On Tue, Dec 25, 2001 at 11:55:57PM -0700, dody suria wijaya wrote:

> wah, kalo elo ambil, nurunin pasaran admin linux ;)
> emang bener sih kerjaan admin linux enteng. menurut pengamatan gue:
> download2 freshmeat, belajar ngompile, nambah user, instal linux,
> nambah hd space..yg paling ngabisin waktu biasanya: 1. bingung
> nginstal software baru (baca readme/faq), 2. bingung ngompile gak
> jalan. not much really.
>
> bukannya gue merendahkan tugas admin linux. penting lho admin itu.
> sifat pekerjaannya aja yg perlu disadari, sesuai namanya:
> administratif/clerical. tapi kalo suka, ya gak papa.

Kesulitannya justru baru timbul ketika harus tanganin 100 server
sekaligus misalnya. Anggap mendadak ada security hole, sedang 100 server
tersebut ada beberapa yang berbeda O/S nya misalnya.
Gimana cara menghadapinya ? upgrade satu per satu ? atau buat script,
atau buat program ? atau susah susah disconnect aja satu per satu dari
network terus tinggal tidur :)