> //sebuah variable untuk tanggal - thn 2002 bln 09
> $tgl = 200209
> // trus ceritanya mau saya jadikan bulan depan
> echo date("$tgl", strtotime("next month");
>
> kok nggak bisa jadi bulan depan ya ? maksud saya
> jadi 200210 begitu, gimana nih ? tolong ya,

Pertama2, kalo anda belum punya dokumentasinya PHP, download dulu dari:
http://www.php.net/download-docs.php

Penggunaan fungsi2 di atas kurang tepat, mungkin karena anda salah
menginterpretasikan penjelasannya dari manualnya.

date() itu memformat suatu tanggal/waktu dari format UNIX timestamp ke
format string yg dikehendaki. Anda menggunakan date("$tgl", ...) itu sudah
jelas salah karena $tgl itu bukan format tanggal, tapi tanggalnya sendiri.

strtotime("next month") itu relatif terhadap kapan statement itu
dijalankan, jadi kalo dijalankan pas bulan 2 ya hasilnya bulan 3. KECUALI
kalo anda kasih argumen kedua maka dia jadi absolute, misalnya strtotime
("+1 month", $tgl), tapi $tgl juga harus dlm UNIX timestamp.

Lalu assignment $tgl = 200209 itu juga menandakan anda mungkin belum
memahami penyimpanan tanggalnya PHP, yaitu dalam UNIX timestamp (yg
disimpan adalah jumlah milliseconds sejak 1 Jan 1970).

Coba ini:

$mydate  = mktime(0, 0, 0, 9, 1, 2002); # tgl 1-Sep-2002 dlm UNIX ts.
echo "<p>mydate = [$mydate]: ". date('r', $mydate). "\n";
$nm = strtotime("+1 month", $mydate);
echo "<p>nm = [$nm]: ". date('r', $nm). "\n";

Ronny