Serial Fighting Against The Ego 1
  Tanya Jawab Menenai Mengenadalikan Ego
  Mawlana Syaikh Nazim Adil al-Haqqani
  Lefke, Cyprus 2003
  Diambil dari www.mevlanasufi.blogspot.com

  BismillahirRohman nirRohim

  Tanya : Apa yang menjadi kesengsaraan spiritual terbesar dalam hidup Anda dan
  bagaimana Anda meresponnya? Apa yang telah menjadi tantangan terbesar dalam hidup Anda?

Jawab Mawlana Syaikh Nazim  : Hal tersulit bagi saya adalah ego (nafsu) saya. Dan halangan tersulit di depan manusia adalah ego/nafsu mereka. Ego/nafsu tak pernah bertanya  apakah ia memerlukan perbaikan atau tidak. Ego/nafsu selalu mengklaim, "Saya adalah sempurna dan mereka adalah tidak sempurna". Karena itu, dari awal hingga akhir Anda harus memerangi ego/nafsu Anda, agar ia menyerah dan menerima bahwa dirinya tidaklah sempurna.

  Kesempurnaan adalah bagi ruh-ruh kita. Kesempurnaan manusia tidaklah berdasarkan atas ego/nafsu mereka, karena ego/nafsu berasal dari dunia hewan, milik bumi, sedangkan kesempurnaan manusia adalah lewat ruh-ruh mereka, karena ruh berasal dari Langit. Tapi, selalu saja ego/nafsu kita berada di depan ruh kita dan berkata, "Saya sudah sempurna." Kenapa Anda berada dalam kesempurnaan? Apa kesempurnaan Anda? Apakah dapat mengangkat beban yang berat ke atas adalah suatu kesempurnaan? Dapat berlari- itukah kesempurnaan? Untuk melompat- itukah kesempurnaan? Berenang- itukah kesempurnaan? Untuk membunuhi orang-orang- itukah kesempurnaan? Makan berlebihan, minum berlebihan, bersenggama berlebihan- itukah kesempurnaan?

  Tidak, itu semua bukan kesempurnaan! Ego/nafsu kita selalu berkata, "Oh, sang juara, mengangkat, bergulat, atau bertinju." Demikian pikir mereka. Semua itu hanyalah dari ego/nafsu! Apa itu? Itukah kesempurnaan bagi manusia? Sayangnya, manusia mengejar kebodohan itu. Itu semua bukanlah kesempurnaan. Mereka hanya membuat-buat kesempurnaan. Kesempurnaan, kesempurnaan sejati hanyalah bagi ruh, dan mereka berlarian mengejar sifat-sifat yang menjadi milik binatang? Menyelenggarakan Olimpiade! Apa itu olimpiade, untuk apa ini? Orang-orang telah menjadi dungu saat ini, gila.

  Orang-orang abad 21, berlarian dari satu Olimpiade ke Olimpiade yang berikutnya. Apa itu? Itukah kesempurnaan? Memberikan medali, berbuat seperti ini, bertepuk tangan, kebodohan apa itu? Orang-orang telah kehilangan kesempurnaan sejati manusia yang dimilikinya lewat ruh-ruh mereka. Mereka mengejar ego/nafsu, dan ego selalu datang dan berkata, "Saya adalah sempurna".

  Sempurna untuk apa? "Karena saya dapat berlari 100 meter. Rekor baru, Juara." Ini adalah bodoh. Kebodohan macam apa itu? Bagaimana orang-orang dapat mencapai kedamaian dengan kebodohan macam itu. Kedamaian membutuhkan kesempurnaan. Kedamaian datang dari kesempurnaan dan orang-orang malah berlari menuju arah yang lain. Ego/nafsu selalu melawan ruh. Ruh ingin pergi ke atas, ego meminta untuk turun ke bawah. Ini jelas bagi Anda, Anda mengerti?

Tanya : Teks suci doa yang mana yang memiliki makna spiritual terbesar bagi diri Anda?

