Islam berpaham Murni maksudnya adalah mengambil rujukan2 dari
wahyu2 ALLAH,bukan dari hadits2 budaya arab.Kami berpendapat
hadist2 budaya arab hanya untuk orang2 Arab,bukan peraturan2
Islam.

Tadarus yang sering dilakukan oleh umat Islam setiap bulan
puasa sudah merupakan sebuah tradisi, dgn harapan ALLAH akan
memberikan pahala2 yang banyak,demikian ulama2,usztad2 menje
lasakan kpd jemaah2 dari tahun ke tahun.Walaupun mereka tidak
mengerti apa yg dibacanya bersama sama itu.

Bagi kami dari Islam yang berpikir maju, Tadarus itu adalah
suatu kelucuan saja, karena mereka tidak mengerti apa yg dibacanya.

Kami lebih menekankan dlm bulan puasa ini, untuk mempelajari
rahasia2 ALLAH lewat ayat2nya yang sudah di terjemahkan kedalam
bermacam bahasa. Dgn mengetahi peraturan2 ALLAH ,makin terhindar
kita dari perbuatan2 terlarang, dan termotivasi kita utk mengerja
kan kewajiban2 kita sebagai hamba2Nya.

BAGAIMANA CARA YANG EFEKTIF DAN EFISEN MEMPELAJARI AL QURAN?

Inilah beberapa Tips dari pengalaman saya mengali RAHASIA2 ALLAH
Yang Maha Perkasa, Maha gaib, Maha Adil dan Bijak sana,Maha
pemurah lagi Penyayang, maha Besar lagi Maha mengertahui.dll

Semoga bermanfaat bagi para pemabaca.mari kita manfaatkan bulan ramadhan ini
untuk mengetahui semua peraturan2 ALLAH dgn sebaik baiknya.Selamat melakukan..

=============================
DARI PENGALAMAN:METODE BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISEN.

Bismilahirrahmanirrahiim.

Tiada Tuhan Kecuali ALLAH Yang Maha pengasih Dan Maha Penyayang

Muhammad saw adalah seorang pesuruh ALLAH Yang Agung

Al Quran adalah Pertauran2 ALLAH yang Benar dan suci.

Semoga ALLAH Yang Maha Pelindung melindungi saya dari tipu

setan terkutuk.

Al Quran itu adalah kumpulan peraturan2 ALLAH untuk manusia.
Al Quran itu di turunkan kepada Nabi Muhammad swa selama 23

tahun, sedikit demi sedikit sesuai keperluan Nabi berdakwah.

Al Quran itu adalah peraturan2 ALLAH yang lengkap, sempurna dari kitab2 Taurat
dan Injil.

Al Quran itu adalah mudah dimengerti karena untuk semua orang dengan tingkat
kecerdasan yang berbeda beda. Hanya ada beberapa ayat ALLAH saja dimana ulama2
berbeda pendapat memahaminya.

Dalam hal ini setiap kita dibolehkan untuk berijtihad atau mengambil kesimpulan
dari makna ayat2 yang tidak jelas. Kalau ada Rasul kita akan bertanya kepada
Rasul.

Tapi pada umumnya ayat2 ALLAH mudah,jelas dan terang mana yang halal mana yang
haram dll. Tidak ada keraguan padanya.

Berbagi ilmu dan pengalaman;

Pengalaman saya dalam mempelajari Al Quran bertahun tahun dan sampai sekarang
masih terus menyilami atau menggali "Rahasia2 Al Quran Karim".

Saya ingin membagi pengalaman saya ini kepada pemuda2 dan pemudi2 yang benar2
ingin mengetahui DIIN ALLAH itu. Syariat Islam yang benar yang harus kita imani
100%.

Sangatlah rugi seorang muslim yang menompang pemahaman islamnya kepada orang
lain,karena setiap ulama2 berbeda beda dalam mengaplikasikan ajaran2 islam yang
indah itu.

Lihatlah berapa banyak golongan2 islam di dunia ini? Kalau kita tidak
mempelajari sendiri al Quran itu saya kira mudah tersesatkan ,kalau kita sesat
akan kecewa, namun guru2 kita tidak bisa bertanggung jawab atas dosa2 kita..

