Quoting Steven Haryanto <[EMAIL PROTECTED]>:

> bung hadi, pengertian "browsing session" anda keliru. satu "browsing
> session" di sini bukan berarti satu window browser, tapi seluruh
> instan proses[-proses] browser yang sedang berjalan. jadi jika anda
> membuka 8 window IE, di situ ada 1 browser session, bukan 8. jika
> saya shopping di amazon dan berbelanja di 2 window sekaligus, semuanya
> tercatat di session ID yang sama.
Emang begitu maksud saya, banyak window yang session idnya sama. Mungkin
istilahnya salah, sorry :)

> masalah shopping cart yang anda ceritakan di bawah memang dipecahkan
> dengan session. tidak perlu menyamakan session id yang satu dengan
> yang lainnya.
Nggak, maksud saya kita nggak perlu berusaha menyamakan sessid secara explisit.
Seperti anda bilang di Amazon kalau belanja di 2 window sekaligus, semuanya
tercatat di sessid yang sama. Hal ini bisa terjadi kalau si user membuka window
baru atau misalnya dengan javascript:window.open, dan karena sessidnya pake
cookie, jadi window yang baru otomatis sessid-nya sama, CMIIW. Dari sisi php di
server-nya sendiri tidak ada usaha untuk menyamakan sessidnya.
Ya, jadi kembali ke pertanyaan saya, kalau ada akses bersamaan, apa bisa
dijamin hasilnya sesuai yang diharapkan (dengan hanya menggunakan session,
tanpa usaha tambahan) ? Maksud saya, kalau di java, untuk menghindari
simultaneous akses ke sebuah method kan methodnya bisa dijadiin synchronized,
jadi setiap akses ke method itu akan masuk ke antrian, dan dalam satu saat
hanya satu akses saja yang menjalankan fungsi, concurrency control mungkin nama
kerennya, terus kalau akses file di php bisa pake flock, share memory pake
semaphore, nah terus kalo session ada atau nggak mekanismenya, that's all what
i want to know. Soal browsing session dan shopping cart itu cuma contoh saja.

PS:kalo ada salah istilah (lagi) tolong dimaafkan :)

Hadi PS
Visit Ukhuwah.or.id at http://www.ukhuwah.or.id
The Coolest Islamic Portal in Indonesia