Jawab : Sebagaimana telah saya katakan padanya, kami berusaha untuk membawa manusia menuju jalan Surga. Dan target sejati kami adalah untuk menyelamatkan manusia dari tangan-tangan nafsu/egonya. Ego dapat diumpamakan seperti gurita. Anda tahu gurita? Di laut. Gurita memiliki banyak tangan, jika menangkap sesuatu seperti ini. Tidak mungkin untuk menyelamatkan seseorang yang dibelit gurita, jika Anda tidak memotong semua tangan gurita itu. Anda tak dapat menyelamatkan nya. Dan ego adalah seperti gurita yang menutupi mereka, selesai.

  Jika tak seorang pun dari luar menolong mereka, mereka akan habis. Sang gurita akan memakan mereka. Dan demikian pula ego/nafsu kita memakan diri kita, dengan cara yang mengerikan.(Membaca semua juz), karena kami memiliki Kitab Suci, 30 Juz, dan setiap juz memberikan suatu kekuatan untuk menyelamatkan manusia dari tangan-tangan gurita ego mereka. Karena itulah, kami menggunakan ke-30 juz, setiap 30 hari sekali (maksudnya mengkhatamkan 30 juz Quran setiap 30 hari, penj.) sekali lagi dan sekali lagi.

Tanya : Apakah maksud dari eksistensi manusia, tujuan dari hidup manusia?

Jawab : Anda boleh bertanya pada Sang Pencipta. Anda bisa bertanya pada Ia yang menciptakan manusia. Anda dapat bertanya? Ego Anda akan berkata, "Maksud dari penciptaan adalah untuk menikmati diriku sendiri dengan makan, minum, dengan Olimpiade, dengan segala sesuatu- itu adalah maksud penciptaan." Bagaimana dengan ruh Anda? Tak ada ruh. Saya di sini? Saat saya ada di sini, Anda tak dapat bicara tentang ruh. Kapan saya mesti bicara? Saya tidak tahu. Anda mengerti?

Tanya : Apa yang menjadi komponen-komponen praktis dari suatu hidup yang suci?

Jawab : Hidup sejati adalah dengan ruh-ruh kita. Ego/nafsu akan habis dan musnah dengan kematian, sedangkan ruh-ruh kita tak akan pernah musnah dan lenyap. Jadi, hidup yang bahagia, hidup yang kekal, dan kekekalan adalah bagi ruh-ruh kita, bukan buat wujud fisik kita. Karena itulah, manusia mestilah mencari kehidupan kekal mereka, tapi halangan terbesar di hadapan mereka adalah ego/nafsu. Dengan ego/nafsu, manusia tak akan pernah mencapai kekekalan.

Tanya : Apa yang menjadikan suatu hidup suci?
Jawab : Dengan menyelamatkan diri Anda dari tangan-tangan nafsu. Jika Anda telah selamat dari ego/nafsu dan tangannya, Anda akan meraih suatu hidup yang suci. Hidup yang suci hanya melalui Langit, bukan di atas bumi. Karena itulah, orang-orang suci berada di Langit, manusia lain di atas bumi.

Tanya :Apa yang menjadi pesan utama Islam kepada Muslim dan yang lainnya?
Jawab :  Seperti sudah saya katakan. Kami tidak membuat suatu perbedaan di antara manusia. Semua manusia memiliki badan yang dilengkapi dengan nafsu/ego dan ruh. Dan ratusan ribu nabi-nabi telah datang, yang mereka  inginkan hanyalah menyelamatkan manusia dari tangan-tangan gurita ego, dan membuat mereka bebas untuk naik ke Surga, ke kekekalan, menuju maqam kekekalan mereka.

  Jadi, tidak ada perbedaan antara kenabian (nubuwwah) dan nabi-nabi. Target utama setiap nabi adalah untuk menyelamatkan manusia dari tangan ego mereka, tapi manusia selalu memperlakukan mereka dengan keburukan, dan berkata, "Kami tidak mau melakukan ini, kami bahagia dengan ego kami, dengan kesenangan-kesenangan fisik kami, kami bahagia. Kenapa kau menyuruh kami kepada jalan yang lain?"

Non-Muslim memiliki ego dan nafsu, Muslim pun memiliki ego/nafsu, Non-Muslim mempunyai ruh, Muslim pun mempunyai ruh.  Setiap orang yang membebaskan ruh mereka telah mencapai tujuan atau gelar sejati mereka. Jangan pernah memberikan otoritas (pengaruh/kekuasaan, penj.) pada manusia, jika mereka tidak berusaha untuk menyelamatkan diri mereka sendiri terlebih dahulu.

