> From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]
>
> Saya baru install driver hsfmodem kemudian dan berhasil.
> tapi saat saya mau buka hsfconfig, ada pesan
>
> hsfconfig: command not found
>
> demikian juga untuk perintah-perintah lainnya seperti lsmod, modprobe,
> chkconfig, pesannya 'command not found'.
> Ini kenapa ya ?

Coba jalankan full-path, eg: /sbin/lsmod. Begitupun dengan hsfconfig,
pastikan hsfconfig diinstall ke dir mana, lalu jalankan full-path nya.

> Saya udah coba cek, semua file-file itu ada di directory /sbin,
> apa ada hubungan dengan file permission? Padahal saya udah login
sebagai
> root.

Kalo konteks dengan file permission, messagenya: lebih-kurang '...
permission denied'.
Aneh juga, padahal kalo login as root, harusnya cukup menjalankan
binarynya saja [eg, cukup 'lsmod'], kecuali as user, dibutuhkan
full-path. Itupun masih bisa diset melalui .bashrc nya kalo tidak salah,
untuk bisa execute langsung. Apakah hal ini terjadi sejak pertama, atau
akhir2 ini saja?

> Sebelumnya terima kasih untuk bantuannya.
>
> Salam,
> Henry

hth, yaya