1. Kalau hitung mundur jangan pakai PHP, tapi JavaScript saja. JavaScript juga bisa membuat auto submit. 2. Kalau dibuat menjadi beberapa halaman, Anda bisa menggunakan session, dan lebih aman kalau jawaban di setiap halaman langsung disimpan di database.
Saya pernah bikin program ujian di suatu universitas (pake PHP dan MySQL) dengan fitur2 sebagai berikut: 1. Satu halaman hanya berisi satu soal. 2. Setiap soal harus dijawab dalam waktu n detik, dan nilai n bisa diubah2 oleh dosen. Jika dalam n detik mahasiswa tidak menjawab, otomatis akan submit ke halaman soal selanjutnya. Ini menggunakan JavaScript. 3. Mahasiswa tidak bisa back ke soal sebelumnya. Bila nekat back, langsung selesai dan diberi nilai 0. Refresh juga dilarang. 4. Alasan dari point no 3 adalah, soal ujian muncul secara random. Misalnya total ada 100 soal, mahasiswa hanya mengerjakan 30. Jadi tidak semua mahasiswa mendapatkan soal yang sama (untuk menghindari nyontek). Di sini dosen harus pandai2 membuat tingkat kesulitan soal yang merata. 5. Setiap satu soal langsung disimpan dalam database, walaupun perhitungan nilai dilakukan di akhir ujian. Ini berguna apabila misalnya listrik mati (walau sudah pake UPS, tetap perlu jaga2 bukan?), jawaban mahasiswa masih bisa dilacak. Regards, Ir. Yahya Kurniawan ========================== Linux Consultant Computer Book Author Programmer & Web Developer ========================== dear suhu's, aku lagi bikin tes psikologi pake php, tesnya udah hampir jadi. ga jadinya itu karena dua hal berikut ; 1. belum bisa membuat perhitungan waktu mundur. Misalnya, suatu tes yang terdiri dari 50 soal hanya dikerjakan dalam waktu 30 menit. bila waktu (30 menit) telah habis, maka layar tes tutup atau kesempatan mengisi jawaban, stop. Kenyataannya (maksudnya aku belum mampu), membuat submit otomatis. Jadi walaupun waktu sudah habis, tapi yang sudah sempat dijawab oleh peserta tes, tidak hilang. Ya.... disimpan lah seadanya gitu. Kasihan kan peserta tesnya, kalo yang terlanjur diisi (dijawab) hilang karena kebentur program timer !!!! 2. karena materi tes banyak, maka tes dibagi ke dalam beberapa halaman. Persoalan muncul ketika bergerak ke halaman 2, maka nilai yang sebelumnya ada dihalaman 1 menjadi hilang (tidak ikut terbawa ke halaman 2). Padahal penilaian, baru akan dilakukan di halaman terakhir. sekian keluhan saya, mohon bantuan, selamat malam, selamat menjelang sahur, sekali lagi mohon bantuan ......... yang bantu akan kutraktir sahur besok ......... terimakasih ------------------------ Yahoo! Groups Sponsor --------------------~--> Get Bzzzy! (real tools to help you find a job). Welcome to the Sweet Life. http://us.click.yahoo.com/A77XvD/vlQLAA/TtwFAA/0XFolB/TM --------------------------------------------------------------------~-> "This is my way being a linuxer..." http://jogja.linux.or.id http://jogja.linux.or.id/wiki/ Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke: [EMAIL PROTECTED] Yahoo! Groups Links <*> To visit your group on the web, go to: http://groups.yahoo.com/group/jogja-linux/ <*> To unsubscribe from this group, send an email to: [EMAIL PROTECTED] <*> Your use of Yahoo! Groups is subject to: http://docs.yahoo.com/info/terms/
