Pada tanggal 14/03/07, Eko Suprapto Wibowo <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
> Pertanyaan yg menarik Dik Muchtar,
> sepertinya, kinerja Linux (apapaun distronya), yang paling berpengaruh
> adalah Window Manager/ Desktop Manager yg dipakai.
> Contoh KDE/Gnome berbeda dunk kecepatannya kalau yg dipakai LFWM/PEKWM.
> ^_^ (tidak bermaksud u. memulai flame war lho ini)
>
> Juga perhatikan bagaimana KDE/GNOME menjalankan service2 latar belakang
> yg membutuhkan konsumsi resource.
>

<flaming>
hoo.. kalau asal ngejar cepet sih.. pakai saja command line interface!!
matikan saja XServernya.. terus matikan juga server-server yang nggak
dipakai.. dijamin SWAP-nya bakal nganggur..  bahkan ram penuh pun
jarang.. :D (asumsi RAM-nya 512 MB lho yah... :D)
</flaming>

Pada umumnya, kalau anda menggunakan Linux dan terasa lambat, itu
dikarenakan RAM-nya yang penuh, dan SWAP yang hampir kepenuhan. Jadi
secara ujukkerja CPU sendiri, aku rasa di Linux manajemen-nya sudah
cukup baik.

Solusi agar terasa lebih cepat, sama seperti yang tadi diusulkan
saudara Eko. Gunakan Desktop/Window Manager yang lebih ringan, dan
kurangi aplikasi-aplikasi yang saat itu sedang berjalan.

-- 
---
http://fathirhamdi.wordpress.com

Kirim email ke