On Wednesday 22 October 2003 01:07 pm, Ronny Haryanto wrote:

> Itu hanya 'cleaning up after the mess', tidak menyembuhkan penyakitnya.
>
> Anyway, silakan dibaca man page utk sshd_config(5) siapa tau ada
> optionnya yg cocok dg yg anda cari.
>
>       man 5 sshd_config
>
> Ronny

Penyakitnya adalah komputer client saya untuk akses remote yang sering restart
karena masalah listrik (mungkin karena umurnya yg sudah uzur dan tanpa
stabilizer/ups.... :D ), tapi itu bagian external dari masalah ssh server yg
saya tanyakan.

Sudah ketemu optionnya :
ClientAliveInterval
ClientAliveCountMax
The ClientAlive* options control inactivity from a protocol standpoint, not
from a not-typing-anything-at-the-shell standpoint. This is useful for
cleaning up sessions where the client has become disconnected/crashed/changed
IP.