From: "Kisah" <ki...@sabda.org>

Edisi 206 -- Bertekad Untuk Berubah

Shalom,
Keadaan ekonomi yang memprihatinkan seringkali menjadi faktor utama seseorang
melakukan pekerjaan apa pun demi mencukupi kebutuhan hidup. Hanya saja
pekerjaan apa yang semestinya harus kita lakukan? Faktor pendidikan yang
dimiliki seseorang memengaruhi bagaimana seseorang menghadapi masalah semacam
ini. Banyak sekali fenomena seseorang memilih pekerjaan tanpa
melihat apakah pekerjaan itu berkenan bagi Tuhan atau tidak.
Beberapa orang juga menginginkan cara praktis untuk dapat memperoleh uang.
Namun, sebagai orang Kristen, kita harus melakukan segala sesuatu sesuai dengan
firman Tuhan. Termasuk dalam hal pekerjaan, kita harus melakukan nya selaras
dengan kehendak-Nya. Mengawali tahun baru 2011, KISAH kembali menyajikan
kesaksian-kesaksian yang di alami oleh anak-anak-Nya berkaitan dengan problema
ini. Biarlah melalui kesaksian hidup mereka, iman kita semakin dikuatkan.

Redaksi Tamu KISAH,
Santi Titik Lestari
< http://kesaksian.sabda.org/ >

BERTEKAD UNTUK BERUBAH
Pada tahun 70-an, pekerjaan ayah saya (S) hanyalah seorang kondektur bus antar
kota di daerah kami. Karena keadaan ekonomi keluarga kami pada waktu itu sangat
memprihatinkan, saya terpaksa berhenti sekolah lalu membantu orangtua untuk
mencari nafkah dengan berjualan nasi dan kue. Pada bulan Februari 1971, saya
mulai menjual nomor toto PON yang diundi setiap malam.

Mula-mula, saya hanya mengedarkan ke tetangga-tetangga terdekat. Pada hari
berikutnya mulai berkembang hingga ke daerah-daerah lain. Ketika saya menjadi
agen, omsetnya sudah semakin meningkat dan penghasilannya pun semakin bertambah
besar. Tetapi kehidupan saya justru semakin jatuh dalam berbagai dosa.
Pada suatu hari, saya pernah terlambat menyetorkan kupon-kupon tersebut kepada
bandar. Akibatnya, saya harus menjadi bandar sendiri. Keesokan harinya saya
malah mendapat untung besar. Sejak peristiwa itu, saya mengambil keputusan
untuk menjadi bandar toto PON. Agar mendapat untung yang besar, saya selalu
berkonsultasi dengan paranormal ataupun dukun-dukun yang terkenal, dan mereka
membekali saya dengan ilmu hitam.

Sekitar tahun 1974, ketika saya membandari putaran nomor undian yang
dikeluarkan melalui siaran radio setiap malam pukul 24.00 WIB, ternyata banyak
di antara langganan yang memasang nomor undian tersebut mendapat nomor
pemenang. Sebagai bandar, saya harus membayar nomor-nomor yang menang itu.
Tetapi karena terlalu banyak di antara mereka yang mendapat nomor sebagai
pemenang, mengakibatkan saya tak mampu membayar mereka. Secara diam-diam saya
melarikan diri ke Jakarta. Setelah sempat bingung dan tidak tahu apa yang
dilakukan, saya sepakat dengan seorang teman untuk mengontrak sebuah rumah
petak yang terbuat dari bilik bambu yang berada di pinggir rel kereta api di
Jelambar, Daan Mogot.
Setelah dua bulan tinggal di bedeng tersebut, uang saya mulai habis. Untuk
memenuhi tuntutan perut yang tidak bisa di tunda lagi, akhirnya saya bekerja
sebagai kuli bangunan, dengan gaji Rp. 400 per hari.

