Mo share aja...

Pengalaman pake Kartu ATM Mandiri untuk penarikan mata uang lokal di Eropa 
(EUR) tidak pernah masalah asal dana rupiah di rekening mencukupi (jangan lupa 
sebelum berangkat cek dulu ke bank mengenai limit penarikan harian sesuai 
peraturan bank masing2), begitupun fasilitas debitnya untuk keperluan bayar2 
belanja dll.

Saya juga pake Bank asing (HSBC) yang pin ATMnya 6digit tidak masalah, tapi 
pengalaman hanya menggunakan ATM HSBC juga yg notabene banyak cabangnya di 
kota2 besar Eropa.

Semoga membantu..

sent from anggunberry® wireless device via BB600

-----Original Message-----
From: "ambar.briastuti" <[email protected]>
Date: Sun, 13 Sep 2009 01:43:00 
To: <[email protected]>
Subject: [indobackpacker] Re: PIN ATM di Eropa 4 digit - Bgmn kalau ATM kita 
PIN-nya 6 digit?

Om, emang ada yg ngga bisa dipake untuk beberapa jenis transaksi dan jenis 
kartu. Sebaiknya ditanyakan dulu kepada bank baik Mandiri atau BCA untuk 
memberikan/mengganti PIN ATM enam digit. Karena tiap bank beda aliansi/jasa 
untuk debet. 

Visa dan Mastercard Debit bisa banget dipakai. Dan juga adanya fee tambahan. 
Ini yang biasanya tidak dijelaskan oleh pihak bank, yakni fee dihitung per 
transaksi (persentase jumlah debit, biasanya 1-2%) dan/atau hidden fee berupa 
foreign transaction (besarnya bervariasi tergantung hubungan bank ybs dengan 
jaringan eropa). 

ps: pengalaman saya malah 4PIN bisa dipake di 6PIN. no problem. 

salam,
ambar


--- In [email protected], Dandossi Matram <dando...@...> wrote:
>
> Ini ada informasi dari Thorn Tree Forum (lonely planet) ttg PIN ATM di eropa
> yg maksimal hanya 4 digit -
> http://www.lonelyplanet.com/thorntree/thread.jspa?threadID=180322
> 
> "PINs in Europe are four digits long. If you have a six digit PIN you should
> talk to your bank to make sure that your card will work in Europe (either by
> changing it to a four digit PIN or entering only the first four digits)."
> 
> Bagaimana pengalaman rekan2 yg ATM-nya 6 digit (mis: ATM BCA)? Ada masalah
> atau tidak? Kalau masalah berarti harus bawa ATM Mandiri saja ya yg 4 digit?
> 
> Tks
> 
> Ossy
> 
> 




[Non-text portions of this message have been removed]



------------------------------------

Indonesian Backpacker Community
visit our website at http://www.indobackpacker.com atau bisa juga di 
http://www.backpacker-indonesia.info/


Silakan membuka arsip milis http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/   
untuk melihat bahasan dan informasi yang anda butuhkan.

No SPAMMING or forwarding unrelated messages.
Silakan beriklan sesuai tema backpacking di hari JUMAT. 

Sebelum membalas email, mohon potong bagian yang tidak perlu dan kutip bagian 
yang perlu saja. 

Milis Indobackpacker menerima ATTACHMENT baik gambar ataupun photo, tetapi 
mohon indahkan tentang hak cipta dan ukuran file. 

Cara mengatur keanggotaan di milis ini :

Mengirim email ke grup : [email protected] (moderasi penuh)
Mengirim email kepada para Moderator/Owner: [email protected]
Satu email perhari: [email protected]
No-email/web only: [email protected]
Berhenti dari milist kirim email kosong : 
[email protected]
Bergabung kembali ke milist kirim email kosong : 
[email protected]

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    mailto:[email protected] 
    mailto:[email protected]

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    [email protected]

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Kirim email ke