From: Jimmy Okberto

Yuk Nyelawat Yuk

Sebenarnya agak risih juga mendengar orang ismael mengunakan kalimat 'yuk
nyelawat yuk besok kan ada yang mati'. Kalimat tersebut tentu saja dialamatkan
untuk salah satu nabi yang mereka imani sebagai Isa AS. Aku tanya ada apa? Sapa
yang mati?. Dan mereka kembali bilang bukannya besok ada bendera kuning. Dan
hanya lenguhan kecil yang keluar dari mulutku. Ohhhh ... sambil cari bahan
pembicaraan lain.

Kebanyakan yang diketahui oleh  orang ismael dan mengimaninya sebagai seorang
Nabi Suci. Memang disayangkan adanya Kitab sesat Barnabas yang sangat popular
dikalangan orang Ismael. Saya sendiri kurang mengerti kenapa harus juga ada
perbedaan antara pengikut Kristus. ~ Sayang disayang ~
Akan tetapi keajaiban pun tetap terjadi walaupun DIA dalam suatu sidang dengan
saksi dusta. Ada orang yang dahulu selalu berselisih paham menjadi dua sahabat
yang sangat akrab.

Lukas 23:12
Dan pada hari itu juga bersahabatlah Herodes dan Pilatus; sebelum itu mereka
bermusuhan.
Dimana pun DIA berada apapun situasinya keajaiban selalu tetap terjadi bersama
DIA.

Yuk Nyelawat Yuk ...
Jangan lupa besok pakai baju hitam dan siapkan daftar rekening-rekening
dosanya.Awas kantung kolektenya ga pakai mesin gesek jadi jangan bawa Credit
Card buat itu.Cukup bawa yang kotor-kotor dan mau menerima untuk dibersihkan
secara gratis.Dan habis itu jangan main kotoran lagi . INGAT !!
From: "Steve Hardi Pratama" <[EMAIL PROTECTED]>

Tinjauan praktis mengenai PERSEPULUHAN
(menurut saya lhoo...)

PROLOG::
Sebenarnya saya merasa aneh kalau umat pilihan Allah, yang oleh Allah sudah
diperbaharui perjanjiannya, masih saja berkutat mengenai hal-hal fisik yang
dibuat manusia, dan kadang tidak kita mengerti tujuan di balik hal-hal
tersebut, dan jaman sekarang yang lebih parah, dibodohi oleh para hamba tuhan
("tuhan"nya sengaja saya kasi hurup kecil, karena jelas beda
dengan TUHANnya kita). Taruhlah masalah perpuluhan ini...
Dalam tulisan ini saya hanya ingin berpendapat secara praktis, jadi kalo Anda
tidak menemukan ayat Alkitab di sini, tolong dicariin yang sesuai aja yah...
(",)
Tapi saya yakin saya tidak sedang merumuskan ajaran sesat di sini!

LATAR BELAKANG::
Kekristenan merupakan pembaharuan dari kepercayaan Israel, dengan Tauratnya
yang sedemikian banyaknya, sehingga satu per satu harus dituruti, dan pada
akhirnya mereka melupakan esensinya, yaitu KASIH kepada Allah, yang telah
melepaskan mereka dari perbudakan dan memelihara hidup mereka. Mengapa
Perjanjian Allah perlu diperbaharui? Karena selama Allah belum berinkarnasi
menjadi manusia, komunikasi antara Allah dan manusia belum sempurna.
Sebenarnya saya yakin bahwa semua perintah dalam Kitab Taurat mempunyai tujuan
yang dapat diaplikasikan ke dalam hidup kita sekarang. Sekarang ambil contoh
yang lagi heboh: PERSEPULUHAN!

