Klik link berikut ini. *Langsung* klik *SEND*
dan *langsung* dapatkan *RATUSAN*
*TIPS DAN TRIK PUBLIC SPEAKING <[EMAIL PROTECTED]>*
hanya dalam * 3 MENIT DARI SEKARANG*
saat Anda bergabung di Milis Bicara.
Tanpa biaya.

*Note: Email ini dikirim tanpa attachment.
Jika ada attachment, jangan dibuka. *

Milis Bicara - 1680 Members

*Tips #123: The Seven Questions of Highly Effective People*

Berdasarkan materi dari: Smart Questions Coaching, Kanada.

Efektifitas dan kesuksesan hidup Anda, sangat ditentukan oleh tujuh kelompok
pertanyaan di bawah ini. Lebih tepatnya, jawaban dari tujuh kelompok
pertanyaan. Jawaban dari setiap pertanyaan, akan menjadi bagian dari
keseluruhan jawaban yang Anda perlukan, untuk mencapai apapun tujuan dan
harapan kesuksesan Anda. Biasakanlah secara rutin menanyakan kepada diri
sendiri semua pertanyaan ini, maka Anda akan mendapatkan jawaban untuk
kesuksesan hidup Anda.

Mengajukan pertanyaan ini -- dan tentu saja menjawabnya, bisa Anda lakukan
setiap bulan, setiap minggu, setiap hari, atau bahkan setiap jam. Jawaban
yang Anda peroleh, akan menentukan langkah Anda di jam berikutnya, hari
berikutnya, minggu berikutnya, atau bulan berikutnya.

Semua jawaban akan menggeser kehidupan Anda ke arah yang lebih baik. Dan
tentu saja, membuat Anda makin mendekati tujuan dan kesuksesan Anda. Akan
lebih baik jika Anda membuat semacam jurnal atau diari, sehingga Anda bisa
mengikuti perubahan yang terjadi di dalam hidup Anda, sejalan dengan makin
akuratnya jawaban-jawaban Anda.

Jawaban Anda, akan membuat Anda tetap berada di jalur untuk mencapai sasaran
dan target Anda, dan sekaligus membuat Anda:

- Lebih fokus, makin fokus;
- Lebih jelas, makin jelas;
- Lebih kreatif, makin kreatif;
- Lebih bermanfaat, makin bermanfaat;
- Lebih aware, makin aware; dan
- Lebih seimbang, makin seimbang.

Tips:

- Jujurlah secara total pada diri Anda sendiri;
- Buatlah daftar tindakan berdasarkan jawaban Anda.

*1. POLA, PROSES, PENUNDAAN, KEBIASAAN*

Pertanyaan-pertanyaan ini adalah tentang pola hidup, proses kerja, kebiasaan
menunda, dan kebiasaan aktivitas Anda:

Di manakah hidup Saya bisa lebih efektif? Di dalam:

- Kerja
- Profesi
- Bisnis
- Rumah tangga
- Lingkungan sosial?

Apa saja 5 hal yang selama ini terus Saya tunda-tunda?
Apa saja yang menjadi pembuang dan penghambur waktu Saya?
Apa saja pembenaran Saya, yang membuat Saya mandek?
Apa yang bisa Saya tindak lanjuti, jika Saya telah membaca "Seven Habits"?

*2. MASALAH, MASA LALU, RASA SAKIT*

Pertanyaan-pertanyaan ini adalah tentang berbagai masalah yang Anda hadapi,
tentang hantu masa lalu Anda, dan tentang rasa sakit yang tak kunjung reda:

Di manakah titik lemah Saya:

- Pikiran
- Perasaan
- Perbuatan
- Pengetahuan
- Keahlian?

Dalam hal apakah Saya meredam, memendam, menahan, atau undur diri?
Apa yang Saya takutkan?
Apa yang membuat Saya tertekan dan stress?
Untuk persoalan yang manakah Saya harus mencari solusi?

