on 11-09-2003 10:43 AM Denni Pidono said the following:
Seperti saya bilang kalo requirementsnya nggak kompleks saya
langsung install vanilla postfix (saya langsung tau downloadnya dr
http://www.postfix.org dapet yg latest version, tak usah cari2 yg
udah bundle), dlm waktu 10 menit (udah termasuk compile) biasanya
udah up and running dan nggak usah diutak-atik lagi settingnya
sampe berbulan2 bahkan ada yg udah 2 tahun.

Tidak utak-atik lagi settingnya bisa secure? Sehebat itukah Postfix? Ato memang tidak ada yang mencoba untuk menjebol mesin Postfix itu?

Saya tidak menyinggung2 soal security deh perasaan di posting saya sebelum2nya. Lagipula kalo ada bugfix release saya bisa upgrade tanpa perlu ganti setting (selama ini belum pernah anyway), jadi tidak berhubungan langsung antara ganti2 setting dg security. Tentu saja waktu pertama diinstall harus diset bener dulu dong confignya, setelah benar ya tidak usah diganti2 lagi sampe lama biasanya.

Jangan terlalu digeneralisasi, itu yg saya tulis kan hanya satu kasus utk saya saja. Sekali lagi mohon jangan dianggap saya lagi promosi Postfix, hehe.. saya cuma menawarkan alternatif aja, karena kebetulan dr pengalaman saya suka jadi siapa tau bisa berguna buat rekan lain yg cuma mau cari MTA aja dan kebetulan lagi struggling dg qmail.

Ronny