Dear Rekans ITCenter,

Beberapa hari yang lalu saya dan beberapa teman lama ngumpul bareng. Kebetulan
mereka rata2 bekerja diperusahaan swasta yg cukup besar & ternama direpublik
ini dan khusus menanganin bagian IT diperusahaan tersebut. singkat cerita
beberapa orang teman saya mulai mengeluh tentang masa depan karir mereka
diperusahaan tsb akibat krisis ekonomi global yg melanda semua negara didunia
ini karena akan dilakukan pensiun dini bahasa halus dari pengurangan karyawan.
Ada pula teman yg menanggapin biasa-biasa saja bahkan ada pula yg sama sekali
tidak tahu kalau saat ini sedang terjadi krisis ekonomi global (
hehehe...mungkin saking sibuk buat coding ).

Setelah ngobrol panjang lebar, saya perhatikan dari pembicaraan kami banyak
rekan2 saya tsb yg berencana ingin mencari pekerjaan diluar negri sana, dengan
harapan punya karir yg lebih baik & yg paling penting salary meningkat. apakah
mencari kerja diluar negeri sana masih relevan dengan situasi krisis ekonomi
saat spt ini ?
saya sedikit bertanya2 bukannya diluar sana misalnya amerika justru perusahaan2
besar banyak yg melakukan PHK terhadap karyawannya ?.  Saya pernah baca berita
perusahaan sekelas google & yahoo saja sudah melakukan PHK terhadap karywannya.
bagaimana kita mencari kerja diluar sana sedangkan diluar sana juga pada
melakukan pengurangan tenaga kerja ?? apakah pola pemikiran saya ini keliru ??
saya malah coba memberi saran kepada mereka jika perusahaan mem-PHK mereka dan
memberi pesangon ada baiknya buka usaha kecil2an saja. tapi memang sulit buat
mereka yg tidak mempunya jiwa bisnis untuk coba beralih ke wirausaha.

Melalui milist ini, mohon share pengalaman buat rekan2 yg siapa tahu punya
pengalaman yg bisa dijadikan wacana dalam menghadapin krisis ekonomi global
ini, khusus buat rekan2 kita yg berlatar-belakang IT yg ingin mencari kerja
diluar negeri sana biar jangan sampai tersesat dalam mengambil keputusan dengan
situasi & kondisi saat ini.

Salam
Jimmy