Dear All,

Sebelumnya saya sudah install postfix yang berjalan dengan baik ,
sekarang ini saya mau coba install MailScanner + ClamAv sebagai
antivirusnya.
Saya sudah coba install MailScanner berdasarkan guidenya sbb :
1. copy satu direkoti /etc/postfix ke /etc/postfix.in
2. tambah defer_transports = smtp local virtaul relay di postfix.in
3. ganti queueu_directory = /var/spool/postfix.in
4. copy /var/spool/postfix ke /var/spool/postfix.in
5. di /etc/postfix/master.cf --> # smtp net n - n - - smptd

di MailScanner.conf
Run As User = postfix
Run As Group = postfix
Incoming Queue Dir = /var/spool/postfix.in/deferred
Outgoing Queue Dir = /var/spool/postfix/incoming
Incoming Work Dir = /var/spool/MailScanner/incoming
MTA = postfix

Begitu saya jalankan check_MailScanner hasilnya sbb :
MailScanner running with pid 2306

Yang mau saya tanyakan kenapa begitu saya restart postfix dengan
MailScanner yg sudah jalan , saya tidak bisa kirim email sama sekali ..
Begitu saya rubah master.cf --> smtp net n - n - - smptd  , baru bisa
kirim email lagi .., lalu dari mana saya tau bahwa MailScanner ini sudah
jalan atau belum ? ,
saya coba lihat dgn ps -ax hasilnya sbb :
30308 ?        Z      0:00 [MailScanner <defunct>]

Mohon bantuannya ...

Tks
Naldy