________________________________
From: white_negative <white_negat...@yahoo.com>
To: jogja-linux@yahoogroups.com
Sent: Thu, November 5, 2009 8:27:09 PM
Subject: [jogja-linux] Membuat Program Java

Dear all, mohon bantuannya ya!

Gw newbie banget di Linux, en sekarang lagi belajar pemrograman Java. Gw pake
Linux OpenSuse 10.2, en K.D.E 3.5 (entah bener ap enggak nulisnya?). Well gw
pengen tau, software apa aja yg musti gw install, en dapetinnya dimana(klo
bisa, kasih Link-nya sekalian ya), bwt bisa bikin script Java, trus cara
compile-nya gimana. Dulu gw pernah coba bikin script Java di XP, tp cara
compile-nya rada ribet. Nah, klo di Linux gimana?
pakai OpenSuse biasanya java/jdk sudah default terinstal sesuai versi bawaan
distro (kalo pingin pakai java terbaru harus download n install sendiri), tapi
kalo hanya untuk belajar pakai bawaan yg sudah terinstall lebih mudah.
kalo compile pakai perintah console sama aja dengan ketika di XP. tapi kalo
pakai IDE (eclipse atau netbeans) bisa lebih mudah, tapi itu juga tergantung
kebiasaan menggunakan IDE-nya kalo familier eclipse ya lebih mudah eclipse,
kalo familier netbeans ya lebih mudah neatbeans...
Trus, gw lumayan familiar banget ama VB 6, en sekarang lg mencoba migrasi ke VB
9. Klo di Linux, gw masih bisa bikin program pake VB gak?Klo y, tolong kasih
tau caranya gimana ya!.
kalo dilinux yang mirip VB ada... salah satunya GAMBAS,  tapi kalo aplikasi VB
dimigrasi ke GAMBAS gak tau...hehehehe...cuma GUInya VB n GAMBAS ada
kemiripan....

Gw coba googling bwt nyari jawaban semua pertanyaan gw,tp gw tambah pusing.
Ditambah lagi, kerjaan gw numpuk banget. Jd hampir gak ada waktu bwt baca-baca.

kalo pingin instan emang agak susah.... tapi pengalamanku kenapa aku sekarang
pakai linux karena linux selalu menantang... jadi dengan bertanya n mencari di
google n membaca justru lebih bersemangat. ada kepuasan tersendiri ketika
masalah dilinux bisa teratasi.
aku juga mengucapkan terimakasih kepada temen2 di milis, di google yg telah
membantu memecahkan masalah. meski di milis ini aku tergolong pasif. tapi dari
tulisan yg ada itu sangat membantu.

Oke deh, bwt semuanya, thankx and mohon bantuannya ya!
ok jg mudah-mudahan bisa bermanfaat.