Saya menganggap bahwa tindakan anarkis mereka adalah keputusasaaan untuk
menyelesaikan sesuatu dengan jalan damai atau diplomatis. Dalam suatu
organisasi atau agama, selalu ada orang-orang yang seperti itu.

Namun dibalik semua itu, jika kita Islam, harusnya dalam memberikan
nasihat/teguran/kritik dalam batas bahwa mereka adalah saudara kita sesama
muslim. Berdemo dengan membawa wanita dan anak-anak seharusnya juga tidak
dilakukan. Saya yakin  perlakukan fisik yang diberikan juga tidak ditujukan
kepada wanita dan anak-anak, tapi kepada laki-laki. Mohon koreksi jika saya
salah.

Saya mengerti bahwa kebanyakan sekarang tidak menyukai kekerasan, tapi juga
banyak yang tidak menyukai ketegasan. Ini yang menurut saya itu salah. Jika
umat Islam semuanya itu tegas, seharusnya permasalahan Ahmadiyah dapat
diselesaikan sejak dahulu tanpa kekerasan.

Contohnya saja masalah hukum potong tangan untuk pencurian, atau rajam bagi
pelaku zinah. Pasti umat lain diluar Islam melihat ini kejam dan banyak
orang Islam sendiri ngeri akan hukum ini. Beberapa non Islam takut karena
perbuatan tersebut tidaklah terlalu dosa menurut persepsi mereka, bahkan
mungkin sudah menjadi hobi. Untuk mengingatkan saya juga, kita umat Islam
seharusnya tidak takut untuk mati atau menderita, tapi seharusnya lebih
mencintai Allah SWT dari pada dunia.

Umat Islam sekarang sedang diuji dengan Agama dan Dunia. Pikiran kita harus
mengambil posisi benar atau salah, jika itu terlihat abu-abu dan tidak ada
yg dapat kita lakukan, maka menghindar saja dan kita doakan saja. Suatu saat
hal2 substansial seperti ini akan meledak, untuk itu jangan berhenti untuk
memupuk kekuatan untuk menyelamatkan diri kita di dunia dan akhirat(beramal
baik), jika saat itu terjadi.

rgrds,

Gani K

Kirim email ke