*3. PERSEPSI DAN PERSPEKTIF TENTANG DIRI DAN ORANG LAIN*

Pertanyaan ini berkaitan dengan cara memandang diri Anda sendiri dan orang
lain:

Apa "agenda" Tuhan untuk Saya?
Apakah yang menjadi kebutuhan atau keinginan bos, pasangan, dan keluarga
Saya?
Siapa saja kontak atau teman, yang Saya perlu meningkatkan silaturahim
dengannya?
Apa saja pikiran negatif dan sempit, yang sering melintas di kepala Saya?
Apa saja pilihan-pilihan kunci, yang Saya siap memutuskannya?

*4. KESEJAHTERAAN*

Bagaimanakah Saya bisa menciptakan aliran pendapatan yang lain atau yang
lebih besar?
Dalam bidang apa Saya ingin lebih banyak belajar?
Bagaimana Saya bisa lebih produktif dan efektif?
Apa saja kesempatan yang bisa Saya manfaatkan?

*5. PRINSIP DAN TATA NILAI*

Apa saja 3 area di dalam hidup Saya, yang Saya ingin berkomitmen kembali
dengannya?
Dalam hal apa Saya perlu mengklarifikasi pendirian dan posisi Saya?
Apa yang perlu Saya lakukan, agar Saya bisa menerima dan memaafkan diri Saya
sendiri?
Apa yang bisa Saya lakukan untuk membuat hidup saya lebih seimbang?
Apa tata nilai terpenting, yang bisa Saya ekspresikan sekarang juga?

*6. TUJUAN, POTENSI, SEMANGAT, KEKUATAN, KEMUNGKINAN, JEJAK LANGKAH*

Apakah yang menjadi obsesi, cita-cita, impian dan visi Saya?
Apa yang masih belum jelas dari tujuan dan sasaran hidup Saya?
Bagaimana Saya bisa mengalami dan merasakan arti hidup yang lebih besar?
Apa saja ide-ide yang menggoda Saya akhir-akhir ini?

*7. KEDAMAIAN PIKIRAN, PERMAINAN, KENIKMATAN, HURA-HURA *

Kapankah Saya pernah merasakan kebahagiaan terbesar Saya?
Apa yang bisa Saya lakukan, agar semua area hidup Saya bisa lebih fun?
Bagaimanakah Saya bisa lebih kokoh, mandiri, dan damai di dalam hidup Saya?

Setelah Anda melengkapi jawaban dan rencana tindakan Anda, bertanyalah lagi:

Apa yang terlewatkan?
Apa masih ada yang lain, yang membutuhkan jawaban?

Sering-seringlah bertanya pada diri sendiri, alam bawah sadar Anda akan
selalu menjawab. Apa yang perlu Anda lakukan, hanyalah melatih pertanyaan,
dan kemudian mencoba mendengar jawaban dari dalam.

Ikhwan Sopa
Trainer EDAN.

*WORKSHOP PUBLIC SPEAKING BATCH-5*

*"CARA EDAN: LEBIH PERCAYA DIRI BERBICARA KUNCI SUKSES MEMIMPIN, MENJUAL,
DAN BERPRESENTASI"*

*Sabtu, 16 Desember 2006*
08.30 - 17.00 WIB
Hotel Sofyan Cikini
Jl. Cikini Raya 79 Jakarta
Investasi: *Rp 450.000,-* per person

*PENDAFTARAN:
*Telepon: 021-70330805
Fax: 021-78885932
Contact Person: Rizal, Fajar, Wandi, Keliek
Download *brosur*, *formulir pendaftaran* dan *proposal in house training*:
http://speaking.indodigest.com

*
KOMENTAR PARA PESERTA WORKSHOP*

*Top Executives*

*"Saya puas. Workshop ini secara nyata meningkatkan kualitas dan PD Saya
dalam bicara. Anda semua harus ikut batch ini."
**Susi - Managing Director - PT Hisland Indonesia - Jakarta*

