Pada 31 Oktober 2009 11:24, Akind <akin...@yahoo.com> menulis:

> Kepada Yth para linuxer, Gimana caranya menggabungkan 2 hardisk dengan
> teknologi LVM, tetapi sistem sudah terinstall. Kasusnya begini saya memiliki
> server dengan 1 hdd, yang saya partisi menjadi 3. yaitu : 1.Swap = 2Gb, 2. /
> = 30 Gb dan 3. /home = 250 GB. Tetapi seiring dengan perkembangan data, maka
> untuk partisi home sudah hampir penuh. maksud saya, saya ingin menambahkan 1
> hardisk lagi yang ingin saya gabungkan dengan partisi /home. dengan tujuan
> agar mampu menampung adta yang lebih besar tanpa reinstall sistem.

ini sesudah instalasi dan partisi / tidak di ubah ke lvm kan?

bisa, sangat bisa. namun hdd yang sudah terpasang sebaiknya jangan di
buat lvm juga, jaga2 untuk backup dulu. nanti ketika sudah di buatkan
lvm dengan hdd lain bisa di buatin PV nya di partisi lama

ada tutorial bagus:
http://tldp.org/HOWTO/LVM-HOWTO/
http://foss.unej.ac.id/2009/10/20/menggabungkan-hard-disk-menggunakan-lvm.html
http://www.howtoforge.com/linux_lvm