From: "Lesminingtyas" <[EMAIL PROTECTED]>

"Tragedi Pesta Anggur - Jangan terulang kembali"

Cerita ttg Pesta Anggur
(Sumber : Ethos 21 by Jansen Sinamo)

Ada kebiasaan pesta anggur untuk menandai berakhirnya musim panen anggur di sebua desa
di Perancis. Untuk pesta itu, setiap keluarga petani diwajibkan menyumbangkan 5 liter
anggur terbaik miliknya, untuk mengisi tong2 anggur yang akan mereka minum bersama2.

Pada malam hari, saat pesta dimulai, kepala desa yan juga petani anggur, diminta
membuka  tutup tong tersebut. Acara selanjutnya, anggur itu akan dibagi-bagikan untuk
minum bersama. Saat kepala desa membuka tong dan mengisi gelas pertama, kemudian
mencicipinya..ternyata isinya hanya air tawar.

Kepala desa tersentak dan teringat akan perilaku seorang warganya yang kikir.
Diseretnya petani kikir itu  ke depan arena pesta sambil berteriak "Hei, kamu petani
kikir , aku tahu engkau menuangkan 5 liter air tawar ke dalam tong ini ! Lihatlah
sekarang, perbuatanmu telah membuat seluruh anggur yang sudah kita panen menjadi tawar
" Si tertuduh terdiam malu sekali. Dia memang melakukannya.

Dalam perjalanan pulang seusai pesta sang kepala desa berpikir keras, "Bagaimana
mungkin 5 liter air tawarku ditambah dengan 5 liter air tawar yang dituang petani
kikir itu mampu menawarkan seluruh anggur dalam tong sebesar itu ?"

Tetapi rupanya setiap warga desa itupun berpikir sama seperti kepala desanya. Setiap
warga ternyata hanya membawa 5 liter air tawar dan menahan anggur terbaiknya di rumah
masing-masing. Semua orang yakin bahwa dalam tong anggur sebesar itu,  sedikit air
tawar yang dituangkannya tak akan berpengaruh, apalagi merusaknya.
-- --
Tragedi pesta anggur seperti di atas, seringkali terjadi dalam kehidupan kita.
-- --

Lima tahun yang lalu, saat saya mau mendaftarkan anak saya ke SD, saya memutuskan
untuk tidak memilih SD Penabur karena waktu itu saya pikir SD Penabur di Bogor,
bukanlah SD favorit/bonafide, bahkan bisa dibilang "second class". Beberapa teman saya
mengingatkan, katanya "Kalau kamu saja yang anggota GKI tidak mau menyekolahkan anak
ke sana, bagaimana dengan orang lain ?"

Tapi saya berpikir "Pak Pendeta yang senior saja, juga tidak mau menyekolahkan anaknya
ke SD Penabur. Berarti sah2 saja kalau saya menyekolahkan anak ke sekolah dimana
anak-anak Pak Pendeta bersekolah"

Teman-teman saya yang terlibat dalam pengembangan SD Penabur berkata "Kalau kamu dan
jemaat lain ikut-ikutan Pak Pendeta (senior), maka tidak sampai 5 tahun, SD Penabur
bakal bubar"

Tapi saya tetap berkeras "Kalau hanya saya dan Pak Pendeta yang tidak menyekolahkan
anaknya ke Penabur, saya yakin masih banyak jemaat lain yan berminat"

Teman2 sayapun menjelaskan bahwa ternyata banyak sekali jemaat GKI yang hanya
memandang SD Penabur dengan sebelah mata..(Tragedi Pesta Anggur-pun terulang kembali
!!! Ternyata bukan hanya Pak Pendeta dan saya yang membawa air tawar..tapi kebanyakan
jemaat GKI melakukan hal yang sama)

Teman-teman sayapun berjuang mati-matian untuk "mempromosikan" SD yang nggak begitu
populer itu. Saya turut gembira mendengar kabar bahwa Pak Pendeta yang lebih junior
rela menyekolahkan anaknya di SD "second class" itu. Mungkin teladan dari Pak Pendeta
junior merupakan salah satu faktor yang turut memotivasi jemaat untuk menyekolahkan
anaknya di SD itu. Tragedi Pesta Anggur, kali ini tidak begitu parah !! Pak Pendeta
junior telah memberikan teladan untuk membawa "anggur"
(bukan air tawar), dan beberapa jemaatpun turut membawa "anggur"...meramaikan "pesta"
di SD Penabur Bogor.
-- - -

Tragedi Pesta Anggur kembali terjadi saat Pemilu tahun 1999. Walaupun saya telah
beberapa kali mendengar himbauan/kampanye dari PDKB, saat itu saya berpikir bahwa
"Kalau saya dan teman2 saya yang sedikit ini pilih PDKB, nggak bakal
berpengaruh/membesarkan PDKB dan hanya akan buang-buang suara saja..maka lebih baik
pilih partai besar yang sudah jelas bakal dapat kursi"

Ternyata Tragedi Pesta Anggur telah terulang lagi..banyak orang Kristen yang berpikir
sama dengan saya....membawa air tawar ke TPS.dan membuat tawar  perolehan suara PDKB
waktu itu.

Saat Pemilu 2004 beberapa bulan yang lalu, saya berpikir : "Haruskah Tragedi Pesta
Anggur terulang kembali ? Haruskah saya membawa air tawar ke dalam tong anggur PDS ?
Kalaupun saya membawa anggur terbaik, tetapi orang2 kristen yang lain tetap membawa
air tawar, apakah anggur saya bisa mewarnai tong anggur PDS? Akhirnya saya putuskan :
Biarlah saya membawa anggur yang terbaik, tanpa harus memikirkan apa yang akan dibawa
orang lain"

Ternyata banyak orang yang berpikir sama dengan saya ! Terbukti dengan perolehan suara
yang bisa diperhitungkan.
 --
Sebentar lagi, kita akan mengikuti Pemilihan Presiden. Banyak di antara umat Kristen
yang masih apatis. Mereka berpikir, siapapun yang menjadi presidennya tidak akan bisa

http://us.click.yahoo.com/L5YrjA/eSIIAA/yQLSAA/IYOolB/TM
Posting: [EMAIL PROTECTED]

Bantuan Moderator : [EMAIL PROTECTED]
WebSite: http://jnm.clear-net.com (Webmaster wanted!)