FREE for JOIN Indonesia Daily News Online via EMAIL:
go to: http://www.indo-news.com/subscribe.html
- FREE - FREE - FREE - FREE - FREE - FREE -
Please Visit Our Sponsor
http://www.indo-news.com/cgi-bin/ads1

Stockholm, 28 Agustus 1999

Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Assalamu'alaikum wr wbr.

APA TUJUAN PERGOLAKAN DI AMBON ?
Ahmad Sudirman
Modular Ink Technology Stockholm - SWEDIA.

Untuk Rakyat Ambon.

Rakyat Ambon khususnya dan Rakyat Maluku pada umumnya yang terkenal
dengan Pela Gandong-nya. Yaitu suatu sikap yang ditunjukkan dari
perasaan tolerasi, bantu membantu, terbuka dan harga menghargai.
Ternyata sampai detik ini Pela Gandong yang merupakan ciri khusus Rakyat
Ambon hancur berantakan. Mengapa?

Melalui tulisan hari ini yang saya beri judul "Apa tujuan pergolakan di
Ambon?", saya mempertanyakan apa sebenarnya tujuan dari pergolakan,
kerusuhan, pembunuhan di Ambon itu?

Telah banyak berita, cerita, analisa, pemikiran mengenai kejadian
sekarang di Ambon itu. Tetapi saya belum mendapatkan jawaban yang
sebenarnya. Apa yang ada dibalik kerusuhan dan pergolakan di Ambon itu.

Nah karena saya belum mendapatkan jawaban yang sebenarnya, maka seperti
bunyi judul tulisan hari ini, yaitu saya ingin mencari apa tujuan
sebenarnya dari Rakyat Ambon itu.

Kalaulah rakyat Ambon yang kebetulan muslim ingin membangun Daulah Islam
Rasulullah dengan Undang Undang Madinahnya, mengapa tidak tampil
pelopor-pelopor muslim yang mengumandangkan ajakan bersama kepada
seluruh kaum muslimin dimanapun berada untuk bersama-sama membangun
Daulah Islam Rasulullah dengan Undang Undang Madinah-nya yang berpusat
di kota Ambon?

Kalaulah rakyat Ambon yang kebetulan kristen ingin membangun Daulah
Kristen Indonesia dengan ajaran-ajaran kristennya, mengapa tidak tampil
pelopor-pelopor kristen yang mengumandangkan ajakan bersama kepada
seluruh kaum kristen dimanapun berada untuk bersama-sama membangun
Daulah Kristen Indonesia dengan dasar-dasar kristennya yang berpusat di
kota Ambon?

Kalaulah Rakyat Ambon yang muslim ingin membangun kembali Daulah Islam
Rasulullah haruslah mengajak seluruh kaum muslimin baik yang ada di
Indonesia atau yang ada di seluruh dunia. Begitu juga kalau Rakyat Ambon
yang kristen ingin membangun Daulah Kristen Indonesia haruslah mengajak
seluruh kaum kristen baik yang ada di Indonesia atau yang ada di seluruh
dunia.

Tetapi kenyataannya yang sampai kepada saya sampai detik ini adalah
rakyat Ambon yang kebetulan muslim bukan ingin membangun kembali Daulah
Islam Rasulullah dengan Undang Undang Madinahnya. Begitu juga rakyat
Ambon yang kebetulan kristen bukan ingin membangun Daulah Kristen
Indonesia dengan ajaran-ajaran kristennya. Melainkan menurut pemikiran
saya adalah karena kebijaksanaan-kebiijaksanaan politik, ekonomi dan
sosial Penguasa Indonesia yang diawali oleh Soeharto dengan militernya
dan diteruskan oleh B.J. Habibie sekarang dengan militernya, ditambah
dengan kepentingan politik dari berbagai kelompok, baik sipil ataupun
militer.

Karena menurut orang yang mempunyai akal sehat, tidak ada keuntungan
apapun dari hasil kerusuhan di Ambon itu. Yang ada adalah kehancuran
untuk rakyat Ambon. Dan melemahnya kekuatan Penguasa Indonesia dibawah
Habibie sekarang.

Namun, walaupun tidak ada keuntungan sama sekali dari kerusuhan Ambon
itu, tetapi saya melihat justru dari tidak adanya keuntungan tersebut,
nantinya akan lahir seorang atau sekelompok yang pura-pura mendamaikan
orang-orang yang sedang rusuh tersebut, sehingga akhirnya mereka akan
disebut dengan penyelamat rakyat Ambon didalam Daulah Pancasila dengan
pancasilanya dan UUD 1945-nya yang sekuler.

Nah sekarang, agar tidak lahir nantinya seorang atau sekelompok yang
pura-pura mendamaikan orang-orang yang sedang rusuh di Ambon tersebut,
maka melalui tulisan ini saya menyampaikan kebali apa yang telah saya
usulkan dalam tulisan [990816] Kelemahan Pancasila = Kelemahan Habibie"
yaitu,

1. Adakan segera dialog langsung dibawah Presiden Habibie antara
Pemuka-pemuka Agama Islam, Kristen, Adat dan Masyarakat yang ada di
seluruh Ambon.
2.  Tarik mundur TNI dari Ambon.
3.  Batasi pendatang luar masuk ke daerah Ambon.
4.  Para provokator baik yang ada di Ambon atau yang ada diluar Ambon
yang tertangkap segera ajukan ke meja hijau untuk dijatuhi hukuman yang
setimpal.
5.  Setiap para Pemuka Agama Kristen, Islam, Adat dan Masyarakat Ambon
dan diluar Ambon berusaha semampunya untuk meredakan ketegangan dan
permusuhan yang timbul di Ambon.
6.  Membantu dengan materil kerugian yang telah diderita oleh rakyat
yang tinggal di Ambon.
7.  Hentikan propaganda yang berisikan bahwa di Ambon telah terjadi
perang agama.

Inilah sedikit tanggapan saya untuk Rakyat Ambon.

Bagi yang ada minat untuk menanggapi silahkan tujukan atau cc kan kepada
[EMAIL PROTECTED] agar supaya sampai kepada saya dan bagi yang ada
waktu untuk membaca tulisan-tulisan saya yang telah lalu yang
menyinggung tentang Khilafah Islam dan Undang Undang Madinah silahkan
lihat di kumpulan artikel di HP http://www.dataphone.se/~ahmad

Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan dan hanya kepada Allah kita
memohon petunjuk, amin *.*

Wassalam.

Ahmad Sudirman

http://www.dataphone.se/~ahmad
[EMAIL PROTECTED]

Didistribusikan tgl. 28 Aug 1999 jam 11:49:26 GMT+1
oleh: Indonesia Daily News Online <[EMAIL PROTECTED]>
http://www.Indo-News.com/

Kirim email ke