belum ngalami sich kena ubur-ubur....semoga tidak. Tapi 2 x kena Bulu Babi. Maklum di P.Pramuka cukup banyak bulu babi-nya....Cukup bikin ngilu....tapi ngatasinya gampang....Sempat kaget waktu rekan saya bilang di pipis-in aja.....Saya pikir becanda...Tapi benar juga, ngga sampai 5 menit ilang....Tapi itu khan kalau kena-nya di kaki.....Kalau di bagian tubuh lain....efektif cuka, alkohol.....Jadi kalau ke laut, 2 itu dech yang wajib di bawa....Cuma asal tahan bau cuka-nya aja. Lalu kalau naik pesawat, pernah ketahuan nyimpan alkohon untuk masuk di bagasi....rupanya terdeteksi dan di suruh keluarin......
salam ----- Original Message ----- From: ambar To: [email protected] Sent: Thursday, August 07, 2008 5:20 AM Subject: [indobackpacker] Re: gigitan (atau sengatan?) ubur-ubur Kalau ubur2nya kecil sih dibasuh air laut aja. paling kerasa pating clekit sebentar, ngga sampe alergi yang berat. cuma kalau ubur2nyah gede kayaknya kudu pake alkohol atau cuka. saya sendiri paling ya dipake salep biar enggak gatel. ========== ini saya kutip dari Wilderness: Jellyfish Sting Treatment (http://tinyurl.com/5brsn8) * Rinse with seawater. Avoid fresh water because it will increase pain. Do not rub the wound or apply ice to it. * For classic box jellyfish stings, apply topical acetic acid (vinegar) or isopropyl alcohol.