Jadi, kami tidaklah memerangi Non-Muslim, kami berperang melawan ego-ego/nafsu-nafsu yang mencegah manusia mencapai maqam surgawi mereka, atau mencegah mereka meraih dasar hidup kekal mereka. Tidak, kami bukanlah musuh dari siapa pun, bukan! Musuh kami, musuh bersama kita adalah ego-ego kita. Kenapa mesti saya memerangi Anda? Untuk apa? Itu adalah suatu kebodohan. Saya hanya ingin menyelamatkan Anda dari tangan-tangan ego Anda agar Anda menemukan jalan Anda menuju hidup yang kekal.

Tanya : Adakah suatu kebajikan esensial, sifat-sifat baik yang menjadi pokok di mana kebajikan lainnya bergantung?

Jawab : Semuanya akan menjadi jelek dan memburuk, jika Anda mengikuti ego/nafsu Anda. Anda harus menyingkirkannya, karena nafsu/ego meracuni hidup kita. Jika Anda tidak menyingkirkan ego Anda, hidup Anda di sini dan di akhirat akan teracuni. Karena itu, yang terpenting adalah memerangi ego kita, untuk menyingkirkannya dan berusaha untuk melakukan apa yang ruh Anda perintahkan.

Tanya : Bagaimana Anda melawan ego Anda sendiri?
Jawab : Itu adalah ajaran-ajaran Langit, yang tidak dapat Anda pelajari di universitas mana pun. Tidak. Universitas hanya membesarkan ego kita, memberi gelar- doktor, magister, professor. Ini dan itu. Gelar-gelar itu hanya menyenangkan ego kita, membuat ukuran ego menjadi semakin dan semakin besar. Kami ingin untuk membuat ukuran ego/nafsu menjadi makin kecil, kecil, kecil, sampai sini.

Tanya : Apa yang Anda yakini di dunia ini?
Jawab : Sang Pencipta tak pernah berubah, dan Langit/Surga pun tak pernah berubah. Apa yang menjadi atribut Sang Pencipta, tak ada yang berubah, sedangkan segala sesuatu kini hari demi hari, jam demi jam, tengah berubah. Hanya yang tak berubah merupakan hakikat-hakikat. Di luar hakikat-hakikat, segala sesuatunya akan berubah. Suatu laut adalah laut yang sama, tapi gelombang dan ombak membuatnya selalu berubah di permukaannya, tapi samudera-samudera adalah tetap. Tak ada perubahan. Tapi Anda harus melihat permukaannya, yang selalu diubah oleh angin setiap saat. Sedangkan samudera (ocean),  hakikatnya adalah tsabit, tetap, keyakinan.

Bila anda  bahagia dengan jawaban-jawaban ini Professor? Anda boleh mengarang suatu buku. Jika ada orang yang keberatan dengan buku itu (yang berisi jawaban-jawaban Mawlana Shaikh Nazhim, penj.), maka saya di sini akanmenerangkannya. Terbuka bagi Anda, dan semoga Anda juga beruntung untuk menemukan seorang wanita yang cantik sebagai istri. Kini, Anda akan pergi  berkeliling untuk bertanya pada banyak orang tentang hal-hal ini? (Pemimpin-pemimpin dari komunitas-komunitas agama lainnya)

Anda boleh bertanya pada siapa pun- itu adalah timbangan yang benar, yang kami berikan pada Anda- untuk menemukan apakah itu benar atau tidak. Anda boleh membandingkannya, Anda tak akan pernah gagal, tidak. Gunakan meter ini, timbangan, ukurlah, ini cukup bagi Anda, jangan khawatir

  Tanya : Bagaimana Anda menenangkan seseorang yang tengah menderita?
Jawab : Sebagian besar dari penyakit mereka sekarang adalah penyakit-penyakit yang biasa disembuhkan di rumah sakit jiwa. Mereka butuh rumah sakit jiwa. Manusia abad 21, satu demi satu memerlukan untuk  datang pada saya, karena saya adalah direktur rumah sakit jiwa internasional. Saya harus memeriksa, apakah seseorang sehat, lalu saya dapat merawat mereka  menurut derajat penyakit jiwa mereka, karena ada demikian banyak jenis-jenis penyakit jiwa. 70 macam penyakit mental.

