wonogiri. melewati jalur ini terlihat pemandangan pegunungan seribu dan hutan akasia di daerah gunung kidul. cahyo ----- Original Message ----- From: titi hidayatun To: Ami Cc: indobackpacker@ yahoogroups. com Sent: 2008-06-30 Monday 8:37 AM Subject: Re: [indobackpacker] Wonogiri halo Ami, Wonogiri sebenarnya bukan kota wisata, jadi tak menyediakan banyak hotel atau tourism object. tapi kalo buat orang2 yang berjiwa petualang, banyak juga tempat2 yang asyik buat dikunjungi: 1. Waduk Gajah Mungkur, tempat ini mudah ditemukan. kadang ada festival2 untuk menarik wisatawan. bisa juga naik speedboat 2. Khayangan (daerah kecamatan Karang Turi, sekitar 40km dari kota Wonogiri). ini adalah wisata alam dengan sungai dangkal dan ada juga tempat pertapaan. pemandangannya cukup bagus 3. wisata kuliner: Wonogiri terkenal dengan Bakso dan Mie Ayamnya, selain itu di daerah kabupaten BatuRetno, ada nasi thiwul yang enaaak bangeth. ini harus dicoba. selamat mencoba ya.. mungkin yang lain bisa menambahi..
