On 24-Jan-2001, N Kurniawan wrote:
> katakan saya punya file sebesar 15 MB (text)
> lantas saya cuman perlu 1 MB terakhir (last lines). kira2 scriptnya spt apa?
> sudah coba pakai text editor koq rasanya "lucu" gitu  :)

Ya lucu kalo pake text editor yang primitif di mana kita harus hapus
barisnya satu per satu. Coba buka pake vim, trus pegi ke baris yg
mulai mau disimpan (misalnya cuma mau mulai baris 25000 sampe habis),
lalu tinggal 'd1G', lalu simpan. Beres lah.

Kalo mau bikin program tinggal fopen, fseek skip 14MB pertama, trus
print ke stdout sampe EOF. Lalu tinggal redirect stdout ke file yg mau
disimpen.

Ronny