  Anda pernah dengar tentangnya? Ada setidaknya 70 macam kegilaan, Anda paham? Saya tahu 70 macam itu. Jika seseorang datang, saya hanya melihatnya (untuk tahu akan penyakit jiwa-nya, penj.). Sekarang, dalam zaman kita saat ini, dari sebelumnya hanya 70, kini telah berkembang menjadi 700 macam jenis penyakit jiwa. Dan yang saya lakukan adalah membawa mereka kembali pada akar, yang akan tumbuh sebagai cabang-cabang kegilaan. Dan kami berusaha untuk membawa mereka kepada ukuran mereka yang sebenarnya, karena orang-orang saat ini, keseluruhannya, telah keluar dari ukuran mereka yang sesungguhnya. Ada suatu jenis penyakit jiwa di mana seseorang melihat dan memandang dirinya sendiri sebesar dunia ini.

  Seperti balon. Saya membukanya, dan mengeluarkan mereka. Balon ini datang, datang, dan datang. Saat datang dalam ukuran sebenarnya, habis.  Dan ini adalah suatu penyakit kejiwaan yang amat parah. Tiap orang ingin untuk menjadi besar, setiap orang meminta untuk menjadi Sang Nomor 1, untuk menjadi seorang Namrudz, dan berkata, "Sayalah tuhan." Jadi, itulah tugas saya: jika mereka datang, dan mereka melihat diri mereka sendiri bagaikan raksasa, maka saya setiap harinya akan membuat diri mereka lebih kecil, lebih kecil, dan lebih kecil. Itulah tugas saya, membawa orang-orang kepada ukuran mereka yang sebenarnya. Dan kegilaan macam inilah yang telah membawa kekacauan tak berujung bagi manusia.

Tanya : Apa yang Anda katakan pada seseorang yang sakit, atau seseorang yang tengah bersedih, untuk menenangkannya?

  Jawab : Itu bergantung pada (jenis) kegilaan mereka. Saya melihat, dan kami mendapatkan (jenis kegilaannya). Kami tidaklah seperti dokter yang berbuat seperti ini, "Buka mulutmu...". Tidak, saya hanya melihat,  dan saya tahu dan paham pada tingkat berapa kegilaannya. Kemudian, sedikit demi sedikit, langkah demi langkah kami menjalankan perawatan pada mereka... Di sini, begitu banyak orang terpelajar datang pada saya, dalam keadaan "tidak waras". Saat mereka datang, mereka harus menjadi seperti orang biasa kebanyakan, pada tingkat pertama. Mereka tak dapat mendongakkan kepala mereka ke atas (yaitu berlaku angkuh, penj.) selama saya di sini. Saat mereka tunduk patuh, barulah kami dapat melakukan perawatan padanya. Selesai. Dan 40 hari adalah cukup bagi mereka, untuk membawa mereka pada ukuran mereka yang sebenarnya. 40 hari adalah cukup.

Wa min Allah at Tawfiq

  Wassalam, arief hamdani
  www.mevlanasufi.blogspot.com
  HP. 0816 830 748

  Jadwal Zikir Khatm KhwajaganKamis, 27 April 2006
  Mulai Isya di Brawijaya 1A No.16, Jakarta Selatan. ( dibelakang apotik RSKO Darmawangsa) dekat Hotel Darmawangsa.

  Insya Allah kita akan mengadakan Zikir Khatm Khwajagan di Masjid Agung Sunda Kelapa, Sabtu 13 Mei 2006 mulai Isya berjamaah.  Mari kita ramaikan acara tersebut dengan mengajak seluruh keluarga, teman, tetangga dan sebarkan pesan ini kepada yang lain.

