Joshua Jackson wrote:

>Mauladi wrote:
>  
>
>>Terima kasih cukup memberi gambaran, tapi maksud saya bukan hanya digunakan 
>>untuk web server. Yang ini digunakan untuk mail server dan sekalian buat 
>>database oracle, kira-kira gitulah, ditambah lagi layanan umum seperti samba, 
>>squid, dns, dlll Kayaknya bakalan berat banget nih. Thanks ya..
>>    
>>
>
>Ada pake Oracle ya? IMO kalau mau pake Oracle bagusnya pake RHEL. 
>Bukannya promosi tapi memang RHEL sudah didesign spy dapat menjalankan 
>Oracle dengan optimal. RH sendiri memang kerjasama dengan Oracle dalam 
>hal ini. Coba donlot source RHEL dan build sendiri, atau kalau males 
>bisa pake Centos.
>
>  
>
Untuk samba, dns, mail server, webserver, terutama squid  .. gw milih 
pakenya BSD.. karena  gw tahunya itu doank :p 'kiddin
Untuk oracle, saya recommended pake Linux aja. Untuk distronya 
terserah..  mo pake RH, RHEL, FC, Mandriva, Debian dll , yang penting 
mengerti tuning kernel, atau penggunaan resource system.Oracle sangat 
butuh banyak resource (memory) terutama saat installasi dan membuat 
(create) database. Setelah databasesnya sudah dibuat dan produksi, 
resource yang digunakan jauh berkurang. Kecuali penggunaan database 
(aplikasinya) tersebut sangat hyper aktif.
Saya pake Oracle9i di Mandriva 2005  (PC  PIV 2.4 Ghz/Mem 1Ghz )

Untuk services yang digabung pada satu mesin, itu memang bisa menghemat. 
Tapi klo menurut saya tidak akan optimal, misalnya squid dengan samba 
server/mail server. Squid butuh spindle HD yang hyper aktif untuk 
melakukan penulisan dan pembacaan dari keping HD. Klo aktifitas tersebut 
diganggu oleh penggunaan samba yang umumnya juga banyak membaca dan 
menulis HD, maka akan sangat tidak maximal kemampuannya. Belum lagi di 
gabung dengan mail server (ada anti spam dan antivirus dll).  Jadi harap 
di perhatikan kebutuhan services tersebut, jgn sembarangan 
menggabungnya.. bisa bisa servicesnya tidak berarti atau berfungsi 
sebagaimana mestinya (seperti squid itu tadi). Untuk squid ada catatan 
penting yakni agar cache klo bisa memiliki HD sendiri (terpisah dengan 
file system lainnya). Akan lebih baik klo terdiri dari beberapa buah HDD 
(sehingga memiliki spindle HD yang lebih banyak). Ini untuk mencegah 
bottleneck pada saat caching di HDD.

just my 2 cents
josh


------------------------ Yahoo! Groups Sponsor --------------------~--> 
Most low income households are not online. Help bridge the digital divide today!
http://us.click.yahoo.com/cd_AJB/QnQLAA/TtwFAA/0XFolB/TM
--------------------------------------------------------------------~-> 

"This is my way being a linuxer..."
http://jogja.linux.or.id
http://jogja.linux.or.id/wiki/

Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:
[EMAIL PROTECTED]
 
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/jogja-linux/

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    [EMAIL PROTECTED]

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/
 


Kirim email ke