On Fri, Oct 24, 2003 at 07:36:18AM +0700, Justinus Andjarwirawan wrote:

> menggunakan SA yang
>
> apa tuh SA?

SpamAssassin

> apakah ini yang dimaksud (dari /etc/amavisd.con):
>   @bypass_spam_checks_acl  = qw( . );  # uncomment to DISABLE anti-spam code

Kalau anda memang menggunakan amavisd-new, coba anda lihat pada
"Section VII  - External programs, virus scanners, SpamAssassin",
disitu ada setting untuk SA. Tentu saja anda harus menginstall
modul perl SA terlebih dahulu :-)

Karena ditempat saya hanya memfilter email berdasarkan domain di
smtpd_sender_restrictions, maka otomatis content_filter tidak
digunakan :-)

$ postconf content_filter
content_filter =

 Asfihani