On Wed, May 25, 2005 at 11:28:30AM -0700, green bat wrote:
> Aplikasi saya adalah client Socket TCP/IP dan connect ke suatu server,
> bila tidak ada aktivitas X menit maka server akan memutuskan koneksi.
> Nah... gimana caranya kita selaku client mengetahui status tersebut?

Catat timestamp tiap kali anda mengirim atau menerima sesuatu dari/ke
peer. Lalu pasang timer utk ngecek diff timestamp itu dg waktu skrg,
kalo sudah melewati threshold tertentu (yg anda definisikan sendiri
artinya "terlalu lama" itu seberapa lama, alias "X menit") maka anda
tinggal disconnect.

> Event apa yang akan keluar bila server tersebut memutuskan koneksi?

Wah kalo ini biar rekan lain yg lebih pengalaman yg jawab, soalnya
saya udah terbiasa high-level, gak pake low-level socket programming
lagi jadi udah lupa, hehe.

Ronny