on 10-09-2003 3:46 PM [EMAIL PROTECTED] said the following:
saya lagi  nyoba nginstall qmail1.1 karena ada fasilitas ezlmlm-nya unutk
mailing list., tetapi status-servernya sekarang :

bisa nerima nggak bisa ngirim...?

cat:
- untuk webmail qmail1.1 menggunakan sqwebmail
- kalo di sendmail khan sendmail.cf yang di utak-atik. lah kalo di qmail
  dimana yach ...?

Sorry bukan mau mancing flamewar, ini cuma pendapat pribadi aja, saya mencoba utk seobjektif mungkin.

qmail memang bisa rumit utk dipelajari khususnya buat yg baru mengenal dunia unix/linux, apalagi yg baru pertama kali install MTA. Kalo udah fasih sih memang enak, tapi kalo udah lama gak pake mau ngubah dikit2 mesti baca man page soalnya udah lupa, buat org awam kayak saya gini kurang intuitive.

Kalo memang requirementsnya tidak kompleks, saya lebih menganjurkan install Postfix aja. Menurut saya lebih "human" lah drpd qmail, lebih intuitive. Mailing list managernya pun bisa pake Mailman, utk webmail bisa pake courier-imap + squirrelmail. Apalagi anda udah nyinggung2 sendmail.cf, mungkin lebih painless kalo migrate ke postfix dibanding ke qmail. Download dan installnya pun tinggal ikutin petunjuk dr Wietse yg mudah dipahami, step-by-step, nggak kayak qmail yg (biasanya) mesti patch sini situ dulu (nggak harus sih, cuma saya jarang nemu org pake vanilla qmail).

Ronny