*"Saya puas karena perubahan rasa percaya diri dapat langsung Saya rasakan.
Saya anjurkan agar Anda menyempatkan diri untuk ikut workshop ini."
**Tommy - Managing Director - PT Kita Global Mandiri - Jakarta*

*"Saya puas karena point-point yang disampaikan mudah diterima dan
dimengerti, dapat membangun rasa percaya diri. Workshop ini baik untuk
peningkatan rasa percaya diri."
**Erfan - General Manager - PT Papertech Indonesia - Subang*

*"Saya puas karena ada hal baru yang Saya dapatkan, seperti bahwa gugup dan
takut bukanlah satu kelemahan, tapi anugerah. Tinggal bagaimana memanage
efek dari rasa gugup dan takut. Workshop ini sangat penting buat mereka yang
punya masalah dalam berbicara di depan/di forum umum."
**Yunus - Direktur - CV Creative - Palembang*

*Middle Managers*

*"Saya puas karena kita diajarkan melihat sesuatu dari persepsi yang positif
terhadap suatu kekurangan dan kelemahan sekalipun. Sebaiknya mengikuti
pelatihan ini untuk meningkatkan potensi diri Anda."
** Tris - Kepala Divisi Keuangan dan Akuntansi - PT Kliring Berjangka
Indonesia - Jakarta*

*"Saya puas karena dapat mengetahui cara dan metode untuk meningkatkan rasa
percaya diri dalam public speaking. Workshop ini cocok bagi yang masih
kurang percaya diri."
**Husin - Manager RnD - PT Puratos Indonesia - Cikarang*

*"Saya puas karena materi workshop diperlukan dalam realitas semua aspek.
Cara penyampaiannya cukup efektif. Workshop ini akan membantu membuka
paradigma dan menggugah dalam berbenah untuk public speaking."
**Wahyudi - Area Sales Manager - PT Dipa Pharmalab Intersains - Jakarta*

*"Saya puas karena telah mengurangi penderitaan Saya. Sebaiknya Anda
mengikuti workshop ini."
**Endi - Manager - Kantor Pemasaran Bersama PT Perkebunan Nusantara -
Jakarta*

*"Saya puas karena mendapatkan hal-hal yang perlu dan baru Saya ketahui.
Workshop ini penting untuk diikuti."
**Ady - Tangerang*

*Overseas Professional*

*"Saya puas karena banyak sekali tips-tips yang Saya dapatkan untuk
meningkatkan kepercayaan diri Saya. Membuat Saya sadar bahwa Saya yang
terbaik sehingga tidak lagi ada rasa cemas dan gugup yang selama ini
mengganggu. Bergabunglah jika Anda ingin memotivasi diri Anda dan melakukan
perubahan untuk menjadi lebih baik dari keadaan sekarang. You are the best."

**Risda - Staf Administrasi - Monoluxury Sdn. Bhd. - Pahang Malaysia*

*Communication People*

*"Saya puas karena apa yang disampaikan meningkatkan PD Saya. Bagi yang
belum mengikuti workshop ini harus mengikuti."
**Gita - Public Relations - PT Choice Hotels Indonesia - Jakarta *

*"Saya puas karena workshop ini menjadikan Saya lebih PD dalam berbicara di
depan audience atau di forum umum."
**Imel - Sekretaris - PT JAC Indonesia - Jakarta *

*"Saya puas karena sangat membantu Saya untuk lebih percaya diri bila
berbicara dengan siapapun baik yang belum Saya kenal maupun yang sudah Saya
kenal. Anda harus mengikuti workshop ini selagi ada kesempatan."
**Wati - Sekretaris - PT Concrete Reinforcement Asia - Bekasi*

*"Saya puas karena Saya punya satu ilmu dan wawasan baru yang tidak pernah
Saya dapatkan sebelumnya."
**Diah - Speaker Yayasan AIDS Indonesia - Dosen dan Psikolog- Jakarta*