ISI::
PERSEPULUHAN (atau lebih enak disingkat: perpuluhan!) adalah bagian yang WAJIB/
HARUS/ KUDU diberikan setiap kaum Israel kepada kaum Lewi sebagai penjaga Kemah
Pertemuan dan pelayan YHVH full-time. Apa pasal? Karena mereka tidak dapat
mencari nafkah, entah dengan bekerja ataupun bercocok tanam, sehingga seluruh
Israel yang menanggung kaum Lewi beserta keluarganya. Ini dari tinjauan
praktis, karena saudara Walsinur saya rasa lebih ahli dalam mengupas sisi
kejiwaannya, bagaimana hal ini
mengungkapkan kasih kita kepada TUHAN, dst (FYI, e-mail sdr. Walsinur mengenai
perpuluhan sudah nongol di milis ini lebih dari seminggu yang lalu)

Sekarang mari kita melompat ke dunia modern. Perpuluhan wajib diberikan ke
gereja tempat kita berjemaat, karena menjadi nafkah utama dan satu-satunya bagi
para pelayan TUHAN yang full-time. Idealnya menurut saya, perpuluhan dari suatu
gereja dikumpulkan untuk menafkahi para pelayan dan keluarganya. Ini konteksnya
sama seperti Israel tempo dulu. Dan saya rasa pelayan TUHAN yang mengasihi
TUHAN dengan segenap pikiran, akal budi, dan
perasaannya, akan mengambil secukupnya saja, tidak melihat "kebijaksanaan" ini
sebagai kesempatan untuk memperkaya diri (apalagi kalau jemaatnya kaya-kaya).
Gereja pun perlu dana untuk membangun pelayanannya (diakonia, marturia,
deelel... saya kurang jago masalah ini, hehehe...). Jadi jemaat tidak boleh
melepaskan dari kewajiban ini.

Jika kemudian ada pendeta yang digaji, saya jadi agak bingung, apakah sistem
ini sudah umum dalam banyak sinode? Bagi yang berjemaat di gereja dimana
pelayan TUHAN-nya digaji, bisa tolong bocorin gak, apa tujuan di balik
pemberian gaji itu? Apa karena ada pelayan TUHAN yang tidak puas dengan sistem
"bagi hasil" sebelumnya?
Nah, sekarang bagaimana kalau kita merasa bahwa 9/10 berkat kita itu masih
lebih dari cukup? Kalau sudah begitu, barulah Anda dapat "menyelewengkan"
berkat itu untuk tujuan yang lain, seperti memberikan "masukan" ke lembaga
sosial, lembaga pelayanan baik Kristen maupun non-Kristen, tim sukses calon
presiden (ini cuma contoh lho...). Kalo diberikan ke gereja lagi, atau mungkin
gereja yang lain? Ya welcome-welcome aja lah... Memangnya
cuma persembahan persepuluhan yang kudu masuk kas gereja?

EPILOG::
Pokoknya, selama ada KASIH di hati kita, apapun, entah itu 10/10 dari
penghasilan kita atau nyawa kita sekalipun, akan kita berikan untuk TUHAN dan
demi TUHAN. Itulah inti Kekristenan yang sejati menurut saya.
S.
*supaya tidak ada salah pengertian, yang kurang jelas boleh angkat tangan (",)
**juga menerima koreksi, kritisi, dan reparasi...
From: "Dewi Kriswanti" <[EMAIL PROTECTED]>

MENDAPATKAN KEKUATAN BARU

Bacaan : Yesaya 40:31
"Tetapi orang -orang yang menantikan Tuhan mendapat kekuatan baru, mereka
seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya ." (Yesaya 40:31)

Burung rajawali adalah burung yang memiliki bentuk tubuh yang besar dan
memiliki sayap yang kuat untuk terbang. Burung rajawali juga memiliki keunikan,
membuat sarang di tempat tinggi dan sulit dijangkau, matanya yang tajam, dan
kepak sayapnya yang kuat. Dengan sayapnya itu pula burung ini dapat terbang
mengatasi angin badai dan berada di atasnya untuk dapat terbang lebih jauh.
Demikian juga apa yang hendak digambarkan oleh ayat mas dari pada renungan kita
hari ini. Dikatakan bahwa orang-orang yang menantikan Tuhan, akan mendapatkan
kekuatan baru di dalam mengatasi persoalan-persoalan kehidupan yang terjadi.
Dengan kekuatan baru tersebut, orang-orang yang menantikan Tuhan, atau
anak-anak Tuhan dapat berlari dan tidak menjadi lesu, berjalan dan tidak
menjadi lelah.

