On Wed, 22 Oct 2003, Yulian F. Hendriyana wrote:

> On Rab, 2003-10-22 at 08:59, Rio Martin wrote:
>

> jika punya network (alokasi IP) dan hendak multihoming (dual peering ke
> internet) bisa minta ASN ke APNIC
>
> untuk OSPF minimal dua router menjalankan zebra dan ospfd, makin banyak
> makin lebih baik (parameter bakal nambah)
>

> untuk BGP nggak punya ide, tapi kayaknya bisa kalau sekedar percobaaan
> pake 2 - 3 router seperti di manual bgp

mm..
mulai dari sini aja deh :)

brarti, OSPF untuk network dengan skala kecil sedang BGP baik nya untuk
network yang besar ? bener gitu ya pak admin kuh tercinta ? :)
terus untuk ASN private itu gmana pak? perlu juga di minta ke APJII ato
udah ada ASs sendiri buad eksperimen? mungkin sperti IP Private.

nurut gw susah banget (: ini protokol routing nya kok banyak amat si pak
jay.. susah juga kalo mo baca semua RFC nya :| apa harus di pili mana yang
enak aja ya? kalo bole memili.. gw milih routed aja deh! hehehhe

psstt.. TOMMI GAK GITU DEEH !! :b

mm.. ada satu lagi, RIP itu lagi apa yak?? bukannya ia routing protocol
juga? dan mengapa harus belajar bermacam macam protokol ya?
kasian anak cucu gw yang nanti nya blajar komputer juga, skr aja udah
banyak gini gimana nanti nya?...bisa botak baca RFC segitu tebal nya (:

> yang rumit sih misalnya implement bgp router iix (di iix, bukan di
> ispnya) karena banyak interfacenya, parameternya, aturan, filtering dsb
> yang harus dipasang di konfigurasi bgpnya
>
> kalau sekedar dual-homing (misal link1 ke internet, link2 ke iix)
> paling-paling masang filter network yang diterima dari iix tidak
> diadvertasi ke internet, begitu pula sebaliknya

btw, pak admin kuh tercintah, gw kesitu blajar bole ga? (:
kayak nya dengan pralatan yg ada skr kurang mencukupi (: ato pikiran gw
yang terlalu naif ya =)

> kasus problemnya lebih sering di network lawan, misal tahun lalu
> kurusetra sering problem karena nggak dapat advertise networknya dari
> iix, ya otomatis jalur pindah lewat internet sedangkan uplink network
> sana kecil, jadi aja lemot

duh.. soal kurusetra ga ikut2an deh!! capek ngumpulin 'menyan' nya!!
harus di jaga 24 jam kalo ga di curi ama Rio !! lol

eh yo.. lo blajar ini juga ya? waaaa.. ada caingan donk! aciikk nihh... ;)

nu lieur baca RFC..

- -= avudz =-
- ------

" www.academoz.or.id/~avudz  ^_^   www.v1t4.cc "
Get Revenge!  Live long enough to be a problem for your children!