*HRD / HRA Professionals*

*"Saya puas karena Saya jadi tahu clue untuk menjadi PD. Ikutan aja, dan
tidak akan rugi dapat ilmunya."
**Teresa - Recruitment Officer BDO Tanubrata - Jakarta*

*"Saya puas karena secara nyata telah menciptakan perubahan positif dalam
konteks kepercayaan diri berbicara di depan publik. Layak untuk diikuti."
**Bastian - Recruitment, Payroll, HR Administration PT Korea National Oil
Corporation Indonesia - Jakarta *

*"Ya. Saya puas."
**Dian - Payroll Officer - PT Muliacemerlang Dianpersada - Jakarta*

*"Saya puas karena sangat mendukung profesi Saya. Ikutilah workshop ini."
**Haris - General Affair Officer PT Indomobil Niaga International - Jakarta*

*"Saya merasa puas karena kini memahami bahwa Saya bukan satu-satunya orang
yang punya kekurangan dalam public speaking. Ikuti workshop ini dan rasakan
apa yang Saya rasakan."
**Nita - Staf Administrasi Produksi - PT Concrete Reinforcement Asia -
Bekasi *

*"Saya puas karena membumi, aplikatif dan praktis. Pastikan Anda ikut
workshop ini karena akan mengantarkan Anda ke arah "life skill" yang lebih
baik."
**Dewi - Spesialis Muda Mangbud dan Eksekutif - PT Pos Indonesia - Bandung*

*Professional Trainers*

*"Saya puas karena ada improvement langsung yang dapat Saya rasakan terutama
tentang mindsetting. Ok banget deh!! Aplikatif."
**Chandra - Trainer PT Pos Indonesia - Bandung *

*"Saya puas karena dengan mengikuti workshop ini Saya menjadi lebih yakin
lagi bahwa Saya bisa dan I'm the best."
**Lili - Trainer - PT Jaddi Pastrisindo Gemilang - Jakarta *

*Marketing People*

*"Saya puas karena Saya ngerasa ada perbedaan dalam cara Saya berbicara dan
bersikap. Anda wajib ikut event ini karena kita akan menjadi lebih PD
melakukan berbagai hal yang kita anggap kita belum mampu."
**Oetid - Staf Marketing PT Gemilang Gagasindo Handal - Jakarta*

*"Saya puas karena membuka paradigma Saya yang tadinya negatif menjadi
positif. Anda harus mengikuti workshop yang telah Saya ikuti ini. Bagus
untuk PD Anda."
**Maya - Retailing Officer - Jakarta*

*"Saya puas karena Saya dapat mengetahui dan menguasai segala kekurangan
yang ada dalam diri Saya. Workshop ini meningkatkan PD Saya dalam segala
persoalan."
**Selamet - Staf Marketing PT Gemilang Gagasindo Handal - Jakarta*

*"Saya puas karena terdapat perubahan pada rasa PD Saya yang berguna di masa
yang akan datang. Workshop ini sangat bermanfaat bagi Anda yang berprofesi
marketing, disainer atau pimpinan."
**Aji - Staf Marketing PT TB - Jakarta*

*"Saya puas karena trainer dapat menjelaskan secara detil apa yang
disampaikannya, baik yang lisan maupun praktek. Ikuti workshop ini karena
Anda akan bisa menjadi EDAN."
**Amelia - Staf - Administrasi Marketing - PT Concrete Reinforcement Asia -
Bekasi*

*"Saya puas karena bisa memahami kekurangan diri kita sehingga dapat
mengatasinya sebagai proses mencapai percaya diri. Apabila sudah dapat
informasi tentang workshop ini rugi bila tidak mengikuti."
**Suka - Staf Marketing - PT GGS/GGH - Jakarta*

*"Saya puas karena ada perubahan yang jelas terjadi dalam diri Saya, baik
itu tentang rasa percaya diri, berbicara dan lainnya. Kalau bisa ikutlah
workshop ini karena banyak manfaatnya, termasuk buat introspeksi diri kita."