  ALAMAT ZAWIYAH DZIKIR DI JAKARTA dan SEKITARNYA DAN
  JADWAL DZIKIR

  MASJID JAKARTA ISLAMIC CENTER, KOJA(EX KRAMAT TUNGGAK)
  Dzikir Khatam Kawajagan, Setiap Minggu, mulai jam
  08.30 pagi WIB. Sehabis Kuliah Dhuha, Informasi Arief
  Hamdani HP. 0816 830 748

  JAKARTA SELATAN
  ZAWIYAH CINERE NAQSYBANDI HAQQANI RABBANI WHIRLING
  DERVISHES Dzikir setiap Rabu Malam Jam 21.00 ( Khusus
  pria ) Ladies Dzikir: Minggu Sore, bada Ashar Jl.
  Villa Terusan No.16, melalui Villa Cinere Mas.
  Informasi: Tono 742-1938 atau Syaikh Barkah
  0817-9105-704

  ZAWIYAH PONDOK LABU - HAQQANI RABBANI
  Masjid Al-Hikmah, Komplek DDN II ( Departemen Dalam
  Negeri) Pondok Labu , Jakarta Selatan. Setiap Selasa
  jam 21.00. Iwan HP. 0813 816 58383

  ZAWIYAH LIMO CINERE –HAQQANI RABBANI
  Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Jl. Pelita, Desa Limo
  Setiap Sabtu Bada Magrib s/d Isya. Ustad Shohib HP.
  08131 7276 504

  ZAWIYAH DEPOK -HAQQANI RABBANI
  Pondok Pesantren Al-Ma’unah Depok Setiap Sabtu Ba’da
  Magrib s/d Isya. Ustad Nurjaya, Telp. 7024 0607

  ZAWIYAH PANGKALAN JATI - HAQQANI RABBANI
  Jl. Pangkalan Jati I, gg Buntu. Setiap Minggu malam
  jam 21.00 Ustad Arif HP. 0813 1605 8402

  ZAWIYAH PANGKALAN JATI
  Jl. Pangkalan Jati 1 No. 71, Pondok Labu, Jakarta
  Selatan. ( RS Fatmawati terus s/d Verboden kekiri
  mentok kanan s/d perempatan terus 500 m

  ZAWIYAH BRAWIJAYA - KEBAYORAN BARU
  Jl. Brawijaya 1A No.16, Jakarta Selatan ( Dibelakang
  RSKO Darmawangsa, Dekat Hotel Darmawangsa). Kediaman
  Bp. Firdaus Wajdi

  ZAWIYAH RAGUNAN
  Jl.Poncol Vila Ragunan Permai Kav 1, Ragunan Jakarta Selatan.Kediaman Bp. Syamsudin

  ZAWIYAH BRAWIJAYA
  Setiap Jumat : Khusus wanita, mulai 11.00 wib Jl.
  Brawijaya 1A No.16, Jakarta Selatan. Dibelakang RSKO Darmawangsa / Apotik Darmawangsa

  ZAWIYAH PASARAYA SARINAH BLOK M EHAQQANI RABBANI
  Pasaraya Lantai 5, setiap Minggu pagi jam 8.30 Iwan
  HP. 0815 1917 3693

  ZAWIYAH SANGGAR BULUNGAN CSW EHAQQANI RABBANI
  (dibelakang Kolam Renang Bulungan, Rumah Kayu )
  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dzikir Khatam
  Kwajagan, Marawis Salawat, Darwis Rumi Setiap Senin
  Malam, jam 20.00. Kontak Person Arief HP. 0816 830 748

  ZAWIYAH CILANDAK-TOWNSQUARE
  Abdul Aziz 0812844421 Ustad Nurcholis MA 081548019453

  ZAWIYAH KEBAYORAN LAMA
  Jl. Sholihun Kebayoran Lama, Jakarta, Wahyudi Yusuf
  08158903433

  JAKARTA PUSAT
  ZAWIYAH TEUKU UMAR EYAYASAN HAQQANI INDONESIA
  Jl. Teuku Umar No.41, Menteng, Jakarta Pusat

  ZAWIYAH TANAH ABANG - HAQQANI RABBANI
  Kota Bambu, Tanah Abang. Jl. Arimbi. Setiap Selasa
  malam jam 21.00 Bp. Darma, HP. 0852 1980 1017

  JAKARTA BARAT
  ZAWIYAH TOMANG
  Jl. Mandala Selatan No 16 Tomang , Jakarta Barat.
  Kediaman Bp. Sunarto

  ZAWIYAH KEBUN JERUK
  Jl. Kelapa Dua Raya No.1, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.
  Kediaman Bp. Ahmadin

