Mas Adolf, Untuk HT panjang gel 2 meteran atau UHF saya sering pake motorola gp2000 dan icom v88 (kalo ga salah) dgn 5W. Untuk yang perlu watt di atas 5w ada motorola lts2000 (7W) tp biasanya programmed utk jaringan trunking radio alias sdh diprogram send receive-nya jadi ga bsa masuk ke channel umum.
Moto gp2000 bagusnya bentuknya keren,ukuran mungil. Icom v88 tambun, old fashioned tp kelebihannya slot batere bsa diganti slot dgn batere AA utk emergency. Motorola socket antene berbeda jd kalo disambung dgn antene umum harus ada adapternya, murah kok. Daya pancar tanpa hambatan/laut bisa mencapai 50km, kalo di bukit2 10km, bisa kurang. Kalo rig dulu pake alinco dj... Motorola apa gtu, lupa. Dayanya 40W lebih. Daya pancar bisa 120km utk laut. Ada lg ht yg murah, merk alinco dj195 kl ga salah. Harga dlu 2004 675rb, skrng 850rban.gp2000 2 jt krng dan v88 1.4 jtan. Detilnya lupa. Kalo mau browse di glodokshop.com tapi belinya di glodok sblah kanan jembatan glodok bnyk toko komunikasi.tawar abis yg jelas dan jatuhnya murah. Utk budgetnya ya suggest alinco dj195 atau icom bekas. Alinco yah so so lah sesuai pricenya tp msh layak. Kalo pake ht dan makenya cma saat travelling bukan fix station kyknya ga usah izin2. Asal ga pake channel2 sensitif aparat polisi atau sar aja. Kalo pake rig nah itu harus izin dep hub jakarta kalo ga salah. Bayar berapa gtu tp izinnya hanya fixed channel jd ga boleh ke umum. Ambil call sign di orari bisa jg hanya ga tau crnya, ada tesnya jga. Oke Mas Adolf, selamat mengudara dengan janda2 kesepian ha ha ha.; Salam Heru H ________________ Reply Header ________________ Subject: [indobackpacker] Handy Talkie Author: "R A I" <[email protected]> Date: 26th December 2008 03:55 Rekan-rekan IBP, Sesuai subyek di atas....Ada yang biasa menggunakan radio komunikasi seperti Handy Talkie, Rig, dll.....? Kebetulan lagi berminat....Dulu waktu SMA suka nge-break menggunakan ICOM IC-2N dengan antena "buntut tikus" atau 2 meteran.... Kira-kira ada ngga manfaatnya saat trip keluar kota....? Saya lagi pertimbangan beli untuk keperluan traveling. Mohon sharing donk....Misalnya untuk licence bila ada, ambil organisasi yang mana... Kemudian, kira-kira recomen alat dan merek yang praktis, tidak rewel, battery tahan lama saat traveling ke daerah...Ada ngga yang budget kisaran 800 rb - 1 juta...? Thanks sebelumnya atas pencerahannya.... salam [Non-text portions of this message have been removed]