Sesungguhnya,kalau kita memahami Islam dengan ilmu, dengan kepahaman yang
sempurna, dengan pelaksanaan dan penghayatan Islam itu sungguh cantik dan
membawa kemajuan2 dengan sendirinya.
maka lahirlah pemahaman Islam yang berkasih sayang,membawa kemajuan2,kuat
ekonominya, rasional, modern, demokratis, dan toleran.

Sebaliknya golongan islam yang tidak membawa kemajuan2, artinya mereka salah
mengaplikasikan peraturan2 ALLAH tersebut. Bukankah demikian?

Kalau anda tidak mempelajari Islam dengan baik, bagaimana kita akan menentukan
keyakinan kita beragama,karena begitu banyaknya golongan2 atau mashab2 dalam
Islam.

Kalau kita tidak pelajari al Quran,sudah tentu kita akan menompang kepercayaan
orang lain yang mana belum tentu benar.Seperti berikut ini;

Islamic Groups  :

Sunni,TwelverShi'ite,Sufi,Kahrijites,Wahhabis,Ismailis, Zaidis,Alawis,
Nizari,Druze,Bahai,Ahmadiah

Jemmah Tablikh,Jemmah Arqam or Rufaqa,Jemaah Darul Tauhid,Ect.

Metode yang terbaik, efektif dan efisien adalah dengan cara mengklarifikasi
setiap ayat2 ALLAH kedalam bermacam hal; misalnya seperti dibawah ini. .

Kumpulankan ayat2 ALLAH dalam suatu buku tentang;
1.Ayat yang menjelaskan sifat2 ALLAH.
2 Ayat2 tentang AL QURAN.
3.Semua Kebesaran ALLAH....Kejadian alam.
4.Kejadian manusia, sifat2 manusia, tujuan hidup manusia dll
5.Ekonomi,technologi dan science
6.Bersyukur. Rezeki,
7.Larangan2, makanan yang haram , halal dll
8.Perintah2 ALLAH yang wajib dikerjakan.
9. Warisan,wanita, anak2, orang tua, orang miskin,kaya dll.
10. Qualifikasi masyuk syurga, neraka. Berapa macam tingkat syurga.
11. Ayat2 ALLAH waktu peperangan, dan waktu damai.
12.Peringatan dan kabar gembira
13.Doa2
14.Hukuman ALLAH, atau azab di dunia, di kubur dan di akhirat.
15.Kemerdekaan beragama, hak azazi manusia, demokrasi,
16.Ayat2 tentang kematian
17.Tauhid, Shalat,puasa,haji, zakat, taqwa, tawakal dll
18. Pedoman bersahabat dgn non islam
19.Pedoman bergaul antara sekte2 islam
20 Ayat2 yang diturunkan waktu peperangan.

21,Ayat2 yang diturunkan sesudah terdapat kedamaian.

22.Dll.

Makin detail anda mengklarifikasi ayat2 ALLAH makin enak dibaca, mudah
dipahami, dan mudah di afalkan.

Kalau ada keinginan mempalajari bahasa Arab baik sekali, tapi kalau tidak ada
keinginan jangan dipaksakan, tidak efisen, karena terjermahan2 Al Quran sudah
banyak di pasaran baik dalam bhs Indonesia maupun dlm bahasa Inggeris, dll.
yang di terjemahan oleh para ahli2 bahasa dan ahli2 agama yang professional.

Walau ada perbedaan satu sama lain, tapi tidak siknifikan. Kalau kita belajar
bahasa Arab akan memakan waktu 5-10 tahun belum tentu bisa seperti ahli2 bhs
yang profesional.

Tafsiran2 Al Quran pun sudah banyak,bacalah tafsiran2 dari bermacam macam
mashab agar kita bisa membanding bandingkan mana yang terbaik dari semuanya.

Dalam satu bulan, dua jam sehari, ada akan mendapat petunjuk dari ALLAH yang
sangat berarti bagi kehidupan anda berikutnya.

Kenapa demikian saya katakan,karena dengan metode seperti ini, pemahaman ajaran
islam saya jauh lebih baik dari sebelumnya..

Dulunya saya belajar dari guru2 agama, jadi pemahaman agama saya banyak
tergantung kepada guru2 saya. Dan setelah saya pelajari sendiri ternyata banyak
perbedaan dalam mengaplikasikan peraturan2 ALLAH.

