Ishak Ahmad wrote:
> hallo, rekan2
> aku mo nanya, gimana sich cara penambahan tanggal pada
> PHP.
> aku mau buat program yang bisa nambah tanggal secara
> langsung apabila ada yang ngedaftar.
> ex : tanggal daftar 2002-11-25 00.00.00, maka tanggal
> expire-nya adalah 2003- dst

Ini mungkin merupakan salah satu (kalau bukan yg utama) alasan kenapa secara
internal, informasi waktu/tanggal di unix disimpan dlm bentuk unix timestamp
(jumlah detik sejak unix epoch, 1 Jan 1970 00:00:00 GMT), yaitu utk
memudahkan arithmetic waktu seperti ini.

Menjawab pertanyaan anda, kalo saya melakukannya begini (dan ini saya rasa
cara yg paling dasar):
tanggal yg dimaksud itu saya convert ke unix timestamp (kalo belum),
misalnya dengan mktime(), lalu saya tambahkan perbedaannya dalam satuan
detik (kalo 365 hari berarti 365 * 24 * 60 * 60 detik), lalu ketika akan
ditampilkan tinggal diformat ulang, misalnya dg fungsi date().

$tgl_skrg = time();
echo "<p>Skrg: " . date("r", $tgl_skrg);
$th_depan = $tgl_skrg + (365 * 24 * 60 * 60);
echo "<p>Th Depan: " . date("r", $th_depan);

Cuma kalo seperti di atas lalu mau nambah 1 th (dalam arti tanggalnya sama
persis tapi tahunnya nambah satu) bisa agak repot kalo kena leap year (th
kabisat) soalnya th depannya tidak ada tgl 29 Feb, tapi bisa diakalin asal
bisa ngecek tahun ini kabisat atau nggak:
$is_leap_year = checkdate(2, 29, ${getdate()}['year']);

Ronny