Dosen Unpad Tolak Penghargaan dari Presiden

Jum'at, 20 Agustus 2010 | 11:01 WIB

Yesmil Anwar. Foto: unpad.ac.id

TEMPO Interaktif, Bandung - Kecewa berat dengan sikap Presiden Susilo Bambang
Yudhoyono, dosen  Universitas Padjadjaran Bandung Yesmil Anwar menolak
penghargaan Satya  Lencana Karya Satya.

Dosen krimonologi tersebut  menganggap sikap  SBY lunak dalam menghadapi kasus
penangkapan tiga  pegawai Kementerian  Kelautan dan Perikanan oleh pemerintah
Malaysia beberapa hari  lalu.  "Saya kecewa dengan sikap Presiden yang lembek
begitu," ujarnya  kepada Tempo, Jumat (20/8).

Sedianya  Yesmil Anwar akan menerima  penghargaan atas pengabdiannya menjadi
pegawai negeri sipil sebagai  dosen selama 26 tahun. Satya Lencana  tersebut
akan disematkan pada 17  Agustus lalu kepada 40-an dosen dalam  upacara hari
kemerdekaan di kampus  Universitas Padjadjaran, Bandung.  Namun niat itu urung
setelah Yesmil  melihat berita penangkapan pegawai  kelautan oleh pemerintah
Malaysia  setelah patroli laut Indonesia  berhasil menangkap para nelayan
pencuri  ikan.

"Melecehkan  betul itu pemerintah Malaysia, tetapi Presiden kita tidak  berbuat

apa-apa," ujarnya. Jika masalah demarkasi dan kehormatan tidak   diselesaikan
dengan cara elegan, kata Yesmil, Indonesia bisa dilihat   negara lain sebagai
bangsa yang tidak berdaulat.

Kekecewaannya  bertambah setelah akhirnya ketiga pegawai tersebut harus
ditukar
dengan para pencuri ikan. "Kedaulatan itu kan harga mati yang  tidak  bisa
ditawar-tawar lagi," ujarnya. Karena itu, ia memilih ikut  upacara  bersama
seniman dan budayawan di Gedung Indonesia Menggugat  Bandung  daripada menerima
penghargaan dari pemerintah.

Yesmil berharap,  setidaknya SBY mengeluarkan pernyataan yang tidak  bertolak
belakang  dengan sikap bebas aktif Indonesia. Dalam pidato  kenegaraan, kata
dia,  SBY hanya bicara normatif dan tidak menyinggung  masalah kedaulatan
negara yang harus dijaga. "Saya ingin dia bersikap  lebih jelas, seperti
Soekarno yang berbicara dengan lantang," ujarnya.

Penolakan  penghargaan tersebut sejauh ini tak mengundang reaksi negatif  dari
pihak mana pun, bahkan dari lingkungan atau Rektor Unpad sendiri,  serta
pemerintah. Yesmil pun tak khawatir penolakannya itu akan  menghambat  karier
atau kepangkatan sebagai pegawai negeri. "Tidak ada  masalah,  tapi silahkan
saja jika ada yang ingin mempermasalahkan,"  katanya.

Sikapnya tersebut, kata Yesmil, bukan karena ia anti SBY. "Saya bukan   anti
atau pendukung, saya partisan, tapi makin ke sini dia hanya   bergelut dengan
politik saja," ujarnya.

http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2010/08/20/brk,20100820-272675,id.html

ANWAR SISWADI

http://sastrapembebasan.wordpress.com/