From: Agus Rasidi <[EMAIL PROTECTED]>
To: MILIS RW 14 <[EMAIL PROTECTED]>; MILIS LINTAS BODEBA <[EMAIL PROTECTED]>;
MILIS DKM AL IKHLAS <[EMAIL PROTECTED]>; MILIS AR-ROYYAN <jamaah@arroyyan.com>
Sent: Thursday, December 6, 2007 1:28:34 PM
Subject: [Ar-Royyan-7131] Re: Tayangan Kick Andy - MetroTV Bersama Aa Gym - "Aa
Gym Menjawab" (HARI INI)

KICK ANDY : AA GYM MENJAWAB

Ini penampilan pertama Abdullah Gymnastiar atau akrab dipanggil Aa Gym di
sebuah talk show. Tidak mudah meyakinkan dai yang dikenal dengan lagunya
'Jagalah Hati' ini untuk tampil di Kick Andy. Pasalnya, selama ini dia merasa
didzolimi oleh pers setelah berpoligami.
Melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Abdullah Gymnastiar menyatakan
bersedia. Semua pertanyaan yang diajukan Andy Noya dijawabnya dengan terbuka.
Mulai dari alasan mengapa sampai dia tega menyakiti hati istri dan keluarga
dengan kawin lagi, bagaimana perasaannya 'ditinggal' oleh para pengagumnya,
sampai isu bisnisnya hancur setelah berpoligami.
''Ini cobaan yang berat dalam hidup saya. Tapi dalam perjalanan waktu ke depan
saya yakin ada hikmah yang dapat dipetik,'' ujarnya.
Dengan suara bergetar Aa Gym mengungkap perasaan yang harus dipendamnya selama
beberapa tahun terakhir ini. Pria yang bertutur lembut ini mengaku beberapa
tahun terakhir hidupnya tidak bahagia. Dia merasa kehidupannya bagaikan sebuah
mesin yang sedang berjalan dan tidak bisa dihentikan. ''Saya begitu sibuk. Dari
satu acara ke acara lain. Dari satu daerah ke daerah lain. Bahkan untuk
mengejar waktu, saya sering naik helikopter atau pesawat khusus. Saya tidak
punya waktu lagi untuk urusan pribadi,'' ungkap ayah tujuh anak ini.
Bahkan untuk bertemu dengan kedua orangtua yang dia cintai pun tidak pernah
dapat terlaksana. ''Saya rindu dan ingin bertemu orangtua tapi jadwal begitu
padat. Saya sudah menyadari ada yang salah dengan kondisi ini. Saya jadi jarang
bertemu dengan istri dan anak-anak. Tapi saya tidak berdaya. Saya tidak bisa
menghentikan mesin ini.''
Maka, ketika pria 45 tahun ini memutuskan untuk menikah lagi, dan akibat
keputusannya itu dia ditinggalkan oleh sebagian besar 'umatnya', Aa Gym mengaku
semua itu merupakan kehendak Allah untuk menghentikan mesin kehidupannya yang
berputar telalu cepat.
''Ini cara Tuhan agar saya mempunyai waktu untuk lebih memperhatian keluarga.
Ini cara yang halal, yang diijinkan oleh agama,'' ujarnya masih dengan suara
bergetar.
Mengenai bisnisnya yang terganggu akibat banyak pengagumnya yang menarik diri
setelah dia menikah lagi, Aa Gym juga mensyukuri dan mengambil hikmahnya.
''Sejak awal saya juga merasakan semua kegiatan bisnis yang bertumpu pada
pengultusan individu tidak akan sehat dan tidak akan bertahan lama,'' ujarnya.
Dengan kondisi tersebut, secara alamiah bisnis yang dipimpinnya di, bawah
payung Manajemen Qolbu Corporation, tersaring secara alamiah. ''Unit bisnis
yang mengandalkan saya sebagai pribadi, terpaksa tutup. Tapi bisnis lain yang
dikelola secara profesional, sampai sekarang tetap bertahan.''
Aa Gym tetap pada pendiriannya bahwa berpoligami adalah keputusan yang tidak
menyalahi agama dan prinsip hidupnya. ''Kita bisa lihat di sekeling kita, masih
ada yang memilih jalan yang dilarang agama. Apa yang saya lakukan tidak
menyalahi agama.''
Pada bagian kisah tentang adiknya yang lumpuh dan kemudian meninggal, pria yang
gemar berolahraga petualangan ini tidak kuasa membendung tangisnya. Kepada Andy
Noya dan penonton di studio, Aa Gym mengakui adiknya yang cacat itu merupakan
sumber inspirasinya dan menjadikan dirinya seperti sekarang ini.
Adiknya yang sudah lumpuh waktu itu tetap bertekad melanjutkan kuliah ke
fakultas ekonomi Universitas Indonesia. Padahal untuk ke kuliah dan
beraktivitas, Agung, sang adik, harus dibopong. Aa Gym sebagai kakak termasuk
yang paling sering membopong adiknya ke tempat kuliah.
Suatu hari, Aa Gym tak kuasa untuk melemparkan pertanyaan kepada Agung. ''Dik,
kata dokter sakitmu sudah parah sekali. Tapi adik kok tidak pernah mengeluh?''
Sang adik tersenyum lalu menjawab, ''Untuk apa mengeluh? Mengeluh akan membuat
orang lain susah. Kalau orang-orang beramal untuk bekal di surga nanti, saya
ingin agar kesabaran saya ini bisa menjadi bekal nanti.''
Mendengar jawaban itu Aa Gym tersadar. Betapa mulianya hati sang adik. Bahkan
Agung pernah mengatakan apa pun yang dilakukan Aa Gym tidak akan sempurna jika
tidak mengikuti jejak Nabi Muhammad. ''Itulah titik balik dalam kehidupan saya
sehingga saya bisa seperti sekarang ini,'' ungkapnya.
Di Kick Andy pimpinan Pesantren Daarut Tauhid ini juga bercerita tentang kenapa
dia kerap memakai sorban, bagaimana ketika di SD dia terpaksa jualan jambu
milik tetangga, dan bagaimana saat mahasiswa dia harus mencari uang dengan
menjadi supir angkot. Termasuk bagaimana dia menghidupi keluarga dengan jualan
bakso. ''Subuh-subuh saya sudah ke pasar beli tulang sumsum untuk kuah bakso.''
Tapi mengapa sang istri waktu itu terganggu dengan profesi sang suami? ''Karena
setiap hari jualan bakso, badan saya bau bakso semua. Istri gak tahan dan
sering mau muntah,'' ujar Aa sembari tertawa.
Banyak kisah suka dan duka dalam perjalanan hidupnya yang dia ungkapkan di Kick
Andy. Aa Gym juga menjawab semua tudingan terhadapnya. Sebuah wawancara tanpa
batas dengan sang tokoh. Di ujung acara, Aa Gym dipertemukan dengan 'Aa Jimmy',
yang selalu menirukan Aa Gym di News. Com. Apa yang terjadi? Marahkah Aa Gym?
http://www.metrotvnews.com/acara_detail.asp?id=72964