gdeys...@gmail.com wrote:
2009/12/21 Donny Kurnia <donnykur...@gmail.com>:
gdeys...@gmail.com wrote:

Kalau tujuan yang hendak dicapai adalah sorting foto, maka bisa dicoba pakai
aplikasi ini:
http://linux.softpedia.com/get/Multimedia/Graphics/AmoK-Exif-Sorter-34231.shtml

Kalau yang ingin dicapai adalah belajar membaca exif data di dalam sebuah
file gambar, coba install exif. Di ubuntu install dengan perintah:
sudo apt-get install exif

Contoh output:

$ exif DSCN8909.JPG
EXIF tags in 'DSCN8909.JPG' ('Intel' byte order):
--------------------+----------------------------------------------------------
Tag                 |Value
--------------------+----------------------------------------------------------
Image Description   |
Manufacturer        |NIKON
Model               |E5600
Orientation         |top - left
x-Resolution        |300.00
y-Resolution        |300.00
Resolution Unit     |Inch
Software            |E5600v1.0
Date and Time       |2006:03:16 16:43:36
YCbCr Positioning   |co-sited
Compression         |JPEG compression
x-Resolution        |300.00
y-Resolution        |300.00
Resolution Unit     |Inch

Aku sudah nyoba pake exif, berikut hasilnya :

$ exif Screenshot.jpg
Corrupt data (ExifLoader):
The data supplied does not seem to contain EXIF data.

Kira2 salahnya dimana yach ?

output diatas saya cut karena kepanjangan. Informasi tanggal bisa terlihat
dari output exif. Silahkan dikombinasikan dengan grep untuk mendapatkan
komponen yang diinginkan (tahun, bulan, tanggal, jam, menit, detik, dll).

Coba dulu dengan satu file, baru di-loop terhadap file-file yang ada.

Yang itu akan saya coba,

Info yang dari sini http://www.linuxjournal.com/node/1005967 Keknya
sangat membantu, sedang dipelajari.

terima kasih.

Masalahnya ya di filenya, data exifnya corrupt. Coba buka pakai aplikasi seperti eye of gnome, apakah data exifnya bisa terbaca, atau memang beneran corrupt?

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com