Inilah yang Tuhan inginkan agar hal ini dapat terjadi di dalam kehidupan
saudara dan saya. Di dalam menghadapi persoalan hidup, tidak seharusnya
menghindarinya, tetapi kita menghadapinya dengan tegar. Karena dengan
mempercayakan sepenuhnya kehidupan kita kepadanya, itu berarti kita
mengharapkan Allah untuk menjadi sumber kekuatan dan pertolongan. Dan bila hal
tersebut kita perbuat, maka kekuatan yang baru yang daripada Allah akan
diberikan kepada kita, kekuatan baru tersebut adalah:
1. Kekuatan untuk memandang bahwa bagaimanapun besarnya masalah dan persoalan
yang terjadi, tidak membuat kita gentar dan takut. Dengan kekuatan tersebut
persoalan yang besar akan kita lihat menjadi kecil dan yang terjadi kemudian
adalah kita melihat bahwa Allah lebih besar daripada masalah kita.
2. Kekuatan untuk mengatasi persoalan tersebut. Kadang kita berlari mencari
jalan keluar dengan pemikiran dan kekuatan kita sendiri, tetapi apa yang kita
lakukan dan kerjakan tidak dapat menyelesaikan persoalan itu sendiri. Karena
tanpa kita sadari bahwa jalan keluar dari pada masalah tersebut ada di dalam
masalah itu sendiri.
3.Kekuatan untuk berjalan dan berlari secara rohani. Kekuatan tersebut akan
membuat kita tidak merasa letih atau merasa sendiri bila Allah menunda
pertolongannya. Kekuatan itulah yang akan membuat kita tetap berharap kepada
Tuhan, karena kita yakin bahwa waktu dan rencana Tuhan tidak sama dengan waktu
dan rencana kita.

Sayangnya ini yang tidak kita sadari selama ini. Kita meyebut diri dengan
sebutan orang Kristen yang kuat, tetapi begitu persoalan datang diri kita
tenggelam di dalamnya. Jadilah seperti rajawali, tetap tegar dan perkasa dalam
segala situasi. (Ariel)
Doa:Ya Tuhan, Bapa yang baik, hanya kepadaMu kami bersandar, dalam tanganMu
yang perkasa kami berlindung. Amin!
KEKUATAN YANG BARU YANG DIBERIKAN ALLAH AKAN MEMBUAT KITA KUAT DALAM MENGATASI
PERSOALAN HIDUP INI
From: Peggy Loritha (AO Bdg)

Nama Allah Yang Baru

"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat [gereja] di Sardis: Inilah firman Dia,
yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala
pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!
Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab
tidak satupun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku. Karena
itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu
dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang
seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang
kepadamu [Yesus akan datang kembali
pada hari terakhir].
Tetapi di Sardis ada beberapa orang yang tidak mencemarkan pakaiannya; mereka
akan berjalan dengan Aku dalam pakaian putih [=murni], karena mereka adalah
layak untuk itu. Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang
demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku
akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan dihadapan para malaikat-Nya. Siapa
bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada
jemaat-jemaat."

"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat [gereja] di Filadelfia: Inilah firman
dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud [yaitu Kristus]; apabila
Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang
dapat membuka.
Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang
tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa,
namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku. Lihatlah,
beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang
Yahudi [yaitu mereka yang menyebut
dirinya orang percaya], tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan
berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka
datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau.
Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan
melindungi engkau dari hari pencobaan
[hari penghakiman] yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai
[menghakimi] mereka yang diam di bumi.

Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun
mengambil mahkotamu [=keselamatanmu]. Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan
sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ;
dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem
baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru [yaitu Yesus
Kristus]. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh
kepada jemaat-jemaat."  (Wahyu 3:1-13)