Hidup di Jakarta dengan gaji seperti itu tidaklah cukup untuk memenuhi
kebutuhan saya setiap hari. Karena itu setelah bekerja, saya bergabung dengan
teman-teman di proyek dan para gelandangan ataupun preman-preman di Grogol
untuk menggarap pekerjaan sampingan.
Pada mulanya saya hanya berpura-pura meminjam korek api, lalu meminta rokok,
kemudian meminta jam tangan dan dompet, hingga semua miliknya. Kalau ia tidak
memberikan, kami tidak segan-segan menusukkan pisau yang sudah ditempelkan
diperutnya.
Pada bulan November 1974, adik saya datang menemui saya untuk mengajak kembali
ke kampung halaman.
Setibanya saya di Cepu, para pemasang nomor undian yang pernah menang taruhan
dan tidak saya bayar tersebut, ternyata tidak mempersoalkan hal itu lagi, maka
saya mulai bekerja kembali sesuai profesi yang dulu.

Di bulan Januari 1975, ketika saya berada di Surabaya, saya bertemu dengan
seorang gadis yang akhirnya menjadi istri saya. Ketika istri saya mengandung
anak kami yang pertama, istri saya selalu memperingatkan agar saya meninggalkan
pekerjaan kotor tersebut. Tetapi karena hidup saya masih dipenuhi oleh kuasa
gelap, maka nasihat apa pun dari istri saya tidak pernah saya hiraukan. Pada
suatu hari, ketika saya kembali ke rumah di pagi hari, saya tidak menemukan
istri saya di rumah. Setelah saya mencarinya, ternyata dia berada di rumah
orangtuanya. Saya kemudian mengajaknya pulang ke rumah kami di Padangan. Sejak
saat itulah saya kasihan melihatnya dan saya mulai berubah serta mulai pergi ke
gereja bersamanya.

Ketika anak pertama kami lahir di bulan Januari 1976, seorang saudara meminta
saya datang ke Jakarta untuk bekerja. Tidak berapa lama kemudian setelah saya,
istri, dan anak saya datang ke Jakarta, ternyata lowongan pekerjaan yang
dijanjikan itu sudah dimasuki oleh orang lain.
Selama dua tahun kami tinggal di rumah saudara tersebut, saya bekerja sebagai
buruh di pabrik keramik dan kami dikaruniai seorang anak lagi. Kebutuhan
sehari-hari kami semakin meningkat, tetapi perusahaan tidak menepati janji
untuk mengangkat saya menjadi pegawai tetap dan menerima gaji lebih baik. Agar
tidak merepotkan saudara tersebut, akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke
kampung.

Pada bulan Januari 1980, saya kembali ke Jakarta untuk bekerja di proyek Senen
lantai IV, toko funiture. Ketika teman-teman menghantar saya berangkat ke
Jakarta dan salah seorang teman memberikan secarik kertas yang di dalamnya
tertulis, "Tetapi carilah dahulu kerajaan Elohim dan
kebenaran-Nya maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."
Setelah tiga bulan bekerja, saya menjemput istri dan anak-anak saya datang ke
Jakarta untuk berkumpul bersama. Sejak saat itu saya "bertekad untuk berubah".
Melalui proses yang berat dan panjang, saya mulai meninggalkan dosa-dosa saya
di masa lalu, serta mulai setia beribadah kepada Tuhan. Tahun 1982, saya
dibaptis dan menerima Yesus sebagai Juru Selamat saya -- Ia tidak hanya
memulihkan rumah tangga saya tetapi juga memberikan pekerjaan baru dengan gaji
yang cukup.

Pada tahun 1989, saya mengundurkan diri dari perusahaan dan Tuhan membimbing
saya untuk memulai sebuah usaha. Walaupun tempat usaha itu masih mengontrak,
namun Tuhan telah memberkati saya dengan luar biasa.
Pertumbuhan iman saya berkembang dengan baik. Pada bulan Desember 1996, seorang
teman mengundang saya menghadiri Christmas Dinner yang diselenggarakan di
Hailai Restaurant, Jakarta. Melihat teman-teman pengusaha yang turut mengambil
bagian dalam acara tersebut, hati saya semakin dikuatkan untuk lebih setia
melayani Tuhan. Ketika krisis ekonomi melanda Indonesia, hal itu membawa dampak
negatif bagi usaha saya. Sejak bulan Agustus 1997, tagihan-tagihan saya mulai
macet sehingga kegiatan usaha mulai menurun. Tetapi kejadian itu tidaklah
membuat saya menjadi lemah, malahan membuat saya semakin giat membantu melayani
Tuhan.