**Nasuha - Staf Marketing - PT Gemilang Gagasindo Handal - Jakarta*

*"Saya puas karena semakin mengerti pentingnya berkomunikasi. Ikuti workshop
ini."
**Rondi - Staf Marketing Tax Base - Jakarta*

*"Saya puas karena workshop ini membantu memecahkan masalah grogi Saya."
**Rizal - EO Officer - Jakarta *

*Financial Professionals*

*"Saya puas karena semua masalah terpecahkan."
**Iponk - Internal Auditor - PT Samudera Indonesia - Jakarta*

*"Saya puas karena banyak hal baru yang Saya ketahui. Workshop ini menarik
untuk diikuti."
**Agung - Staf PT Kliring Berjangka Indonesia - Jakarta*

*"Saya puas karena jelas, menambah wawasan dan menjadi lebih PD."
**Hanhan - Senior Consultant - Multi Utama Group - Jakarta *

*"Saya puas karena sesuai dengan yang Saya harapkan."
**Fredy - Budget and Cost Controller - PT Job PPBS - Jakarta*

*"Saya puas karena pembicara menguasai materi dan materi berhubungan dengan
masalah audience. Try, and you'll be happy."
**Tedik - Tax Auditor - Cirebon*

*"Saya puas. Saya akan lebih berani berhadapan dengan lawan bicara (siapapun
dia), untuk berbicara baik dalam berkoordinasi atau dalam management
meeting. Coba saja ikuti one day workshop QA Communication. Kita pasti bisa
lebih PD dalam menyampaikan pembicaraan."
**Lia - Finance Manager Assistant - ISP* *Data Communication - Jakarta*

*"Saya puas karena dapat membantu mengatasi rasa gugup. Ya, sangat
bermanfaat."
**Mira - Tax Auditor - Jakarta*

*"Saya puas karena Saya dapat lebih memahami dan mengetahui berbagai hal
dalam komunikasi. Be confidence! Start with QA Communication."
**Diana - Staf Akuntansi - PT Concrete Reinforcement Asia - Bekasi*

*"Saya puas karena apa yang selama ini mengganggu dalam masalah
presentasi/public speaking, key point sudah Saya ketahui. Workshop ini juga
cocok untuk inhouse training perusahaan."
**Nurdin - Senior Assistant - Multi Utama Group - Jakarta*

*Academic People / Educators*

*"Saya puas karena Saya tambah mengerti bahwa skill bukan segala-galanya dan
jangan takut berbuat salah. Ikuti workshop ini."
**Salina - Staf Akademik - Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti - Jakarta*

*"Saya puas karena untuk Saya cara berbicara yang baik itu penting sekali,
dan mengikuti workshop ini membuat Saya lebih percaya diri untuk tampil di
depan umum. Terima kasih. Ikuti workshop ini karena menambah rasa percaya
diri."
**Dyah - Staf Akademik - Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti - Jakarta*

*"Saya puas karena dapat menumbuhkan dan memotivasi PD seseorang,
membangkitkan rasa percaya diri yang terpendam dan terlupakan. Saya puas,
coba deh."
**May - Guru SDIT Nurul Hidayah - Jakarta*

*"Saya puas karena Saya baru pertama kali mengetahui bahwa untuk
presentasi/mengajar perlu PD 100% dan di sini Saya mendapatkan cara untuk
PD. Segeralah mengikuti pelatihan ini karena pelatihan semacam ini
diperlukan oleh diri sendiri, keluarga dan masyarakat."
**Imam - Kepala Sekolah SDIT Nurul Hidayah - Jakarta*

*"Saya puas karena sesuai ekspektasi Saya."
**Arifin - Tax Officer - Dosen dan Pengajar - Jakarta *

*"Saya puas karena sangat terbantu dalam mendapatkan atau menambah wawasan
untuk diri sendiri dalam hal public speaking. Ya Saya puas. Ikutilah
workshop ini karena dapat menambah wawasan Anda."
**Sis - Staf Akademik - Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti - Jakarta*

