belum ngalami sich kena ubur-ubur....semoga tidak. Tapi 2 x kena Bulu Babi. 
Maklum di P.Pramuka cukup banyak bulu babi-nya....Cukup bikin ngilu....tapi 
ngatasinya gampang....Sempat kaget waktu rekan saya bilang di pipis-in 
aja.....Saya pikir becanda...Tapi benar juga, ngga sampai 5 menit ilang....Tapi 
itu khan kalau kena-nya di kaki.....Kalau di bagian tubuh lain....efektif cuka, 
alkohol.....Jadi kalau ke laut, 2 itu dech yang wajib di bawa....Cuma asal 
tahan bau cuka-nya aja. Lalu kalau naik pesawat, pernah ketahuan nyimpan 
alkohon untuk masuk di bagasi....rupanya terdeteksi dan di suruh keluarin......

salam

  ----- Original Message ----- 
  From: ambar 
  To: [email protected] 
  Sent: Thursday, August 07, 2008 5:20 AM
  Subject: [indobackpacker] Re: gigitan (atau sengatan?) ubur-ubur


  Kalau ubur2nya kecil sih dibasuh air laut aja. paling kerasa pating
  clekit sebentar, ngga sampe alergi yang berat. cuma kalau ubur2nyah
  gede kayaknya kudu pake alkohol atau cuka. saya sendiri paling ya
  dipake salep biar enggak gatel. 

  ==========

  ini saya kutip dari Wilderness: Jellyfish Sting Treatment
  (http://tinyurl.com/5brsn8)

  * Rinse with seawater. Avoid fresh water because it will increase
  pain. Do not rub the wound or apply ice to it.

  * For classic box jellyfish stings, apply topical acetic acid
  (vinegar) or isopropyl alcohol.

Kirim email ke