Van: ludi hasibuan [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Verzonden: Wednesday, 6 October 2004 1:59 PM
Aan: Yohannes; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
Onderwerp: [Soli-Deo-Gloria] Re: Apakah ada Mati Syahid?

Shaloo....

Terima kasih atas pencerahannya.Mungkin yang menjadi pertanyaan lebih
detailnya adalah dalam konteks saat ini. Menjadi "Martir" dijaman modern ini
bagi umat Tuhan Yesus mengandung pengertian seperti apa ?

1 Apakah dengan pengertian mempertahankan iman dan setia kepada Tuhan Yesus?
Walaupun nyawa taruhannya akan tetap setia menjadi pengikut Kristus (seperti
yang akan terjadi di akhir jaman nanti)

2 Mempertahankan iman dan setia kepada Yesus Kristus dengan jalan melawan
orang-orang yang tidak seiman dengan Kristus ? Kemudian melawan mereka
"dengan kekerasan" sehingga diri kita (fisik) meninggal dunia, apakah
perbuatan ini akan membuat seseorang menjadi "martir"

Mungkin yang perlu dijelaskan adalah garis lurus dari perbedaan "dogmatis"
antara Al Quran dan Alkitab tentang pengertian mati syahid dan mati martir.
Secara Alkitabiah secara eksplesit menjelaskan seperti apakah seseorang
meninggal dunia dan menjadi martir di jaman modern ini.

Terima kasih

Yohannes <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

On 04/10/2004 at 11:04 "ludi hasibuan" wrote:

> [...]
>
> Sekedar ingin menghilangkan rasa penasaran yang ada di dalam diri
> ini.Mungkin rekan-rekan yang tergabung dalam milis ini bisa
> memberikan informasi atau gambaran terhadap pertanyaan yang saya
> ajukan.
>
> tujuannya hanya sekedar ingin menambah wawasan pengetahuan saya
> bukannya untuk memicu menjadi seorang yang radikal.
>
> Pertanyaannya adalah:
>
> Apakah dalam dogma atau ajaran Kristen terdapat pengertian Mati
> Syahid atau mati dijalan Tuhan ? Seperti apakah itu dan apa saja
> pengertian yang ada dalam Alkitabiah tentang halini.

Yohannes:
"Mati syahid" menurut pengertian Islam adalah mati di jalan Allah
atau karena Allah, misalnya mati membela agama atau kebenaran
hakiki. Ada satu kata dalam bahasa Inggris yang juga diterjemahkan
dengan "mati syahid" yaitu 'martyr', berasal dari kata Yunani
'martur' yang berarti "saksi".

* Kisah Para Rasul 22:20, "Dan ketika darah Stefanus, saksi-Mu
('MARTUR') itu, ditumpahkan, aku ada di situ dan menyetujui
perbuatan itu dan aku menjaga pakaian mereka yang membunuhnya." -
"KAI HOTE EXEKHEITO TO HAIMA STEPHANOU TOU MARTUROS SOU KAI AUTOS
EMEN EPHESTOS KAI SUNEUDOKON TE ANAIRESEI AUTOU KAI PHULASSON TA
GIMATIA TON ANAIROUNTON AUTON"
Setelah banyaknya orang Kristen mati memperjuangkan iman mereka pada
tiga abad pertama sesudah Masehi, istilah ini berkembang dan di
dalam bahasa Inggris menjadi martyr, ditujukan kepada seseorang yang
mati karena imannya, seseorang yang sudah membuktikan kekuatan dan
kemurnian imannya dalam Kristus dengan kematian, mati syahid.

Kisah Para Rasul 22:20, Wahyu 2:13 dan 17:6 adalah permulaan
pemakaian kata "martyr" bagi saksi-saksi yang penu h iman bahkan
hingga ajal mereka, yang akhirnya merupakan pemakaian modern yang
seragam

> Apakah para "martir" Kristen yang ada di dunia ini langsung masuk
> surga ? Bukankah yang menentukan masuk atau tidaknya berasal dari
> perbuatannya selama di dunia dan kebijaksanaan (mungkinkah ada
> kebijaksanaan) dari Tuhan...

Yohannes:
Setelah Stefanus menjadi "martir" dengan pengertian mati syahid,
disusul pula oleh hampir sebagian besar para rasul Kristus dan
pengikut-pengikut mereka. Apakah mereka ini masuk neraka?

  _____

Do you Yahoo!?
vote.yahoo.com - Register online to vote today!

Yahoo! Groups Sponsor

<http://us.ard.yahoo.com/SIG=129o5rv3t/M=315388.5455587.6541274.2152211/D=gr
oups/S=1705074046:HM/EXP=1097196434/A=2372354/R=0/SIG=12id813k2/*https:/www.
orchardbank.com/hcs/hcsapplication?pf=PLApply&media=EMYHNL40F21004SS> click
here

<http://us.adserver.yahoo.com/l?M=315388.5455587.6541274.2152211/D=groups/S=
:HM/A=2372354/rand=274339949>

  _____

Yahoo! Groups Links

*       To visit your group on the web, go to:

*       To unsubscribe from this group, send an email to:
[EMAIL PROTECTED]
<mailto:[EMAIL PROTECTED]>

*       Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo!
<http://docs.yahoo.com/info/terms/>  Terms of Service.

http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/IYOolB/TM
Posting: [EMAIL PROTECTED]

Bantuan Moderator : [EMAIL PROTECTED]