Pada bulan Agustus 1998, ketika sedang mempersiapkan sebuah acara outreach
dinner di Kelapa Gading, salah seorang pelanggan kami yang pernah membayar
tagihannya dengan cek kosong, meminta saya untuk datang ke kantornya.
Ternyata hari itu cek kosong tersebut sudah dapat dicairkan. Begitu juga dengan
tagihan-tagihan yang lain. Dalam waktu empat bulan, hampir semua pelanggan kami
membayar tagihannya tepat waktu, sehingga saya bisa melunasi hutang-hutang saya
di Bank dengan tepat waktu juga.

Diambil dan disunting seperlunya:
Judul majalah: SUARA, Edisi 69, Tahun 2003
Penulis: KM
Penerbit: Communication Department Full Gospel Business Men's Fellowship
International - Indonesia
Halaman: 18 -- 21

POKOK DOA
1. Mengucap syukur untuk saudara seiman yang mengalami pemulihan dalam hal
ekonomi. Doakan agar kebaikan Tuhan yang telah dianugerahkan kepadanya dapat
menjadi berkat untuk orang-orang di sekitarnya.

2. Doakan saudara seiman kita yang saat ini masih berjuang dan mengalami
pergumulan dalam hidupnya. Kiranya segala pergumulannya segera mendapat jawaban
dari Tuhan.

3. Doakan setiap orang percaya, agar selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap
langkah hidup mereka. Sehingga keputusan yang mereka ambil sesuai dengan
kehendak-Nya.

Diberkatilah kamu oleh TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. (Mazmur 115:15)
< http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+115:15 >
Maz 115:15/ Psa 115:15
(ASV) Blessed are ye of Jehovah, Who made heaven and earth.
(KJV) Ye are blessed of the LORD which made heaven and earth.
(KSILT) Diberkatilah kamu oleh YAHWEH yang menjadikan langit dan bumi.
(LITV) You are blessed to Jehovah, He who makes heavens and earth.
(MKJV) You are blessed of Jehovah who made the heavens and the earth.
(YLT) Blessed are ye of Jehovah, maker of heaven and earth,

From: "Kisah" <ki...@sabda.org>

KISAH -- Self-Man Businessman
Edisi 209, 26 Januari 2011

Shalom,

Terkadang sadar atau tanpa disadari beberapa orang merasa bahwa hidupnya tidak
memerlukan Tuhan. Merasa hidupnya sudah sukses, sudah kecukupan, apa yang
menjadi keinginannya sudah digapai, dan apa yang dimiliki dunia sudah ia
miliki. Kondisi semacam ini dapat menimbulkan
kebanggaan pada diri sendiri dan melupakan Tuhan. Tidak jarang Tuhan menegur
kita dengan cara-Nya yang sederhana. Tujuan-Nya adalah agar kita kembali ke
jalan-Nya, memalingkan hati kita kepada Tuhan, dan mengandalkan-Nya. Dunia
memang menawarkan hal yang mewah, sebaliknya
Tuhan Yesus menawarkan kasih, pengampunan, dan keselamatan yang tak dapat
digantikan dengan apa pun.

Redaksi Tamu KISAH,
Santi Titik Lestari
< http://kesaksian.sabda.org/ >

SELF-MAN BUSINESSMAN

Apakah yang sedang saya lakukan di sini? Apakah ini? Saya suka dengan apa yang
saya lihat, tetapi saya tidak tahu apakah itu. Saya heran mengenai apa yang
sedang saya lakukan di Anaheim Convention Center pada World Convention ke-25
dari Full Gospel Businessmen. Siapakah sebenarnya mereka? Saya baru saja
melihat suatu iklan dalam surat kabar dan di sinilah saya berada. Secara umum,
saya bukanlah orang yang terlalu jahat. Saya adalah seorang pebisnis atas usaha
yang saya miliki sendiri (swa-jadi). Saya tidak memerlukan Yesus. Saya memiliki
segalanya. Di mata dunia, saya adalah orang yang sangat sukses. Tanpa saya
sadari, saya sesungguhnya sedang menuju ke neraka.