  JAKARTA TIMUR
  ZAWIYAH KH MUSTOFA MAS'UD
  Jl. Hasbi 40, Otista, Jakarta Timur 13330, TELP
  021-8190475 Setiap Kamis Malam, Ba'da Isya. Informasi:
  Handi Biantoro HP. 0818-965-852 email:
  [EMAIL PROTECTED]

  ZAWIYAH CEMPAKA PUTIH
  Jl. Cempaka Putih Raya No. 114, Cempaka Putih, Jakarta
  Timur. Kediaman Bp. Malik Tarigan

  ZAWIYAH CIKARANG BARU EHAQQANI RABBANI
  Masjid Jami Darussalam, Jl Kedasih IV, Cikarang Baru,
  Kawasan Perum Jababeka. Setiap Selasa, mulai Magrib
  Berjamaah, Dzikir Khatam Kwajagan Isya Berjamaah, Bada
  Isya, Kajian Tasawuf. Informasi: Arief Hp.
  0816-830-748

  ZAWIYAH TANGGERANG, PANDEGLANG, SERANG, CURUG, CITRA
  RAYA Kontak, Anwar HP 0818 483 796 Perumahan Citra
  Raya Tangerang. Keluar Dari Tol Bitung kearah Citra
  Raya

  A C E H :
  Jl. Teuku Muhammad Salleh No.2 Lambhuk, Banda Aceh
  Informasi: Ust. Zamhuri Ramli al-HafidzHP.
  0812-939-0774, Rumah 0651 - 26951

  M E D A N ESUMATERA UTARA :
  Zawiyah Medan, setiap malam Jumat melakukan Khtam
  Kwajagan : Jl. Mesjid No. 32 , Helvetia Timur , Medan
  20124 Hubungi Ahmad Djuata Tarigan : 08126040064 Hasan
  Sebayang HP 081362317176

  PONDOK PESANTREN SIRAJUL HUDA
  Tiga Binanga, Kabupaten . Karo, Sumut Encep Fariduddin 08192097181

  SUMATERA BARAT - SUMBAR

  ZAWIYAH NAQSYBANDI PADANG
  Jl. Raya Padangpasir 17 Padang TELP
  0751-36257Informasi: Effendi Awal (0811-661-285)

  ZAWIYAH NAQSYBANDI BANUHAMPU - BUKIT TINGGI
  Depan Balai Nagari Galung, Banuhampu, Bukittinggi
  Sukardi Jatman 08161833598

  P E K A N B A R U

  PONDOK PESANTREN MIFTAHUL JANNAH
  Panam, Pekanbaru. K.H. Mukhtarul 081365395313

  ZAWIYAH NAQSYBANDI ASY-SYIFAA PEKANBARU
  Jl.Farmasi 24 Pekanbaru 28111. Dr.Chairuddin Lubis
  0811755721 Dr.Pramujo Abd.Gani 08127518084

  ZAWIYAH NAQSYBANDI PEKANBARU
  Jl.Kartini 24 Komp. Farmasi Pekanbaru Dr.Chairuddin
  Lubis 0811755721, Dr.Pramujo Abd.Gani 08127518084

  B A T A M :
  PESANTREN YUSUF SYAFI'I
  Pesantren Yusuf Syafi'i, Ustad M. Yusuf Ridwan
  Asyafi'iBengkong Permai Komplek
  Nurul Jadid RT 01 RW 01 Blok D No. 10,Kelurahan
  Bengkong Laut Batu Ampar Pulau Batam. HP. 08136445
  3322.

  Bp. Riady, Bengkong Abadi 2, Jl. Cendrawasih Blok
  A/127 Batam 29432, Tel 0778-411289 Setiap selasa malam
  dan kamis malam, Informasi: Yandri Irzaq
  (0812-702-2415)

  PONDOK PESANTREN AL-MADANIYAH
  Anggrek Mas F-5 Baloi, Batam. Ustad H. Nugrahanto
  0811701176

  ZAWIYAH NAQSYBANDI BUANA GUMILAR
  Wisbuin B-12 Batam Center telp 0778-478835 Abdul
  Mughist 0813 2525 6938

