selamat malam,

meneruskan diskusi email server blocking, server mail saya di kantor
malah sebalik nya.

(dasar nya saya bukan admin, gak terlalu ngerti dunia nge-LiNux).

kantor saya pake postfix under linux TSL (trustix), sudah beberapa
waktu ini boss di complain client nya yang bilang email dari mereka
pada gak nyampe ke si boss (maksudnya boss gak terima, tapi client nya
si boss bilang udah. pas di cek ke rekanan si boss yang juga dikirim
jga udah nyampe).

nah saya lagi cari cari apa yang salah or terlalu restrict ya ama
server email ku. mm.. kira kira _check_list_ nya apa aja yang perlu di
cek ya ? 

aku lihat di log postfix: warning, info, errors, blum keliatan( buat
rekan rekan yang tidak pake TSL, kalau di TSL, log postfix di pecah di
/var/log/mail/errors, info dan warning. gak tahu ya di distro lain
sama gak .. ). atau saya yg belum tahu ngeliat nya dimana ya ?

sekalian tanya: kantor kan pake 1 konesi internet (radio), sama ISP
cuma dikasih 1 IP publik (gak dikasih mailbox di sisi ISP kayak nya).

saya jadi nya punya 1 server superman dimana 1 NIC menghadap ke modem
(internet), 3 NIC lain nya menghadap ke internal network (separated
sub net). semua internal network di gateway kan disini, dari subnet
internal cuma boleh konek ke sisi dalam saja, gak boleh dilanjut
keluar (kecuali IP khusu, ip saya :P, soale butuh nge remote server ke
luar). semua koneksi web/ftp via squid proxy, email kan nge pop di
sisi dalam network. aman deh :)

so, gateway saya merangkap: gateway, mail server, sekaligus proxy
(sebenarnya proxy sih gak harus disini ya). ups , nambah, pegang zone
dns untuk domain kantor juga :(. 

mestinya, kalau kita punya 1 IP publik gini, konfigurasi yang lazim
gimana ya ?

terima kasih atas semua clue dan saran nya.

tri





-- 
www.itcenter.or.id - Komunitas Teknologi Informasi Indonesia 
Gabung, Keluar, Mode Kirim : [EMAIL PROTECTED] 

 
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/ITCENTER/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/ITCENTER/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    mailto:[EMAIL PROTECTED] 
    mailto:[EMAIL PROTECTED]

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    [EMAIL PROTECTED]

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/
 

Kirim email ke