*Students*

*"Saya puas karena Saya mendapatkan banyak ilmu, pencerahan dan pengalaman
yang mudah-mudahan nantinya akan berguna buat Saya kelak. Ikutilah workshop
QA Communication karena ini sangat berguna buat Anda, percaya deh."
**ADIT - Mahasiswa Universitas Diponegoro - Semarang*

*Foreign Countries Representatives*

*"Saya puas karena semua halangan/penghambat dalam berbicara bisa diperbaiki
dan tidak perlu khawatir gagal."
**Wati - Protocol Officer - New Zealand Embassy - Jakarta*

*"Saya puas karena Saya sudah lebih paham bahwa kegugupan adalah suatu
fenomena yang wajar dan manusiawi."
**Halil - HRD Staff - AUSAIDS - Jakarta *

*Technicians*

*"Saya puas karena workshop ini memberikan sesuatu yang sangat berbeda. Saya
merasakan perubahan yang luar biasa. Tunggu apalagi! Apa yang Anda butuhkan
Insya Allah akan Anda dapatkan di workshop ini."
**Arfan - Staf PT Exxonmobil Indonesia - Jakarta*

*"Saya puas karena Saya menjadi PD abis!!! Antisipasi PD Anda di sini, bagus
lho."
**Tio - Staff- PT Toyota Tsusho Mechanical Engineering Service Indonesia -
Bekasi*

*"Saya puas karena jelas dalam penjelasan/menerangkan."
** Freddy - Staf - PT Kao Chemicals Indonesia - Jakarta*

*"Saya puas karena trainer sangat menguasai materinya. Workshop ini baik
bagi mereka yang memerlukan rasa percaya diri di depan publik."
**Syam - Engineer - PT Rekayasa Industri - Jakarta*

*"Saya puas karena melalui workshop ini Saya mampu men-tune-up potensi diri
untuk menjadi seperti aslinya (orisinil lagi). Sebelum terlanjur jenuh dan
gagal, sebaiknya Anda ikuti dulu workshop ini."
**Joni - Java Programmer - Bandung*

*"Saya puas karena proses belajarnya dimulai dari basic, tidak ribet,
seimbang antara praktek dan teori, dan sesuai dengan investasi yang Saya
keluarkan serta sesuai ekspektasi Saya. Ikutan yuuk...ini jalan awal menjadi
PD dalam public speaking."
**Paula - Staf Operasional PT Integritas Makmur Mandiri - Jakarta*

*"Saya puas karena Saya menjadi lebih yakin akan kemampuan Saya sendiri.
Menambah wawasan mengenai konsep PD, khususnya jika harus menghadapi
public."
**Tari - Jakarta*

*"Saya puas karena bisa memotivasi untuk lebih percaya diri dalam hal public
speaking. Try this!"
**Nani - Jakarta *

*"Saya puas karena menambah wawasan Saya. Nggak ada salahnya mencoba."
**Milan - Jakarta*

*"Saya puas karena membuka cakrawala baru."
**Fitri - Disain Sisdur - PT Adijaya Guna Satwatama - Jakarta*

*"Saya puas karena Saya telah belajar tentang PD. Cobalah dan
kembangkanlah."
**Yanyan - Mechanical Engineer - PT Concrete Reinforcement Asia - Bekasi*

*"Saya puas karena dapat ilmu yang sangat bermanfaat. Perlu diikuti bagi
yang ingin memperbaiki komunikasi."
**Andi - PT Pos Indonesia - Jakarta*

*Well...Whatever*

*"Saya puas karena workshop ini simple dan praktis. Training ini wajib
diikuti oleh siapapun yang bermasalah dengan kepercayaan diri."
**NN - Jakarta*

*"Puas."
**NN - Tangerang*

*"Saya puas karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan PD. Ikuti workshop
ini dan tingkatkan PD Anda."
**NN - Jakarta*

*Mendaftarlah sekarang, kursi terbatas!*

*QA Communication
**School of Motivational Communication*

Kirim email ke