Saya sangat bersyukur kepada ALLAH yang telah membimping saya memahami
peraturan2Nya lebih benar dari sebelumnya.

Alhamdulillah ALLAH memberikan hidayah kepada saya hadiah yang sangat berharga,
saya bersyukur dan gembira menemukan ajaran islam yang benar dan Murni.

Al Quran adalah buku petunjuk saya, buku pedoman hidup saya dalam sehari hari.
Al Quran adalah sumber inspirasi saya, Al Quran adalah sumber ilmu saya, Al
Quran adalah teman saya dalam berbicara atau berdialog dengan ALLAH pencipta
manusia.

Bagi pemuda2 dan Pemudi2 yang ingin mencoba metode yang efekstif dan efisien
ini insya ALLAH ALLAH akan berikan kemudahan2 kepada anda semua insya ALLAH.
Berdoalah seperti doa dibawah ini;

Yaa ALLAH yaa Tuhan kami, berikanlah kepada kami ilmuMu yang seluas luasnya,
berikan kepada kami rezeki yang sebanyak banyaknya dan sembuhkan kami dari
segala sakit penyakit yaa ALLAH yaa Tuhan kami Yang Maha Berkusa di langit dan
di bumi, kepada siapa lagi kami bermohon yaa ALLAH yaa Tuhan kami kalau
bukanlah kepada Mu yaa ALLAH yaa Rabbi.amin

Bagi pemuda2 dan pemudi2 yang ingin mempunyai ilmu yang luas dan rezeki yang
banyak serta kesehatan yang prima,janganlah lupa berdoa kepada ALLAH seperti
diatas ini setiap shalat.

Kenapa?
1. Ilmu adalah sangat penting sekali,tanpa ilmu kita tidak bisa bertemu dengan
ALLAH dan tidak bisa sukses hidup di dunia ini, seperti orang2 tinggal dihutan2
saja.

2. Rezeki atau hadiah dari ALLAH adalah sangat penting untuk memakmurkan
keluarga,masarakat dan agama islam, dan untuk mempertahankan agama ALLAH.

Jangan salah kaprah, rezeki bukanlah tujuan hidup seorang muslim.

Rezeki adalah hadiah2 dari ALLAH karena bekerja untuk ALLAH.

Jadi tujuan hidup kita adalah "Bekerja untuk ALLAH"

Sebab kemiskinan adalah kufur, hukuman dari ALLAH,karena ALLAH tidak percaya
dan sayang kepadanya. Makin banyak rezeki dari ALLAH artinya ALLAH makin sayang
dan percaya kepada kita.

Seumpama; orang2 yang professional dalam olah raga maka dia  banyak menerima
piala2 atau reward karena berlaih sungguh2. Orang2 yang tidak ada
keahlian(malas) maka dia tidak akan menerima piala2 bukan? Demikian pula
berkeraja untuk ALLAH di dunia ini.

3. Kesehatan adalah sangat penting sekali dalam bekerja untuk ALLAH,bagaimana
kita bisa bekerja untuk memakmurkan bumi ALLAH ini kalau tubuh tidak sehat,maka
mintaklah kepada ALLAH terhindar dari segala sakit penyakit lahir dan bathin.

Orang yang sakit adalah hukuman dari ALLAH,karena kelalaian menjaga tubuhnya
sendiri.

Siapa2 yang tidak bermohon kepada ALLAH artinya orang2 itu adalah sombong,
karena dia tidak memerlukan pertolongan dari ALLAH untuk meraih ilmu,rezeki dan
kesehatan dari ALLAH.

Bukankan semua milik ALLAH,maka mintaklah kepada Nya. Berkerjalah sungguh2
kemudian ALLAH akan kabulkan permintaan kita insya ALLAH.

Semoga ada manfaatnya bagi pemuda2 dan pemudi2 yang benar2 ingin mengetahui
peraturan2 ALLAH untuk pedoman hidup kita di dunia ini.

wassalamu'alaikum wrwb.
Barang siapa yang tidak mencintai manusia, maka dia belum lagi mencintai ALLAH
swt.HR Muslim. Love to all, love your neighbor as you love yourself.

Creative Al Quran Study.
Al Quran gives the true solution
Book Seri I.
By Abdullatif.