On 8/24/05, Muhammad Ibnu Setiawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamu'alaikum
> 
> salam kenal
> 
> saya IBNU, mahasiswa salah satu PT di jogja,jurusan matematika.langsung aja, 
> saya masih belajar untuk migrasi ke linux, jadi di komputer saya ada 2 sistem 
> operasi, Windows (bajakan) & Linux. cuma pengen tau aja, gimana sih linux itu.
> trus saya baca majalah info linux yang udah lama punya temen, pas itu saya 
> baca ada KPLI di jogja, saya catet aja alamat situsnya, mungkin suatu saat 
> butuh kalo ada masalah ttg linux. alhamdulillah sekarang beneran butuh :)
> 
> distro pertama yang saya pake Mandrake 10 Community, pinjem di rental.Kata 
> temen saya sih yang paling mudah instalasinya Mandrake, trus saya dipinjemin 
> sama temen saya majalah Linux Langsung Bisa ttg instalasi mandrake 9.1, yang 
> kata temen saya nggak beda jauh sama instalasi Mandrake 10. setelah 
> diinstall, alhamdulillah bisa dengan bantuan temen saya itu. tapi langsung 
> ada masalah pas waktu pengen nonton VCD (pake Totem),kebetulan saya nyimpen 
> file DAT sebuah film. pas disetel, nggak bisa :( , jujur aja langsung bete 
> waktu itu.
> akhirnya karena bingung,saya & temen nyoba nginstall video player yang lain 
> (klo nggak lupa, Xine).hasilnya sama aja..
> 
> saya nanya sm temen saya, dia bilang dia nggak tau gimana lagi.mungkin temen 
> saya itu juga br tau soal linux, tp dia lebih dulu tau beberapa bulan 
> ketimbang saya.
> akhirnya mandrake-nya nggak saya apa-apain lagi, mending pake windows..
> 
> setelah 1 bln,nggak tau kenapa, pengen nyoba linux lagi. mungkin aja setelah 
> liat2 buku komputer di Toga Mas. akhirnya nyoba Fedora Core 3 (hbs liat buku 
> tip & trik Fedora Core 3). langsung minjem CD di rental, trus nyoba nginstall 
> sendiri setelah diajarin temen saya yg lain.alhamdulillah bisa..tp kok?? 
> langsung kaget aja pas nggak ada suara yang keluar sama sekali.padahal 
> sebelumnya,Mandrake 10 keluar.akhirnya bete maning-bete maning...dah gitu, 
> drive-drive Windows nggak ada.
> 
> lalu nanya sama temen yg ngajarin nginstall fedora, gimana solusinya.kt temen 
> saya,klo soal suara yang nggak keluar,dia nggak tau gimana.klo soal 
> drive-drive Windows, katanya sih hrs di-mount, tp  tetep aja saya nggak 
> ngerti..akhirnya sama kayak mandrake, fedora-nya saya cuekin..
> 
> minggu lalu, saya ke rental mo minjem VCD, iseng aja saya sekalian nanya 
> Linux yg baru apa? ternyata ada Suse Linux 9.3
> saya bingung, mo nyoba linux lagi apa nggak.lalu saya mutusin nyoba lagi, 
> pake Suse 9.3.
> berbekal pengalaman nginstall 2 distro sebelumnya, saya nyoba nginstall 
> sendiri. alhamdulillah bisa..
> suara keluar.. lalu cek drive Windows, ada..cek nyetel musik??nggak bisa 
> muter mp3. tp saya pernah denger mp3 dipatenkan (klo nggak salah denger), 
> jadi nggak bisa diputer sembarangan (klo nggak salah denger juga, 
> he..he..he..).trus skali lagi klo nggak salah denger, format ogg bisa 
> diputer, nggak ada masalah sama paten.akhirnya saya kluar dari suse ke 
> windows buat convert file-file mp3 saya jadi ogg.
> sesudah selesai convert,balik lg ke suse. cek nyetel musik,pake 
> ogg,alhamdulillah bisa :)
> 
> terakhir, cek nyetel VCD (pake Kaffein), pake file DAT yg saya simpen di 
> Windows,alhamdulillah bisa..tp herannya kok suaranya nggak keluar, cuma 
> gambarnya aja.tp ya udah lah,disyukurin dulu,masih mendingan ketimbang 2 
> distro sebelumnya.
> 
> sekarang saya dah coba migrasi ke Linux (pake Suse 9.3) dikit-dikit, dah 
> nyoba Juk buat denger musik, nyoba OpenOffice Writer buat ngetik tugas, nyoba 
> OpenOffice Draw buat bikin logo, nyoba Gimp buat ngedit gambar, sama 
> game-game-nya..
> 
> tp tetep aja ada ganjelan klo belum bisa nonton VCD.akhirnya saya mutusin 
> buat gabung di milist KPLI jogja..sapa tau ada yg bs bantu 
> (smoga........amin....!!)
> 
> jadi saya mohon bantuannya, untuk siapa aja.gmn sih supaya pas nonton VCD, 
> bisa kluar gambar plus suaranya
> 
> smoga Allah membalas dengan yang lebih baik, Amin...
> 

soal mp3. anda perlu mendownload plugin tambahan, khususnya untuk
distro fedora 3.
soal nonton vcd, seharusnya sih..., anda udah bisa nonton. coba check
di preferencenya mplayer ato xine. ganti drivenya menjadi /dev/hdd -->
sesuaikan dengan drive anda.

regards,

agung


-- 
i'm being everyone to recognize my existence

                                          --- Naruto


------------------------ Yahoo! Groups Sponsor --------------------~--> 
<font face=arial size=-1><a 
href="http://us.ard.yahoo.com/SIG=12hh03c2a/M=362131.6882499.7825260.1510227/D=groups/S=1705006580:TM/Y=YAHOO/EXP=1124880323/A=2889191/R=0/SIG=10r90krvo/*http://www.thebeehive.org
">Get Bzzzy! (real tools to help you find a job) Welcome to the Sweet Life 
- brought to you by One Economy</a>.</font>
--------------------------------------------------------------------~-> 

"This is my way being a linuxer..."
http://jogja.linux.or.id
http://jogja.linux.or.id/wiki/

Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:
[EMAIL PROTECTED]
 
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/jogja-linux/

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    [EMAIL PROTECTED]

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/
 


Kirim email ke