Pada tanggal 14/03/07, Eko Suprapto Wibowo <[EMAIL PROTECTED]> menulis: > Pertanyaan yg menarik Dik Muchtar, > sepertinya, kinerja Linux (apapaun distronya), yang paling berpengaruh > adalah Window Manager/ Desktop Manager yg dipakai. > Contoh KDE/Gnome berbeda dunk kecepatannya kalau yg dipakai LFWM/PEKWM. > ^_^ (tidak bermaksud u. memulai flame war lho ini) > > Juga perhatikan bagaimana KDE/GNOME menjalankan service2 latar belakang > yg membutuhkan konsumsi resource. >
<flaming> hoo.. kalau asal ngejar cepet sih.. pakai saja command line interface!! matikan saja XServernya.. terus matikan juga server-server yang nggak dipakai.. dijamin SWAP-nya bakal nganggur.. bahkan ram penuh pun jarang.. :D (asumsi RAM-nya 512 MB lho yah... :D) </flaming> Pada umumnya, kalau anda menggunakan Linux dan terasa lambat, itu dikarenakan RAM-nya yang penuh, dan SWAP yang hampir kepenuhan. Jadi secara ujukkerja CPU sendiri, aku rasa di Linux manajemen-nya sudah cukup baik. Solusi agar terasa lebih cepat, sama seperti yang tadi diusulkan saudara Eko. Gunakan Desktop/Window Manager yang lebih ringan, dan kurangi aplikasi-aplikasi yang saat itu sedang berjalan. -- --- http://fathirhamdi.wordpress.com