  ZAWIYAH NAQSYBANDI BATAM CENTER
  Orchid Park D-11 Batam Center. Yandri Irzaq
  08127022415

  JAWA - BARAT
  ZAWIYAH SUKABUMI:
  K.H. Ece Supriyatna Pesantren Daarus Syifa
  (0811-115-875))

  ZAWIYAH NAQSYBANDI HAQQANI CIKRETEG
  Vila Pancawati, Cikreteg, Ciawi, Bogor Ustad Abdul
  Qadir 0812 8014 661

  ZAWIYAH CIANJUR
  Ajengan KH. Bunyamin, Tipar Caringin, Panembong
  Cianjur Setiap Kamis Malam, Bada Isya mulai jam 20.00
  malam

  ZAWIYAH CIPANAS
  Pesantren Toriqul Huda, Pasekon gg. bunga dekat
  Restoran Simpang Raya, Setiap kamis malam bada Isya
  Ustad Dudi HP 0813814 89282

  CIREBON
  ZAWIYAH NAQSYBANDI CIREBON
  Weru_Plered Cirebon, M.Rofiq 0813 1544 5446

  B A N D U N G :
  ZAWIYAH AL-FALAH
  Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah I -Cicalengka
  Nagrek KM 28 BandungPimpinan K.H.Q. Ahmad Syahid (022-794-9781). Informasi: H.Q.Rif’at Syahid (0815-715-5776) H. Muhammad Hadid Subki (0852-2040-2127).Setiap Ahad pagi, jam 08:00 s/d 10:30

  ZAWIYAH BANDUNG KOTA
  Insidentil Setiap Bulan sekaliJl. Cimanuk No. 37,
  Bandung Informasi: DR. Hadid Subki 0852-2040 2127,
  Telp.022-727 4913

  J A W A - T E N G A H
  S E M A R A N G:
  Zawiyah Al Mubarokah, Dukuh Sandan, Desa Waru
  Mranggen, Semarang Informasi: Riza Alamsyah , [EMAIL PROTECTED] Contact Riza Alamsyah 081325632124 Soetoro 08122504779, Ajib Susanto 0818455527 Munir 08164247573, Arif Rahman 085225087435 Pusatindo Komputer, Jl. Imam Bonjol no.74 024-3540609

  ZAWIYAH NAQSYBANDI SEMARANG
  Jl.Sawi 16A, Pasar Kambing Semarang Kontak Joko Tri
  Abdul Haq HP. 0811 279 108

  ZAWIYAH NAQSYBANDI MASJID AL-IKHLASH
  Ngaliyan, Semarang, Prof.DR. Amin Syukur 0812 2923 652

  ZAWIYAH AL-MUBAROKAH
  Sanden, Mranggen, Semarang. Ajib 0818 455 527 Riza
  081325632124

  PEKALONGAN:
  PONDOK PESANTREN AT-TAUFIQY
  Rowokembu Kaum, Wonopringgo, Pekalongan K.H.Taufiq
  Subki (0285) 785018

  ZAWIYAH NAQSYBANDI KEBONTENGAH-PEKALONGAN
  Informasi Muhlishin 0815 4809 2838 Muhib 0813 2684
  1075

  ZAWIYAH NAQSYBANDI PANDANARUM-PEKALONGAN
  Mutawali 0815 7535 9228 . Susilo 0815 7565 2358

  MUSHALLA UKHUWAH ISLAMIYAH MAGETAN
  Templek, Takeran, Magetan. Suyitno 0888 3402 757 S.
  Riyanto 0812 3408 790

  JAWA TIMUR
  SURABAYA ESIDOARJO

  ZAWIYAH PONDOK JAMU
  Zawiyah "Pondok Jamu" Desa Wage Kecamatan Sepanjang
  Sidoarjo Kontak Person Sugeng Mulyono (031) 70450444
  HP. 081331666766 Tempat dan jadwal zikir : Kamis
  Malam, Ba'da Isya

  ZAWIYAH NAQSYBANDI TRANSITO SURABAYA
  Komplek Transmigrasi Margorejo Surabaya Hatta
  Abd.Hakim 0818571807 Faizuddin Firdaus 08123243458

  ZAWIYAH NAQSYBANDI HAQQANI TAMANSURYA
  Taman, Sepanjang, Sda. Sentot Punjangpunjung
  081330130897 Sugeng Mulyono 081331666766

