salam jumpa rekan2 linux

saya mautanya dan bantuan/penerangan, lapto saya skrg sdh terinstal Ubuntu 10
dan win Xp yg akan segera saya hapus dari lapto saya, akan tetapi masih ada
yang mengganjal yaitu :

1. wifi saya sudah terditeksi oleh ubuntu 10, pada saat saya coba di hostpot
gratisan, wifi dapat mendeteksi jaringan hostpot tersebut, kendalanya pada saat
saya klik connect untuk terhubung dengan jaringan, beberapa saat kemudian
keluar info "Disconnected", kalau pakai window tidak ada masalah, apa ada
setting tambahan yang harus saya set di ubuntu 10?

2. saya berencana menambah satu distro lagi di lapto, apakah saya harus membuat
partisi swam baru atau pakai partisi swam yang ada pada saat instalasi?

3. apa perlu saya mengistal seperti firewall, spam atau anti virus dilapto
saya? apa tanpa itu semua lapto saya aman pada saat berselancar di dunia maya?

Mohon maklum kalau pertanyaan ini kata Gus Dur seperti pertanyaan anak
TK....!!!! wong... lagek Newbie Mas....!!!!!!!!!! ngeh mboten...?

Terimakasih looh sebelumnya......!!!!! ditunggu pencerahannya,