On Thu, Jul 24, 2003 at 05:34:04PM -0400, fade2blac wrote:
> Saya belum pernah cluster di level aplikasi (macam oracle).
> Cuma untuk level file system bisa pake LVS+Coda+Heartbeat.

cluster untuk database bisa dilakukan dengan dua cara:
-1- dua database server daisy-chained (mereplikasi satu sama lain)
    di level aplikasi
-2- dua database server mengakses object data yang sama

setahu saya, oracle support keduanya. untuk data yang besar
(cepat terupdate), orang cenderung melangkah ke point 2, karena
sifatnya yang lebih low level -> less overhead.

mengenai steeleye yang disebut-sebut, kalau itu melulu software,
dugaan saya menggunakan infrastruktur NBD (network block device)
yang sudah tersedia di linux. setahu saya lagi ada beberapa project
yang berkaitan dengan infrastruktur nbd di linux ini.

oracle menggunakan filesystem sendiri, jadi dia mengharap
akses langsung ke block device, entah networked atau tidak.

FYI, kalau dibandingkan dengan mysql, point 2 agak sulit, karena
mysql mengakses filesystem. kecuali mungkin menggunakan clustered
fs macam opengfs. tapi, yang jelas mysql tidak mensupport point 2
(belum).  support untuk teknik pada point 1 di mysql sudah ada.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja