Kemurahan Hati

Memaafkan kesalahan orang lain berarti kemuliaan pada diri sendiri. si
A mengetahui ketika ada orang yang menjulukinya dengan panggilan
"keledai", dia sama sekali tidak marah, malah sebaliknya menganggapnya
sebagai suatu pujian, dengan senang hati menerimanya. Dia mendorong
semangatnya sendiri dengan panggilan keledai tersebut, sebab keledai
memiliki sifat kerendahan hati, sederhana, tekun dan sifat khususnya
yang selalu puas dengan apa yang diperolehnya, terhadap tangan kasar
dan penghinaan semua dihadapinya dengan tenang.

Kisah ini kelihatannya sangat menggelikan, dan merupakan sebuah
kenyataan yang diabaikan oleh banyak orang. Banyak sekali orang dalam
seumur hidupnya, hanya mementingkan kehormatan nama dan keuntungan,
tetapi lupa bahwa dia akan mati di kemudian hari. Setiap orang sejak
dilahirkan, tidak ada yang tahu kapan dirinya akan mati, maka hidup
juga bukan milik kita sendiri. Dia bilang: "Tidak ada orang yang
menjadi marah oleh karena hilangnya kehidupan." Ada orang yang
mengritik Lincoln bermuka dua. Dia berkata sambil menunjuk wajahnya
sendiri yang sangat biasa lagi pula tidak begitu gagah: "Jika saya
mempunyai wajah yang satunya lagi, coba Anda renungkan apakah saya
masih akan menyandang wajah ini?"

Dalam sidang interpelasi yang dihadiri perdana menteri Inggris
Churchil, ada seorang anggota kongres wanita menunjuk Churchil dan
memarahinya: "Jika saya adalah istri Anda, saya pasti akan memasukkan
racun dalam kopimu!"

Di saat demikian, semua anggota kongres diam, semuanya tegang menanti
bagaimana Churchil akan menjawabnya. Churchil dengan tenang dan kalem
menjawab perlahan: "Jika Anda istri saya, saya pasti akan menghabiskan
seluruh isi kopi itu." Sepanjang hidup manusia, orang yang tidak takut
dikritik sudah tidak banyak, namun orang yang memiliki kemurahan hati
seperti ini jauh lebih sedikit lagi!

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/b0VolB/TM