Istri saya, Lois, dan saya tetap tinggal di situ sampai kira-kira pukul 23.00.
Dalam perjalanan pulang, Lois mengatakan, "Besok pukul 07.00 kita pergi ke situ
untuk persekutuan doa dan kemudian makan pagi pukul 08.00." Kami seharusnya
berada di acara liburan.
Akhirnya, saya mengalah. "Baiklah, saya akan melakukan apa yang kamu inginkan,
tetapi saya ingin mengatakan kepadamu satu hal, kita akan pergi ke pertemuan
tersebut, tetapi kita harus mendapatkan sebuah kamar di dekatnya".
Saya tahu bahwa semua kamar hotel Anaheim telah habis pada bulan sebelumnya.
Kami pergi ke pertemuan itu. Setelah makan pagi, saya berkata, "Lois, sesuai
dengan apa yang telah saya sampaikan kepadamu, "Jika tidak mendapatkan sebuah
kamar hotel di dekat sini, saya tidak akan kembali ke sini besok. Saya cinta
kepadamu, tetapi saya tidak akan melakukan itu".

Ia mengatakan, "Baiklah. Marilah kira pergi untuk mendapatkan sebuah kamar. Apa
yang kamu sarankan?" Ia menunjuk ke sebuah Inn di Park Hotel. Kemudian kami
pergi ke sana, namun tidak mendapatkan kamar kosong di penginapan tersebut.
Seorang pegawai front desk menyarankan
kami untuk mencoba di Quality Inn. Saya menelepon. Mereka bertanya, "Anda
memilih kamar queen atau kamar king? Saya akan menahannya untuk Anda selama 15
menit, karena kamar-kamar kami telah terjual habis selama lebih dari 6 bulan".
Kemudian Lois mengeluarkan jadwalnya dan berkata, "Apakah yang akan kamu
lakukan?"
Saya menunjuk kepada sesuatu yang mengatakan "Baptisan Roh Kudus.
Saya bertanya, "Apakah sebenarnya itu?"
Lois mengatakan, "Mengapa kita tidak pergi untuk mendapatkan informasi".
Saya menyarankan agar kami duduk dekat pintu.
Kami tidak ingin mengganggu siapa pun. Jika kami tidak suka dengan apa yang
kami dengar, kami akan keluar dan pergi untuk melihat hal yang lain.

Ketika saya bertobat pada 5 Juli 1978, saya tidak terluka atau sakit.
Saya tidak memakai obat-obatan, tidak membunuh siapa pun. Saya tidak pernah
masuk penjara. Saya tahu bahwa saya tidak memerlukan Tuhan.
Saya tidak ingin menjadi terlalu gerejawi. Saya sedang menonton acara televisi,
Bob Schuller di Crystal Cathedral, karena orang itu berbicara dengan gaya
bahasa saya. Saya dapat memahami pemikiran yang positif. Saya dapat mengerti
kemauan untuk berhasil. Saya sudah "ditarik" oleh Roh Kudus selama kira-kira 2
tahun sebelum konvensi itu. Saya pergi ke sana sebagai suatu penyelidikan
dengan pikiran yang mencari-cari, sebagai seorang pebisnis yang swa-jadi. Saya
pergi ke sana untuk menemukan sesuatu dan mendapatkan informasi.

Saya keluar dengan paket yang utuh -- saya mendapatkan sukacita yang luar
biasa. Saya pergi ke pertemuan makan siang khusus untuk kaum pria pada hari
berikutnya, karena saya ingin bertemu dengan Demos Shakarian -- orang yang
telah menyadarkan saya. Sebelumnya saya berpikir bahwa orang-orang Kristen
adalah pecundang. Hal ini disebabkan karena saya dibesarkan dengan beberapa
pecundang di LA Timur di "Lubang" dekat Brooklyn dan jalan-jalan Eastern.
Lingkungan yang sangat miskin, bahkan kami tidak memiliki kamar mandi sendiri
di dalam rumah. Tetapi, ketika saya mengikuti pertemuan tersebut, yang saya
jumpai orang-orang yang luar biasa -- orang-orang yang lebih dari pemenang.
Saya tidak suka berhubungan dengan pecundang.