  ZAWIYAH MASJID MUHAJIRIN
  Wisma Transito, Jl Margorejo 74, Surabaya Setiap
  Jum'at malam, ba'da IsyaBp.Sentot (031-788-2476)
  081330130897

  ZAWIYAH KAMPUS ITS SURABAYA
  Bp. Son Kuswandi HP. 0813 3193 2011Bp. Hatta HP. 0818
  8571807 Bp. Darmaji HP. 0813 3152 2154

  M A L A N G :
  Bp. Medy, HP. 08155 3038 210Bp. Hadi, HP. 0811 360 620

  LUMAJANG - JEMBER - BONDOWOSO
  ZAWIYAH NAQSYBANDI JEMBER
  Jl.Sawo II/3 Jember. Bp. Muji-Irmulandari 08124982163

  ZAWIYAH NAQSYBANDI JEMBER
  jl. Sawo II No.4, Patrang, Jember Setiap Kamis Malam,
  Bada Isya. Kontak Person : Ibu Irmulandari, Telp
  0331-485681. HP 0812 4982 163

  ZAWIYAH NAQSYBANDI LUMAJANG
  Jl. KH. Ghozali X/9 Citradewangsan, Lumajang Informasi Abd.Rosyid Murodi 081336528874

  ZAWIYAH NAQSYBANDI BONDOWOSO
  Pondok Pesantren Al-Falah, Kajar, Bondowoso Informasi
  Ibu Makkiyah 081933307903

  ZAWIYAH NAQSYBANDI BONDOWOSO
  Masjid Adz Dzakirin, Jl.KH. Agus Salim, Gg.Taman
  Bondowoso. Abdul Hamid 081913863552, Makki
  081933307903

  ZAWIYAH TUBAN KOTA - JAWA TIMUR
  Perum Siwalan permai praja no 3. Telp. 0356 320193,
  0356 329886 (Made)HP. Made 081331213660 . Ali Shodiq
  0356 611660. Jadwal Zikir Malam senin dan Malam Jum,at
  ba'da isya di Mantingan Senori. Malam Jum'at di Jl.
  Teuku Umar 9A Belakang depot Barokah. Desa Mantingan -
  Senori Tuban

  ZAWIYAH NAQSYBANDI DEMEN - NGANDHEL
  Ngantingan-Senori, Jojogan, TubanMasjid Demen Ngandel Naqsyabandi, Dusun NgantinganDesa Banjarworo, Kecamatan Bangilan TUBAN, Bp. Munzaki HP 081335636418, Tiap Senin Malam dan Kamis Malam Bada Isya.

  ZAWIYAH NAQSYBANDI SIWALAN
  Mushalla Komplek Siwalan Permai, Tuban Yudi 0813 3065 4310

  BALI - PESANTREN PONDOK ASRI
  Singaraja, Bali. H. Sauqi 0813 3877 5421 Ridwan Pinem
  0812 3992 329

  B A L I K P A P A N :
  Perumahan Bumi Rengganis Blok 5A No. 110 Balikpapan
  Kontak Person Hidayat HP. 0815-20300505

  S I N G A P O R E :
  Zawiyah Syaikh Zakaria, Singapore TAMPINES ST 34 BLOK
  362 #05-379. Syaikh Zakaria Hp 98364094.

  M A L A Y S I A
  Pusat Zikir Naqshbandi di Malaysia dan nombor telefon
  untuk dihubungi: Kuala Lumpur - Saudara Ahmad Nazim
  (012) 913-8449 (English speaking) dan Bro. Mus (012)
  382-9050 (Bahasa Melayu). Alor Setar, Kedah - Saudara
  Rosli (012) 419-4265. Kota Bharu, Kelantan - Saudara
  Ku Din (019) 966-3993 Alamat Dergah Pulau Pinang : No
  24, Cangkat Minden Jalan 16, Minden Height, 11700
  Pulau Pinang (Hubungi saudara Isa: 016-4703441)

  JADWAL DZIKIR DAN LOKASI DZIKIR AMERIKA, EROPA, AUSTRALIA, ASIA, AFRIKA SILAHKAN AKSES www.mevlanasufi.blogspot.com