Menarik juga analisanya.. Secara garis besar saya setuju dengan pendapat Ossy. Kemaren saya sempet beli tiket weekend promo Lufthansa Jkarta-Frankfurt-jakarta cuma $ 615. Padahal yg lainnya sekitaran $850-1000an. Memang itu hanya ada sale 3 hari dan kebetulan saya memang sedang merancang trip ke europe. Padahal rencana saya naik Qatar Airways dari Bali (karena saya tinggal di Bali) dan sudah ikhlas membayar jumlah $1000an...
Thanks God saya join program mileage dan newsletter dari maskapai asing (kadang2 suka menuhin mailbox tapi enanya bisa terupdate dengan promo2 mereka). Akhirnya karene tidak kuat menahan godaan saya beli tiket tersebut (karena kebetulan jadwal terbang saya termasuk promo dan jadwal belinya mepet) meskipun belum ada kepastian bahwa visa saya ke europe akan di approved... yah mo gimana lagi..??? Strategi marketing tiket pesawat memang sedang berubah..diskon besar2an atau potongan harga memang sedang marak..tapi juga jangan cepat terpancing karena kebanyakan dari maskapai tersebut memberikan jadwal beli tiket dan jadwal tern\bang tertentu.... Beberapa maskapi eropa contohnya memberikan g\harga promo hanya periode terbang seveleum bulan juni. Ada juga maskapai asing yang memberikan promo untuk terbang bulan ini juh\ga...atau bulan dimana periode tersebut dilangsungkan. Padahal kalo kita ingin terbang ke benua semacam eropa/ australia kita harus nuggu proses approval visa...jadi kadang2 promonya ga make sense..meskipun secara ekonomis dilihat dr harga menggiurkan... Nah..semoga ini menjadi pertimbangan tambahan..... salam F ________________________________ Dari: Dandossi Matram <[email protected]> Terkirim: Sabtu, 13 Juni, 2009 01:33:28 Topik: [indobackpacker] Tiket Murah Emirates & naik Airbus 380 Super jumbo .. Sejak tahun ini dan sampai tahun ini adalah tahun "babak belur" bagi perusahaan penerbangan ... Krisis globa dan pandemi flu babi bener2 dahsyat pengaruhnya membuat orang tidak berani bepergian .... Akibatnya, terjadi perang tarif yg luar biasa .... Saat saya check harga tiket berbagai airlines ke eropa dan australia, ternyata hari ini kita bisa mendapatkan tiket dgn harga yg nggak mungkin kita bisa dapatkan kalau dimasa normal. Emirates, yang terkenal mewah dan bagus pelayanannya, saat ini terus banting harga tiketnya .. akibat rendahnya tingkat penumpangnya ... Bulan lalu ketika saya beli tiket online (www.emirates. com) Jakarta - London untuk keberangkatan Juni (untuk anak saya, cewek, 13 tahun, sendirian) , saya masih harus bayar USD 920-an (all inclusive) ... Tapi hari ini kalau saya beli untuk keberangkatan Juni juga ternyata harganya turun lagi menjadi USD 830-an !!! Waah siaaal, saya pilkir harga tiket saat beli sudah murah,rupanya masih turun lagi ..... Hebatnya Emirates tujuan Jakarta - London Heathrow ini, ternyata untuk track Dubai - London Heathrow,kalau kita ambil penerbangan pagi (sekitar jam 07.00), maka kita akan diangkut sama pesawat Airbus 380 Super Jumbo (baru masuk fleet Emirates Desember 2008) yang dahsyat itu. Kalau mau tahu untuk jadwal A380 dari London - Dubai silahkan check saja sendiri .... Kemarin anak-ku cerita pesawat yg gedenya sejuta gajah itu kosong, makanyanya dia bisa tidur dgn badan lurus .... Untuk tiket ke Jerman malah hanya USD 700-an (all inclusive), juga negara2 lainnya .... Dengan harga yg gila2an turunya ini, Air Asia (www.airasia. com) yg punya route Kuala Lumpur - London (Stanted) bakalan ngos2-an juga ngelawan Big Boy macam Emirates. Tiket Air Asia KL - London sekarang sekitar Rp 4,5 juta - Rp 5,5 juta, belum ditambah tiket Jakarta - KL yg bisa habis sekitar Rp 800 ribu - Rp 1 juta. Soal pesawat kosong, kemarin temen saya juga cerita,betapa Singapore Airlines yang mengoperasikan Airbus 380 Singapore - Australia juga menderita ... masalahnya kelas yg ada di pesawat itu hanya business dan first class, dgn krisis ini ya pasti pada nyari yg kelas ekonomi dan pesawat itu kena dampaknya yg paling hebat .... Balik ke Emirates, gara2 pesawat kosong, harga tiket Emirates dari Singapore ke Australia juga dipangkas habis .... Biasanya muahaaal, sekarang hanya dengan SGD 320-an (all inclusive) atau sekitar Rp 3 jutaan PP !!! Padahal tiket Jakarta - Singapore sekarang juga murah2nya gara2 tiger airways buka route ini. Sebulan yg lalu saya check www.tigerairways. com Jakarta - Singapore hanya habis sekitar Rp 500 ribu PP !!! Waah dahsyat sekali pemangkasan harga tiket ini .... Edan-nya lagi .... saat ini kan sudah masuk bulan liburan yg biasanya harga2 tiket pesawat lagi mahal2nya .... Ternyata harga tiket itu pada takut sama krisis global dan pandemi flu babi .... jadi harganya tetep muraaah .dibanding harga normal .. Itu saja sekilas info terakhir ttg tiket pesawat luar negeri .... mudah2an berguna ..... Ossy'81 Cepat, Bebas Iklan, Kapasitas Tanpa Batas - Dengan Yahoo! Mail Anda bisa mendapatkan semuanya. http://id.mail.yahoo.com
