> Mas Arif, tapi kenapa kalo pake windows saya bisa internet, trus gimana cara

pakai window dengan pc (dual boot) dan modem yang sama ya ?
mungkin di windowsnya, seting 'wait for dial tone' dimatiin, sehingga
windows tidak mendeteksi dial tone lagi.

> ngelacaknya:), sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk pencerahannya.

coba cek pake telepon bisa, angkat telepon dengarkan suaranya gimana. tone
yang benar (nggak pake fitur) bunyinya '...ttttuuuuutttt' panjang dengan
suara 'melenking' tanpa henti. kalau suaranya agak lembut, atau putus2,
berarti pake fitur. cek aja ke telkom.

ohya, asumsi diatas berlaku karena kata anda di linux ada message 'no dial
tone'.

barangkali ada kemungkinan lain atau pengalaman dari rekans lain...

salam
arif