Kedua orang tua saya telah memutuskan untuk pergi dari Meksiko ke Arizona, ke
Kalifornia. Saya tidak pernah terlibat dalam suatu gang.
Saya tidak pernah mengisap marijuana. Ibu saya adalah seorang Katolik yang
baik, suka berdoa dan mengetahui Alkitab. Ia adalah seorang yang berdisiplin.
Saya tahu bahwa dalam bisnis, kadang kita harus menjadi kasar dan keras karena
itulah satu-satunya cara. Saya dibesarkan
dalam bisnis penjualan mobil, yang kemudian memiliki usaha agen mobil sendiri.
Saya mengerjakan sendiri setiap langkah tangga kesuksesan.
Akhirnya, saya memiliki 3 agen mobil di Kalifornia Selatan. Saya memunyai
bisnis kendaraan untuk rekreasi. Saya pulang dari konvensi itu sebagai seorang
yang telah berubah, penuh dengan Roh Kudus.
Salesman saya melihat bahwa ada suatu perubahan yang sangat dramatis yang
mereka tidak dapat mengerti. Hal pertama yang terjadi, Tuhan membersihkan mulut
saya. Saya berkeinginan melakukan hal-hal yang baik. Jika saya melakukan
sesuatu yang tidak sesuai dengan kesukaan
seseorang, maka saya merasa tidak enak. Itu adalah perubahan terbesar, untuk
mengetahui bahwa saya berbuat salah, dan kemudian cukup prihatin untuk
mengambil tindakan perbaikan.

Hal paling sukar yang saya harus lakukan setelah saya dilahirkan kembali adalah
membeli peragenan yang dimiliki oleh Chrysler. Dalam berita-berita utama,
dikatakan bahwa mereka mengalami kebangkrutan.
Itu adalah suatu langkah iman. Pada waktu itu, kami mengambil semua tabungan
kami dan membayar tunai. Tuhan masih memberkati, akhirnya kami jual peragenan
dan agen-agen mobil itu. Kami telah memunyai begitu banyak kesempatan
berkhotbah dan mengajar di seluruh dunia.
Tuhan telah menaruh saya dalam pelayanan untuk melayani kaum tingkat atas.
Mereka adalah orang-orang yang keras dalam melakukan bisnis, orang-orang yang
telah memiliki segalanya menurut dunia. Orang-orang ini berpengaruh di bidang
bisnis dan di bidang-bidang di mana mereka
dapat memengaruhi ribuan orang.

Diambil dari:
Judul buletin: SUARA, Edisi 76, Tahun 2004 (Disadur dari Full Gospel
Business Men's VOICE Vol. 50/No.3)
Penulis: Rey Soto
Penerjemah: Manimbul L. Sitorus
Penerbit: Yayasan Persekutuan Usahawan Injili Sepenuhnya
Internasional (PUISI), Jakarta
Halaman: 24 -- 27

POKOK DOA
1. Mengucap syukur kepada Tuhan atas keselamatan yang diterima oleh Rey Soto.
Doakan agar Rey Soto dan istrinya lebih lagi dipakai Tuhan secara luar biasa
untuk melayani-Nya.

2. Doakan konvensi-konvensi dunia, agar tetap setia dalam melakukan bagiannya
sebagai sarana karya penyelamatan Elohim.

3. Doakan orang-orang yang belum percaya kepada Tuhan Yesus. Kiranya mereka mau
untuk membuka hati dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat mereka.

Sion akan Kubebaskan dengan penghakiman yang adil dan orang-orangnya yang
bertobat akan Kubebaskan dengan tindakan yang benar. (Yesaya 1:27)
<http://alkitab.sabda.org/?Yesaya+1:27>
KS-ILT
Yes 1:27 Sion dengan adil akan ditebus, dan orang-orangnya kembali dengan
kebenaran.

KJV
Isa 1:27 Zion shall be redeemed with judgment, and her converts with
righteousness.

Kontak: < kisah(at)sabda.org >
Redaksi: Novita Yuniarti
(c) 2011 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/kisah >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-kisah(at)hub.xc.org >
Berhenti< unsubscribe-i-kan-kisah(at)hub.xc.org >

Kirim email ke