Minggu kemaren saya baru saja ke Bromo untuk pekerjaan kantor. Berhubung urusan kantor jadi kita menginap di Lava Hotel dan sebagian kru lainnya menginap di Bromo Permai. Masing-masing memiliki view yang menghadap ke gunung Bromo, Batok. Semeru dan Penanjakan.Lava Hotel mungkin hotel yang bagus setelah ditutupnya Grand Bromo. Restaurantnya juga menyajikan makanan yang enak...apalagi kalo minum hot coklatnya. Sayangnya, brosur saya ketinggalan ketika mampir di Surabaya. Kalau untuk Bromo Permai ada kamar untuk backpacker dengan rate sekitar 120 ribuan untuk musim liburan ini (biasanya 88 ribu). Cuma kondisi hotelnya sih biasa banget. Tapi saat menuju hotel2 tersebut saya sempat melihat penginapan yang cukup keren, namanya Java Banana Bromo (saya ngga sempat mampir, tapi lihat dari kejauhan sih tempatnya menarik http://www.java-banana.com/home.php)
Bromo sekelilingnya saat ini berwarna hijau yang menyegarkan apalagi disekitar savanna. Kekurangannya adalah karena memasuki musim hujan maka sudah pasti namanya hujan juga ngga bisa diperkirakan kapan turunnya, begitu juga dengan kabut. Saran saya untuk membawa jas hujan, mantel, sarung tangan, kupluk. Nyamuk sih kayaknya ngga ada tapi banyak banget lalat waktu itu di sekitar area hotel yang mengerubungin kap mobil yang panas :D. Sayangnya sekali lagi saya cuma 2 hari 1 malam disana :( hehehehe dan itu urusan kantor pula yang mana ngga punya waktu untuk menjelajah lebih kawasan Bromo. Selamat bersenang2 di Bromo salam, aswin On Wed, Dec 17, 2008 at 6:08 PM, permaisuri <[email protected]> wrote: > hallo Farid, > di sekitar bromo ada penginapan(dari yang murah meriah ala backpacker smp > wisma) kamu akan melewati daerah itu pasti, sebelum ke pananjakan. > umumnya orang istirahat dulu, kemudian sekitar jam 3 subuh berangkat menuju > pananjakan (untuk menyaksikan sunrise) baru kemudian bromo dg > ojek/kendaraan/kuda. disana hawanya dingin luar biasa. jd persiapkan > kesehatan >
